Meski Lakukan Pertemuan, DK PBB Tidak Keluarkan Statemen Terkait Kekerasan Pada Muslim Rohingya


New York – Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa Bangsa (DK PBB) mengadakan pertemuan tertutup untuk membahas terjadinya kembali kekerasan terhadap Muslim Rohingya di Myanmar. Belasan ribu warga muslim dari etnis minoritas di Myanmar ini menyelamatkan diri menuju Bangladesh menghindari kekerasan yang dilakukan tentara Myanmar.

Namun hingga pertemuan tersebut berakhir tidak ada satupun pernyataan resmi yang dikeluarkan DK PBB terhadap kekerasan yang telah dilakukan tentara Myanmar lewat operasi militer kepada warga Muslim Rohingya.

Hanya seruan dari masing-masing negara untuk menghentikan kekerasan dan mengutuk tindakan kekerasan yang dilakukan tentara Myanmar.

“Kami semua mengutuk kekerasan, kami semua menyerukan semua pihak untuk de-eskalasi,” ujar Duta Besar Inggris Matthew Rycroft kepada para wartawan usai pertemuan sebagaimana dilansir AFP,┬áKamis (31/8) waktu setempat.

Kekerasan yang dilakukan lewat operasi militer oleh tentara Myanmar telah memakan korban setidaknya 100 orang Muslim Rohingya dan menghanguskan desa-desa yang didiami oleh etnis minoritas ini.

Operasi militer tentara Myanmar dilakukan setelah gerilyawan melakukan serang-serangan sporadis ke beberapa pos tentara dan polisi Myanmar. Tindakan balasan dilakukan tentara Myanmar dengan menyerang desa-desa yang dihuni Muslim Rohingya yang mengakibatkan warga tidak berdosa menjadi korban kekerasan brutal tentara Myanmar.

Hingga saat ini dilaporkan telah belasan ribu warga minoritas Muslim Rohingya yang terpaksa meninggalkan rumah mereka menyeberang menuju perbatasan Bangladesh demi menyelamatkan diri.

(Hrn)

 

2 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Breaking News: Akhirnya, Presiden Jokowi Putuskan Tes Massal Covid-19

Tidak mengambil kebijakan Lockdown, Presiden Jokowi akhirnya lebih memilih melakukan tes massal Covid-19.

Tahukah Anda, Berwudhu Dapat Kurangi Risiko Tertular Virus Corona?

Berwudhu merupakan kegiatan yang tak bisa dipisahkan dari muslim.. Tahukah anda bahwa berwudhu bisa mengurangi resiko tertular virus Corona?

Cegah Kepanikan, AMSI Imbau Media Kedepankan Kode Etik dalam Pemberitaan Wabah Corona

Wens menjelaskan beberapa langkah yang harus dilakukan media-media anggota AMSI dalam pemberitaan terkait virus Covid-19 tersebut.

Fahira: Milenial Butuh Teladan, Bukan Tik Tok untuk Membumikan Pancasila

"Membumikan Pancasila secara populer sah-sah saja, tetapi yang dibutuhkan millenial saat ini bukan itu. Milenial butuh teladan dari para penyelenggara negara dan para pemimpin bangsa," kata Fahira

Begini Ciri Rumah Idaman untuk Pasangan Muda

Beberapa waktu lalu, portal properti Lamudi melakukan survei tentang rumah impian bagi pasangan muda, survei tersebut dilakukan kepada 100 pasangan yang baru menikah. Inilah hunian idaman untuk pasangan muda.....

5 Alasan Kita Perlu Membuat Undangan Pernikahan Digital

Kini era sudah berubah. Kini ada sebuah cara baru untuk mengirim undangan pernikahan. Salah satunya adalah dengan memanfaatkan situs desain online, di mana kita bisa menciptakan desain sendiri, juga memanfaatkan Internet untuk mengirimkannya.

TERPOPULER

close