Konsep Pasar Tradisional Masa Depan versi Anies-Sandi

0
263
Sandiaga Uno saat mengunjungi Pasar Fresh Market Pantai Indah Kapuk, Jakarta Utara, Minggu, 19/3/2017 (Sumber foto: twitter @sandiuno)

JAKARTA – Pasangan Calon Gubernur dan Calon Wakil Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Sandiaga Uno hari ini mengunjungi Pasar Fresh Market Pantai di Indah Kapuk (PIK), Kamal Muara, Penjaringan, Jakarta Utara, dalam masa kampanye Pilkada DKI 2017 putaran dua.

Pada kunjungan ini keduanya berjanji akan memastikan perkembangan pasar tradisional menjadi lebih baik.

“Jadi jika nanti kami bertugas, kita akan pastikan pasar tradisional tumbuh dengan baik, dan dikelola dengan baik, dan menjadi tempat interaksi dengan baik,” ujar Anies Baswedan.

“Tidak kalah penting pengelolaannya ditingkatkan, tempat parkirnya dimudahkan. Di dalam pasar nyaman, untuk penjual nyaman, untuk yang membeli juga nyaman, maka pasar tradisional bisa kita pertahankan malah justru bisa berkembang,” jelasnya.

Menurut Anies, wujud pasar tradisional yang baik yakni adanya interaksi antar pengunjung di dalamnya, sehingga tidak hanya tempat interaksi jual beli saja, tetapi juga tempat terbangunnya interaksi antar warga guna membangun suasana kekeluargaan.

“Jadi yang membedakan pasar tradisional dengan yang lain ada tawar-menawar, ada hubungan pribadi. Warga Jakarta ini harus kita dorong lagi untuk bisa berinteraksi satu sama lain. Jangan hanya kegiatannya memikirkan sendiri sendiri, tetapi ada interaksi,” jelasnya.

“Dari berinteraksi ada kepedulian, dari kepedulian ada kepercayaan, nah kepercayaan inilah yang harus dimiliki antarwarga Jakarta,” ujar Anies. “Jadi kita melihat pasar tradisional tak hanya sekadar kegiatan ekonomi, tapi ini salah satu alat perekat antar warga,” lanjut Anies.

Sementara itu, Sandiaga mengatakan perlunya revitalisasi pasar tradisional. Hal itu agar pasar tradisional tidak terkesan kumuh. Kunci dari pengelolaan yang baik, menurut Sandi ada pada sumber daya manusianya (SDM).

“Ini salah satu contoh ya, bahwa memang pasar tradisional dibutuhkan oleh masyarakat, dan kalau dikelola dengan baik, dikelola dengan prima, kita bisa lihat tidak becek kok, nggak perlu kumuh lusuh dan menimbulkan bau, ini semua dikelola dengan baik, dan interaksinya interaksi sosial kita rasakan,” ujar Sandi. “Kuncinya SDM, pasar ini bisa dikelola dengan baik karena punya SDM yang mumpuni,” lanjutnya.

Unsur tradisional dalam lingkungan modern merupakan perpaduan yang tepat untuk perekat warga. Fresh Market PIK patut menjadi percontohan pengelolaan pasar tradisional DKI Jakarta.

“Kita akan hadirkan di pasar-pasar lainnya bahwa ini percontohan tanpa meninggalkan nilai-nilai luhur pasar tradisional,” katanya. 

Anies dan Sandiaga menghabiskan waktu hampir satu jam di Fresh Market Pantai Indah Kapuk. Selain bercengkerama dengan para pedagang, mereka juga menyempatkan diri ngopi dan menyantap roti bakar di kantin pasar.

EDITOR: Iwan Y

loading...

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

BACA JUGA

Kemendagri Dukung Ketegasan Kapolri Menjaga Netralitas Polri di Maluku

JAKARTA, SERUJI.CO.ID - Kementerian Dalam Negeri menyatakan mendukung ketegasan Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian dalam menjaga netralitas Pilkada di Maluku. "Tentu kami 'respect' dan mendukung atas...

Bantah Karena Ketidaknetralan, Polri Enggan Jelaskan Alasan Mutasi Wakapolda Maluku

JAKARTA, SERUJI.CO.ID - Kadivhumas Polri Irjen Pol Setyo Wasisto membantah mutasi jabatan Brigjen Pol Hasanuddin sebagai Wakapolda Maluku akibat ketidaknetralan Hasanuddin dalam mengawal pelaksanaan Pemilihan...

Hari Pertama Masuk Kerja, Wali Kota Langsa Pimpin Apel Bersama

KOTA LANGSA, SERUJI.CO.ID  - Hari pertama masuk kerja setelah libur Idul Fitri, Wali Kota Langsa Tgk. Usman Abdullah memimpin apel bersama dalam rangka halal...

Hari Pertama Masuk Kerja, 100 PNS Malah Bolos

MAKASSAR, SERUJI.CO.ID - Sebanyak 100 orang Pegawai Negeri Sipil (PNS) Lingkup Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar pada hari pertama masuk kerja setelah libur lebaran 2018 dinyatakan absen. "Dari...

Akhirnya Basarnas Temukan Pendaki Gunung Gamalama yang Hilang

TERNATE, SERUJI.CO.ID - Tim Basarnas Ternate, Maluku Utara (Malut), bersama warga Moya akhirnya berhasil menemukan seorang mahasiswi STIKIP Ternate bernama Rahmi Kadis (21 tahun) dinyatakan...