Ketokohan Prabowo Dongkrak Perolehan Suara Pasangan “Asyik”

1
166
Prabowo (tengah), bersama Sudrajat (kiri) dan Ahmad Syaikhu.

JAKARTA, SERUJI.CO.ID –┬áDirektur LSI Network Adjie Alfaraby menilai ketokohan Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto mempengaruhi perolehan suara pasangan Sudrajat-Ahmad Syaikhu (Asyik) pada Pilgub Jawa Barat.

“Pengaruh Prabowo terhadap suara pasangan Asyik membuat lompatannya jauh antara hasil survei terakhir dan perolehan hasil hitung cepat,” kata Adjie di Kantor LSI Network di Jakarta, Rabu (27/6).

Ia mengatakan bahwa strategi pasangan Asyik berhasil untuk menarik asosiasi bahwa mereka didukung Prabowo sehingga berharap ada tambahan elektoral dari pengaruh Ketum Partai Gerindra tersebut.

Menurut dia, berdasarkan survei, pendukung Prabowo loyal terhadap siapa yang didukung Prabowo sehingga pasangan Asyik terus mencoba menegaskan kedekatannya dengan Ketua Dewan Pembina Partai Gerindra tersebut.

“Di debat Pilkada Jabar mereka memunculkan kaus dengan hastag #2019GantiPresiden. Di ruang publik pun banyak selebaran yang mereka coba kuatkan bahwa calon yang didukung Prabowo adalah Asyik,” katanya.

Ia menilai hal serupa juga terjadi di beberapa daerah yang melaksanakan pilkada seperti di Jawa Tengah. Pasangan Sudirman Said-Ida Fauziah yang mampu memotong selisih perolehan suara.

Namun, menurut Adjie, suara Asyik belum mampu melampaui perolehan suara Ridwan Kamil/Uu Ruzhanul Ulum atau Rindu karena kalah persiapan menghadapi kontestasi pilkada.

“Kalau pilkada masih sebulan lagi, mungkin tren Asyik bisa di atas karena saat ini selisih hanya 5 persen antara pasangan tersebut dengan Rindu. Awalnya suara Asyik diperkirakan 20 persen sampai dengan 30 persen. Namun, akhirnya bisa di posisi kedua,” ujarnya.

Dalam hasil hitung cepat LSI Network Pilgub Jabar, pasangan Ridwan Kamil/Uu Ruzhanul Ulum memperoleh suara sebesar 32,99 persen, pasangan Sudrajat/Ahmad Syaikhu memperoleh 28 persen, Deddy Mizwar/Dedi Mulyadi dengan 26,02 persen suara, dan T.B. Hasanuddin/Anton Charliyan memperoleh 12,99 persen suara.

Hasil hitung cepat tersebut juga menunjukkan tingkat partisipasi pemilih pada Pilgub Jabar sebesar 69,21 persen. (Ant/Hrn)

1 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

BERITA PILIHAN

TERBARU