Pro Kontra Kembalinya Ahok Menjabat Gubernur DKI

0
852
Foto : Dok/ nengflora.blogspot.

JAKARTA –  Akankah Ahok kembali menjabat Gubernur hari ini setelah masa cutinya habis? Pro Kontra terjadi.  Mendagri berpendapat, Ahok berhak kembali memimpin, sementara sejumlah pakar hukum menilai, Gubernur Ahok harus diberhentikan sementara.

“Tanggal 11, masa kampanyenya habis, Plt sudah menyerahkan kembali kepada Pak Ahok dan Pak Ahok terus melaksanakan tugas sebagai gubernur sampai masa berakhirnya dia nanti,” kata Tjahjo di kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Jumat (10/2).
Alasan Mendagri, pejabat yang dituntut di bawah lima tahun dan tidak ditahan, tidak akan diberhentikan. Sedangkan, pejabat yang terkena operasi tangkap tangan (OTT) yang kemudian langsung ditahan maka akan diberhentikan dari jabatannya.

“Semua gubernur yang ada selama saya Mendagri kayak Gorontalo, dia dituntut di bawah lima tahun, dan dia tidak ditahan maka tidak diberhentikan. Kalau ada pejabat yang OTT, kan ditahan, ya diberhentikan,” kata pria kelahiran Surakarta, 59 tahun silam itu.

Loading...

Mendagri juga menyampaikan, pejabat yang berstatus terdakwa dan ditahan, akan diberhentikan sementara. Dan pejabat yang dituntut di bawah lima tahun, pejabat tersebut tidak diberhentikan dari jabatannya hingga keputusan hukum tetap (inkrah).

“Pejabat terdakwa, ditahan, diberhentikan sementara. Terdakwa tidak ditahan, dituntut lima tahun, diberhentikan sementara sampai hukum tetap. Kalau dituntut di bawah lima tahun, dia tidak diberhentikan sampai keputusan hukum tetap,” kata Mendagri sebagaimana dilansir Republika.co.id ...NEXT 2

loading...

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama