Polisi Awasi “Operasi Fajar”, Bawaslu DKI Apresiasi

JAKARTA – Polda Metro Jaya mencium adanya indikasi money politics atau politik uang menjelang pencoblosan Pilkada DKI. Untuk mengantisipasi hal itu, polisi membentuk tim untuk melakukan operasi tangkap tangan (OTT) politik uang tersebut. Gerakan yang dikenal “Operasi Fajar” tersebut diduga juga masuk ke Jakarta.

“Money politics, kami mendengar ada informasi. Sebab itu, kami membentuk tim operasi tangkap tangan money politics, dan undang-undang mengatur demikian,” ujar Kapolda Metro Jaya Irjen M Iriawan kepada wartawan di Kodam Jaya, Jl Mayjen Sutoyo, Cililitan, Jakarta Timur, Senin (13/2/).

Menanggapi itu, Bawaslu DKI menyambut dan memberi apresiasi. “Oh, bagus kalau gitu (membentuk tim OTT money politics),” ujar Koordinator Divisi Hukum Penindakan dan Pelanggaran Bawaslu DKI Jakarta Muhammad Jufri kepada detikcom, Senin (13/2/2017) malam.

Menurut Jufri, langkah kepolisian membentuk tim OTT politik uang itu tak akan mengganggu kinerja Bawaslu DKI dalam mencegah praktik curang yang tidak terpuji itu. Malah kata Jufri, Bawaslu akan sangat terbantu. Seperti diketahui, Bawaslu bersama sejumlah pihak, termasuk kepolisian membentuk tim Penegakan Hukum Terpadu (Gakkumdu) dalam mengawal proses Pilgub DKI.

EDITOR : Yus Arza

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Tahukah Anda, Berwudhu Dapat Kurangi Risiko Tertular Virus Corona?

Berwudhu merupakan kegiatan yang tak bisa dipisahkan dari muslim.. Tahukah anda bahwa berwudhu bisa mengurangi resiko tertular virus Corona?

Gus Ipul Mentransformasi Kota Pasuruan Menuju Smart City

Pemerintah cerdas adalah pemerintah yang mampu menggunakan teknologi untuk melayani masyarakat secara lebih cepat, lebih murah sekaligus lebih terukur. Dinamika perkembangan teknologi juga berpengaruh terhadap kebutuhan dan harapan masyarakat terhadap pelayanan.

E-Sambat, Cara Gus Ipul Manfaatkan Teknologi Digital untuk Layani Warga Kota Pasuruan

Program Smart City atau Kota Cerdas membuat kerja pemerintah menjadi lebih efisien, termasuk dengan cepat dapat merespon berbagai keluhan masyarakat. Seperti yang dilakukan Pemerintah Kota Pasuruan dengan aplikasi e-Sambat.

Smart City di Surabaya Bukan Sekadar Urusan Aplikasi

Ada enam faktor pendukung terciptanya smart city di Kota Surabaya, Jawa Timur. Program ini bukan sekadar urusan aplikasi, namun juga untuk memberdayakan UMKM.

Terinspirasi Jack Ma, Khofifah Dorong UMKM Masuk ke Dunia Digital

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa sejak awal berupaya agar usaha mikro kecil menengah diberikan peluang melalui digitalisasi sistem. Ia terinspirasi Jack Ma, pemilik Alibaba Group, perusahaan e-commerce terbesar di Tiongkok.

Ketum AMSI: Kebutuhan Publik Zaman Now Bukan Hanya Hard News

Media massa digital atau dalam jaringan sudah harus mulai meninggalkan pola pikir konservatif dan konvensional. Masyarakat tak hanya butuh berita keras (hard news), tapi juga informasi keseharian.

Target Pemerintah: 6,1 Juta UMKM On Boarding Setiap Tahun

Usaha mikro kecil menengah di daerah membutuhkan teknologi digital untuk berkembang di era pandemi.

TERPOPULER

Tentang Korupsi Sektor Publik

Sebenarnya fenomena korupsi sektor publik terjadi di hampir semua Negara. Bukan hanya di Indonesia yang masuk dalam kategori negara yang belum mapan secara ekonomi. Namun korupsi sektor publikpun terjadi di negara yang sangat mapan perekonomiannya seperti Saudi Arabia.