Presiden PKS Minta KPU DKI Perbaiki Penyimpangan Putaran I Pilkada DKI

0
97
Presiden Partai Keadilan Sejahtera H. Moh. Sohibul Iman, Ph.D

JAKARTA – Dalam menyikapi putaran kedua Pilkada DKI 2017, Partai Keadilan Sejahtera (PKS) mempunyai sejumlah catatan di Pilkada DKI 2017 putaran pertama. Oleh karenanya, diharapkan ada perbaikan di putaran kedua.

Presiden PKS Moh. Sohibul Iman menyampaikan harapannya agar sejumlah penyimpangan yang terjadi pada putaran pertama Pilkada DKI 2017 dapat diperbaiki dengan baik oleh KPU DKI. Menurutnya, masih ada kesemrawutan Daftar Pemilih Tetap (DPT), dan penerbitan surat keterangan yang belum sesuai aturan. Sehingga banyaknya penyimpangan ini penting untuk dijadikan pelajaran.

“PKS mendesak agar pemerintah, KPUD DKI, Bawaslu DKI, serius melakukan perbaikan atas berbagai penyimpangan yang terjadi pada pilkada putaran pertama. Bertindak jujur, adil, terbuka, bertanggungjawab, dan profesional dalam pelaksanaan Pilkada DKI Jakarta putaran kedua,” kata Sohibul Iman, dalam rilis di Jakarta, Senin (6/3).

“Ini ada yang sifatnya di hulu dan juga ada sifatnya di hilir. Yang di hulu adalah adanya relatif. Adanya kesemrawutan penetapan DPT. Kemudian penerbitan Suket (surat keterangan) ini. Sampai hari ini beberapa hal misteri bagi kami jumlah yang dikeluarkan dengan yang real ikut di dalam pilkada,” ujar Sohibul Iman.

Dia juga menyampaikan bahwa masih saja ada temuan masalah di Tempat Pemungutan Suara (TPS). Petugas di TPS banyak memberikan kelonggaran pemilih dan kurang cermat masalah identitas pemilih.

Sebelumnya, KPU DKI serius menyempurnakan DPT sehingga hak konstitusional warga Jakarta dapat difasilitasi, atau agar hak memilih warga Jakarta tidak hilang pada pencoblosan putaran kedua Pilkada DKI Jakarta pada 19 April 2017.

“Persoalan DPT jadi prioritas KPU untuk ditingkatkan. Ada beberapa tahapan yang akan dilakukan. Pertama adalah penyusunan daftar pemilih sementara (DPS). Ini berasal dari DPT putaran pertama, ditambah daftar pemilih tambahan (DPTb) yang tidak tercantum di DPT tapi hadir ke TPS,” kata Sumarno di Hotel Borobudur, Jakarta Pusat, Sabtu (4/3).

Sumarno menyadari pemutakhiran DPT masih ada persoalan di putaran pertama Pilkada Jakarta karena masih ada warga Jakarta belum masuk dalam DPT padahal telah memenuhi persyaratan untuk memilih.

Sumarno juga meminta dukungan kedua pasangan calon dan tim pemenangan untuk menyampaikan kepada pendukungnya yang belum terdaftar untuk bisa didata petugas KPU Jakarta. Namun demikian, KPU DKI juga akan melakukan pengecekan pada daftar nama yang diserahkan itu untuk menghindari kesalahan.

EDITOR: Iwan Y

BAGIKAN
loading...

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

BERITA TERBARU

elpiji

Warga Mengeluh, Harga Elpiji 3 Kg Capai Rp 35 Ribu

BENGKALIS, SERUJI.CO.ID - Warga Kecamatan Bengkalis, Kabupaten Bengkalis, Provinsi Riau mengeluhkan harga elpiji 3 kilogram yang naik melejit hingga Rp 35 ribu per tabung. "Keliling kami...
Demo petani

Petani Moromoro Lampung Suarakan Perbaikan Nasib

MESUJI, SERUJI.CO.ID - Persatuan Petani Moromoro Way Serdang (PPMWS) bersama Aliansi Gerakan Reforma Agraria (AGRA) Ranting Moromoro melaksanakan peringatan Hari Hak Asasi Manusia (HAM)...
Orang tenggelam

Tim SAR Temukan Jasad Dua Pelajar Bengkulu yang Tenggelam

BENGKULU, SERUJI.CO.ID - Tim pencari dan penyelamat menemukan jasad dua orang pelajar SMA Kota Bengkulu yang terseret arus dan tenggelam di Pantai Teluk Sepang dalam...

KANAL WARGA TERBARU

Sohibul Iman

Selain Sampaikan Pernyataan Sikap, Presiden PKS Ajak Masyarakat Indonesia Boikot Produk AS

JAKARTA - Selain menyampaikan resmi pernyataan sikapnya atas pengakuan Yerussalem sebagai ibukota Israel, Partai Keadilan Sejahtera juga mengajak masyarakat Indonesia untuk memboikot produk-produk Amerika...
images(1)

Keindahan Hawa Nafsu

Muhammad Hanif Priatama Keindahan, sesuatu yang jika dilihat, didengar dan dirasakan, membawa diri bahagia, gembira, lega, kagum, atau senang. Ringkasnya, apapun yang diinginkan, selalu terlihat...

Muslim Klaten Bersatu dalam Aksi Damai Selamatkan Palestina

Muslim Klaten hari ini telah menampakkan ukhuwahnya dalam aksi damai selamatkan Palestina di masjid Al-Aqsho Klaten, Ahad (10/12). Berbagai elemen muslim klaten yang berasal...