PBB: Pengungsi Rohingya di Bangladesh Capai 604.000

0
43
Pengungsi Rohingya
Muslim Rohingya yang mengungsi menuju perbatasan Bangladesh, 1/9/2017. (foto:AFP)

NEW YORK, SERUJI.CO.ID – Jumlah pengungsi Muslim Rohingya yang menyelamatkan diri dari Myanmar ke Bangladesh sejak 25 Agustus telah mencapai 604.000, kata seorang juru bicara PBB di Markas Besar PBB, New York, Rabu (25/10).

“Pengungsi telah berlindung di Bangladesh sejak meletusnya kerusuhan di Myanmar pada 25 Agustus,” kata Wakil Juru Bicara PBB Farhan Haq dalam taklimat harian. Ia mengutip keterangan dari Kantor PBB bagi Koordinasi Urusan Kemanusiaan (OCHA).

Lebih separuh dari orang yang baru tiba di Bangladesh menyelamatkan diri dari kerusuhan di Negara Bagian Rakhine di Myanmar tinggal di Lokasi Perluasan Kutupalong, yang meliputi beberapa permukiman sementara dan tanah yang dialokasikan oleh pemerintah, katanya.

“Hampir 570.000 orang telah menerima bantuan makanan dan hampir 310.000 orang menerima perawatan kesehatan,” kata Haq, sebagaimana dikutip Xinhua, Kamis (26/10) pagi.

Ia menambahkan ada keprihatinan mengenai kebersihan, dan ada tempat penampungan pengungsi yang tak memiliki akses ke air bersih.

Satu konferensi kemanusiaan yang ditaja PBB pada Senin mengumpulkan lebih dari 344 juta dolar AS untuk mendanai program bantuan mendesak buat pengungsi Rohingya.

Pengungsian besar-besaran warga Rohingya terus berlangsung, sehingga krisis itu menjadi keadaan darurat yang berkembang paling cepat di dunia saat ini.

Sejak krisis tersebut meletus, berbagai badan PBB telah melancarkan upaya pertolongan, termasuk melakukan kegiatan imunisasi besar-besaran memvaksinasi lebih dari 700.000 orang terhadap kolera, serta menyediakan bantuan makanan untuk ratusan ribu pengungsi. (Ant/SU02)

loading...

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

BACA JUGA
Hari Reresik Malioboro

Wisatawan Keluhkan Mahalnya Tarif Parkir di Yogyakarta

YOGYAKARTA, SERUJI.CO.ID - Keluhan wisatawan terkait tarif parkir kendaraan yang melebihi ketentuan saat libur Lebaran, khususnya di kawasan wisata Kota Yogyakarta mewarnai lini massa di...

Seorang Warga Nunukan Digigit Buaya

NUNUKAN, SERUJI.CO.ID - Seorang warga Kampung Mamolo, Kelurahan Tanjung Harapan, Kabupaten Nunukan, Kalimantan Utara mengalami luka-luka akibat digigit buaya pada Ahad (17/6), sekitar pukul 10.30...
Mochamad Iriawan

Terungkap Pengusul Iriawan Sebagai Pj Gubernur Jabar, Mendagri: Presiden Jokowi

BANDUNG, SERUJI.CO.ID - Teka-teki siapa pengusul Komisari Jendral Polisi M. Iriawan sebagai Pejabat Gubernur Jawa Barat, menggantikan Ahmad Heryawan, terjawab saat pelantikan Iriawan yang...

Satpam Sekolah Gagalkan Pencurian Laptop

PONOROGO, SERUJI.CO.ID - Satpam SMPN 2 Jetis, Marni menggagalkan pencurian "laptop" atau komputer jinjing yang dilakukan dua orang tersangka, Randy dan Dika keduanya warga Kabupaten...

Abrasi Laut Ancam Wisata Tanjung Lesung

BANTEN, SERUJI.CO.ID - Abrasi air laut berpotensi mengancam puluhan meter jalan utama menuju destinasi wisata Tanjung Lesung, Kabupaten Pandeglang, Provinsi Banten, yang menjadi pilihan favorit...