Kuasa Hukum Tidak Diizinkan Bertemu Ustadz Alfian, Ada Apa?

Nampak Polisi yang akan menahan ustadz Alfian saat akan keluar dari Rutan Madaeng, 6/9/2017. (foto:istimewa)

“Dia itu ustadz, berceramah juga ditempat kalangan tertentu juga. Mohon maaf, kalau agama Kristen menyebut orang di luar agama mereka domba-domba tersesat, kita tidak tersinggung. Karena itu istilah yang mereka gunakan. Begitu juga kafir, itu terminologi Alquran untuk menyebut orang yang tidak beragama Islam, tetapi kalau orang keluar dari Islam disebutnya murtad. Tapi ini kalau mendengar istilah kafir kok selalu negatif saja,” kata Alkatiri.

Menurut dia, apa yang disangkakan kepada Ustadz Alfian berupa pasal 310 dan 311 tidak berdasar. Apalagi, kalau melihat pasal yang disangkakan tersebut berupa ujaran kebencian atau pencemaran nama baik, hukumanya kurang dari 5 tahun, tepatnya 1 tahun 4 bulan paling lama.

“Ini kok sampai seperti kejahatan ekstra. Orang yang dititipkan di Mako Brimob itu ‎biasanya yang melakukan kejahatan luar biasa, seperti korupsi atau makar. Jadi tidak kena pasal ini,” katanya.

Selain itu, pasal 310 dan 311 merupakan delik aduan, individu. Tapi setelah ia telusuri yang melaporkan atas nama organisasi partai politik, sehingga lagi-lagi pasal tersebut tidak tepat disangkakan kepada Ustadz Alfian.

“Kami menduga ini pencemaran nama baik, sebab kalau hasutan dengan menggunakan UU ITE, itu ada buktinya,” kata dia.

“311 dan 311 itu nggak terbukti, nggak bisa dilakukan. Jadi apa kesalahan beliu. Ada masalah apa. Dilanggar semua aturan di negara ini,” pungkas Alkatiri. (Achmad/Hrn)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Bantahan Survei Kompas, Filsafat Ilmu dan Kisah Angsa Hitam

Cara saya berterima kasih kepada Kompas justru memujinya ketika benar dan mengkritiknya ketika salah. Dan saya berkesimpulan dengan ilmu yang saya pelajari, Kompas telah salah menarik kesimpulan dalam publikasi surveinya di bulan Maret 2019.

Paman Donald dan Eyang Joe

Banyak yang usil menyamakan pilpres Amerika dengan Indonesia, termasuk kemungkinan Biden akan mengajak Trump bertemu di MRT dan menawarinya menjadi menteri pertahanan.

Berikut Berbagai Larangan Bagi Penasihat Investasi Yang Diatur dalam Keputusan BPPM

Penasihat Investasi dalam menjalankan kegiatannya harus bersikap hati–hati, dikarenakan terdapat larangan yang harus diperhatikan oleh Penasihat Investasi agar terhindar dari sanksi.

Sambut Festival Belanja Lajang 11.11, Ecovacs Robotics Beri Promo Diskon Hingga 55%

Perusahaan penyedia Robot Rumah Tangga, ECOVACS ROBOTICS, akan meberikan promos diskon besar-besaran hingga 55% untuk berbagai produk unggulan seperti DEEBOT OZMO T8 AIVI, DEEBOT OZMO T8, dan DEEBOT U2 PRO.

150 Ide Bisnis Terbaik Siap Bersaing dalam DSC XI

Program Initiator DSC XI, Edric Chandra mengungkapkan dii tengah kondisi perekonomian yang masih belum stabil lantaran pandemi COVID-19, semangat gerakan wirausaha justru diterima oleh DSC XI.

Kembali Terjadi, Ratusan Kader Militan PDIP Alihkan Dukungan ke Machfud-Mujiaman

Kader yang tergabung dalam kelompok yang menamakan diri Banteng Ketaton tersebut mendeklarasikan dukungannya pada Ahad (8/11) kemarin di daerah Pandegiling yang dikenal sebagai jantungnya PDI Perjuangan di Surabaya.

Tekan Hoaks Selama Pilkada 2020, AMSI Gelar Cek Fakta di 16 Wilayah

Kegiatan Cek Fakta sebagai bentuk kontribusi AMSI kepada publik dengan memberikan informasi yang bermutu selama masa Pemilihan Kepala Daerah 2020 dan menekan hoaks (mis/disinformasi) yang berpotensi beredar selama berlangsungnya masa kampanye dan Debat Pilkada 2020.

TERPOPULER