Jokowi Klaim Dalam 4,5 Tahun Tak Ada Konflik Pembebasan Lahan, Tapi Data Berkata Sebaliknya

JAKARTA, SERUJI.CO.ID – Calon Presiden (capres) nomor urut 01, Jokowi dalam acara Debat Capres putaran kedua menegaskan pada capres nomor urut 02, Prabowo Subianto bahwa selama pemerintahannya yang telah berjalan 4,5 tahun hampir tidak ada konflik soal pembebasan lahan.

“Kemudian untuk ganti rugi, mungkin Pak Prabowo sudah bisa melihat, 4,5 tahun ini hampir tidak ada terjadi konflik pembebasan lahan,” kata Jokowi yang juga petahana ini dalam sesi debat mengenai isu infrastruktur yang berlangsung di Hotel Sultan, Jakarta, Ahad (17/2) malam.

Menurut Jokowi, tidak adanya konflik tersebut karena saat ini pemerintah menerapkan ganti untung, bukan ganti rugi.

“Karena tidak ada ganti rugi, yang ada ganti untung. Karena porsi dari cost of land acquisition, biaya pembebasan lahan itu kecil sekali porsinya, 2,3 persen. Kenapa tidak ditingkatkan menjadi 4 atau 5 persen. Itulah yang saya perintahkan kepada seluruh kontraktor jalan, agar porsi pembebasan lahan itu diberi angka yang jauh lebih besar, sehingga tidak terjadi konflik di masyarakat,” tukas Jokowi.

KPA Ungkap Berbagai Konflik Agraria Sepanjang Pemerintahan Jokowi-JK

Data Konsorsium Pembaharuan AGraria yang mengungkap konflik agraria sepanjang 2018.

Namun, dari hasil penelusuran SERUJI berdasarkan data yang disampaikan Konsorsium Pembaharuan Agraria (KPA) dalam catatan akhir tahun 2018, faktanya berbeda.

Dalam laporan yang disajikan KPA tersebut, sepanjang tahun 2018 saja telah terjadi konflik agraria sedikitnya sebanyak 410 kejadian, dengan luasan wilayah konflik mencapai 807.177,613 hektar dan melibatkan 87.568 kepala keluarga (KK) di berbagai provinsi di Indonesia.

Menurut catatan KPA, selama 4 tahun pemerintahan Jokowi-Jusuf Kalla, dari 2014 hingga akhir 2018, secara akumulatif telah terjadi sedikitnya 1.769 letusan konflik agraria.

Data KPA: 4 Persen dari Total Konflik Agraria Tahun 2018 Terkait Infrastruktur

Data KPA jumlah konflik agraria berdasarkan luas lahan persektor tahun 2018.

Dari 410 konflik yang terjadi sepanjang tahun 2018, KPA mencatat sebanyak 16 konflik atau 4 persen adalah terkait dengan proyek infrastruktur.

Luas lahan konflik agraria di sektor pembangunan infrastruktur sebesar 4.859,32 hektar, atau sebesar 1 persen dari luasan seluruh lahan konflik sepanjang 2018 seluas 807.177,613 hektar.

Salah satu konflik agraria terkait proyek infrastruktur yang diungkap dalam catatan KPA adalah pembangunan Bandara Kertajati di Jawa Barat.

Proyek Pembangunan Badara Kertajati Salah Satu Konflik Agraria di Sektor Infrastruktur

Bandara Kertajati.

Dalam laporannya KPA menyampaikan, di balik kemegahan Bandara Kertajati yang diproyeksikan terluas dan moderrn ini, publik banyak yang tidak mengetahui ada ribuan warga desa telah menjadi ‘tumbal’. Salah satunya, Desa Sukamulya, yang terkena dampak buruk dari proyek strategis nasional ini.

“Proyek infrastruktur sejak jaman SBY yang dilanjutkan oleh Jokowi ini telah melenyapkan
10 desa,” ungkap KPA.

Desa Sukamulya memilih bertahan hingga kini, sebagian warganya menyerah dan terpaksa melepaskan tanahnya, sebagian besar lagi memilih menolak digusur.

“Berbagai cara telah ditempuh warga, mengadukan ke semua kementerian dan lembaga terkait, hingga aksi dan bentrok dengan pemerintah dan kepolisian (2016 – 2017),” tulis laporan KPA.

Kabar terakhir dari kesaksian warga, sebuah monumen dijanjikan akan dibangun sebagai bagian dari ganti kerugian tanah-tanah warga yang telah lepas.

“Monumen tersebut akan mencantumkan daftar nama-nama masyarakat desa yang terdampak proyek. Sungguh ironis cara Negara menghormati hak-hak rakyat atas tanah dan kampungnya,” kata KPA dalam laporannya soal konflik pembangunan Bandara Kertajati.

Editor:Hrn

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Corpopreneur Yes! Entrepreneur No!

Kita tidak butuh lagi peningkatan jumlah atau persentase entrepreneur. Yang dibutuhkan adalah bagaimana membesarkan perusahaan-perusahaan gurem itu menjadi perusahaan perusahaan besar. Perusahaan-perusahaan prinsipal yang karyawannya puluhan ribu bahkan ratusan ribu orang.

Undang-undang dan Perda Syariah: Ada atau Tidak Ada?

Apakah ada Perda yang secara khusus disebut “Perda Syariah”, misalnya, Perda Provinsi Banten Nomor 10 Tahun 2018 tentang Syariah? Perda semacam itu tidak ada, dan belum pernah dijumpai di daerah manapun di tanah air kita ini. Demikian pula tentang Undang-Undang Syariah, adakah di negara kita ini? Sepanjang pengetahuan saya, UU seperti itu tidak ada.

Inilah 4 Keuntungan Membeli Apartemen Tipe Studio

Tinggal di apartemen saat ini sudah menjadi gaya hidup. Lokasi yang strategis dan ditunjang dengan berbagai fasilitas kemudahan menyebabkan banyak masyarakat urban, khususnya para eksekutif muda tertarik untuk tinggal di hunian vertikal.

Aksi Solidaritas Jurnalis-Aktivis di Pengadilan Tinggi Kalsel: Diananta Tidak Sendiri

Para aktivis dan jurnalis terus menggelar aksi solidaritas untuk mantan Pemred Banjarhits, Diananta Putera Sumedi yang disidang sebab menulis berita konflik lahan masyarakat adat versus perusahaan.

Masuki Masa Transisi New Normal, AMSI Jatim Keluarkan 7 Poin Imbauan

Mencermati perkembangan penyebaran Covid-19 di masa transisi New Normal yang semakin meningkat, AMSI Jawa Timur, mengeluarkan 7 poin imbauan.

CFD Kembali Ditiadakan, Fahira: Review dan Evaluasi Kunci Jakarta Kendalikan Covid-19

Senator DKI Jakarta Fahira Idris mengapresiasi keputusan Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta yang kembali meniadakan sementara kegiatan car free day (CFD).

Inilah 5 Kota Yang Jadi Incaran Calon Pembeli Rumah Saat Pandemi Covid-19

Pandemi corona telah mengubah wajah bisnis tanah air, termasuk sektor properti. Jika dulu orang membeli rumah harus datang ke lokasi proyek, sekarang tidak lagi.

Senator DKI: Pasar Harus Jadi Area Paling Aman dari Penyebaran Corona

Pencegahan penyebaran corona di pasar termasuk pasar tradisional menjadi salah satu langkah strategis dan efektif untuk menahan laju dan menghentikan penularan dan penyebaran Covid-19 di Indonesia

TERPOPULER

Cerita Hamzah Izzulhaq, Pengusaha di Bidang Pendidikan Yang Sukses di Usia Muda

Meski terbilang sukses di usia muda, nyatanya perjuangan Hamzah Izzulhaq tidaklah mudah.

Jin Tidak Takut dengan Bacaan Ayat Kursi

Tiga Budaya Sunda yang Unik, Nomer 1 Sudah Jarang Ditemukan

Semua tradisi dan budaya di Indonesia unik dan mempunyai ciri khas tersendiri. Tak ketinggalan juga budaya Sunda dan segala tradisi yang dijalankan.