MUI Ajak Masyarakat Jabar Tenang Sikapi Sukmawati

BANDUNG, SERUJI.CO.ID – Majelis Ulama Indonesia (MUI) mengajak masyarakat di Jawa Barat untuk tenang dan tetap menjaga kondusifitas dalam menyikapi persoalan puisi Sukmawati.

“Pandangan MUI, mengharapkan situasi yang kondusifitas terjaga betul apabila ada hal-hal yang ada yang mengganggu akibat kurang komunikasi, maka selesaikan dengan komunikasi,” ujar Ketua MUI Jabar Rahmat Syafei di kantor MUI Jabar, Jumat (6/4).

Rahmat mengatakan, permasalahan tersebut telah ditangani oleh MUI pusat. Sebagai perwakilan di daerah, MUI Jabar bertugas sebagai penjaga persaudaraan dan kebhinnekaan antar umat beragama.

Baca juga: Polri Tegaskan Profesional Tangani Laporan Kasus Puisi Sukmawati

Untuk itu, ia meminta seluruh warga tetap tenang dan tidak tersulut emosi yang justru dikhawatirkan dapat memicu perpecahan.

“Dosanya antara dia dengan Allah, jangan sampai kita menghakimi diluar batasan agama. Mari kita jaga kondusifitas Jabar yang sudah kondusif ini, sesuai dengan keinginan kita bersama,” katanya.

Menyinggung soal adanya masyarakat Jabar yang ikut aksi unjuk rasa di Jakarta, ia tidak mempermasalahkannya. Pasalnya mengikuti aksi dilindungi oleh undang-undang.

Namun ia menitip pesan kepada masyarakat Jabar yang ada di Jakarta, untuk menjaga diri dan tidak melakukan hal yang dapat merugikan diri sendiri.

Baca juga: Laksanakan Shalat Ashar, Massa Pendemo Sukmawati Bubar Sementara

“Kalau demo karena dilindungi undang-undang, tapi jangan jadi pemudaratan yang besar. Karena masalah ini sudah ditangani,” katanya.

Menurut dia, ada hal yang lebih penting untuk saat ini diperjuangkan yakni persaudaraan dan kebersamaan. Terlebih saat ini memasuki tahun politik yang masing-masing kelompok memiliki pandangan berbeda.

“Masing-masing mempunyai pandangan, punya ketidakpuasan, itu silakan. MUI akan lebih mendahulukan kemaslahatan umat, untuk pesan perdamaian. Hal yang seperti itu kita selesaikan dengan damai,” katanya. (Ant/SU02)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Hak Asuh Anak Dalam Perceraian

Retaknya perkawinan yang berujung perceraian sering kali mengakibatkan konflik perebutan hak asuh anak. Dalam artikel kali ini, Ruang Hukum akan menjelaskan tentang hak asuh anak sesuai perundangn yang berlaku dan prosesnya di Pengadilan jika terjadi perselisihan perebutan hak asuh anak. Selamat membaca.....

Krisis Akal Budi

Bertema “Inovasi Beyond Pandemi”, AMSI Gelar Indonesian Digital Conference 2020

Ketua Umum AMSI, Wenseslaus Manggut mengatakan IDC yang digelar AMSI bertujuan untuk melihat sejauh mana berbagai sektor melakukan inovasi di tengah pandemi Covid-19 dan seperti apa ke depan.

Cek Fakta: Debat Pilkada Tangsel, Seluruh Paslon Minim Paparkan Data

Debat pemilihan umum kepala daerah (pilkada) Tangerang Selatan (Tangsel) membeberkan program kerja yang dimiliki para peserta. Sayangnya, dalam debat tersebut masing-masing pasangan calon (paslon) lebih banyak bicara dalam tatanan konsep.

PasarLukisan.com Gelar Pameran Lukisan Virtual Karya Pelukis dari Berbagai Daerah

"Ini adalah solusi yang diharapkan akan memecahkan kebekuan kegiatan kesenian, khususnya pameran seni rupa, akibat pandemi yang belum kunjung berakhir," kata M. Anis,

Paman Donald dan Eyang Joe

Banyak yang usil menyamakan pilpres Amerika dengan Indonesia, termasuk kemungkinan Biden akan mengajak Trump bertemu di MRT dan menawarinya menjadi menteri pertahanan.

Berikut Berbagai Larangan Bagi Penasihat Investasi Yang Diatur dalam Keputusan BPPM

Penasihat Investasi dalam menjalankan kegiatannya harus bersikap hati–hati, dikarenakan terdapat larangan yang harus diperhatikan oleh Penasihat Investasi agar terhindar dari sanksi.

Sambut Festival Belanja Lajang 11.11, Ecovacs Robotics Beri Promo Diskon Hingga 55%

Perusahaan penyedia Robot Rumah Tangga, ECOVACS ROBOTICS, akan meberikan promos diskon besar-besaran hingga 55% untuk berbagai produk unggulan seperti DEEBOT OZMO T8 AIVI, DEEBOT OZMO T8, dan DEEBOT U2 PRO.

TERPOPULER

Jin Tidak Takut dengan Bacaan Ayat Kursi

Kemcer Di Curug Cipeteuy

Bertema “Inovasi Beyond Pandemi”, AMSI Gelar Indonesian Digital Conference 2020

Ketua Umum AMSI, Wenseslaus Manggut mengatakan IDC yang digelar AMSI bertujuan untuk melihat sejauh mana berbagai sektor melakukan inovasi di tengah pandemi Covid-19 dan seperti apa ke depan.