Himbau Semua Pihak Hormati Reuni 212, MUI: Kebebasan Bereskpresi Dijamin Undang-Undang

JAKARTA, SERUJI.CO.ID – Sekretaris Jenderal Majelis Ulama Indonesia (MUI) Anwar Abbas menghimbau semua pihak menghormati kegiatan Reuni 212 yang bakal digelar di lapangan Monumen Nasional (Monas), Ahad (2/12) mendatang.

“Bagi pihak yang tidak ikut Reuni 212, saya menghimbau untuk menghormati perwujudan ekspresi dari para peserta aksi tersebut. Dengan begitu, tidak terjadi kegaduhan yang tidak berkesudahan,” kata Anwar Abbas di Jakarta, Jumat (30/11).

Menurut Anwar, Reuni 212 diperbolehkan oleh undang-undang bahkan dijamin sebagai kebebasan berekspresi bagi setiap warga negara.

Untuk itu, Anwar mengajak dua pihak yaitu peserta dan nonpeserta untuk bisa menjaga diri dan saling menghormati, terlebih Indonesia merupakan negara demokrasi yang menghargai perbedaan pendapat.

Baca juga: Berdasarkan Data Intelijen, Polisi Sarankan Kapitra Menunda Aksi Tandingan Reuni 212

Ia pun mengingatkan Reuni 212 yang akan digelar itu tidak memicu kekacauan.

“Asal jangan melanggar undang-undang, jangan chaos,” pintanya.

Anwar juga mengingatkan, Reuni 212 harus tetap mempraktikkan amalan akhlak yang mulia.

“Sebaiknya juga dalam acara kumpul massa itu tidak mengeluarkan ujaran kebencian, saling mencela atau mengejek pihak lain,” ujarnya.

Terkait adanya muatan politik dalam Reuni 212, Anwar mengatakan hal itu adalah urusan partai politik dan para politisi. Akan tetapi, agar segala yang disampaikan tetap dalam koridor yang baik. (SU05)

4 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Belajar, Bukan Bersekolah

Akhir pandemi belum juga jelas, satu hal sekarang makin jelas: Gedung-gedung megah persekolahan itu makin tidak relevan jika dipaksakan untuk kembali menampung kegiatan bersekolah lagi. Sekolah harus direposisi. Juga guru.

Bertema “Inovasi Beyond Pandemi”, AMSI Gelar Indonesian Digital Conference 2020

Ketua Umum AMSI, Wenseslaus Manggut mengatakan IDC yang digelar AMSI bertujuan untuk melihat sejauh mana berbagai sektor melakukan inovasi di tengah pandemi Covid-19 dan seperti apa ke depan.

Cek Fakta: Debat Pilkada Tangsel, Seluruh Paslon Minim Paparkan Data

Debat pemilihan umum kepala daerah (pilkada) Tangerang Selatan (Tangsel) membeberkan program kerja yang dimiliki para peserta. Sayangnya, dalam debat tersebut masing-masing pasangan calon (paslon) lebih banyak bicara dalam tatanan konsep.

PasarLukisan.com Gelar Pameran Lukisan Virtual Karya Pelukis dari Berbagai Daerah

"Ini adalah solusi yang diharapkan akan memecahkan kebekuan kegiatan kesenian, khususnya pameran seni rupa, akibat pandemi yang belum kunjung berakhir," kata M. Anis,

Paman Donald dan Eyang Joe

Banyak yang usil menyamakan pilpres Amerika dengan Indonesia, termasuk kemungkinan Biden akan mengajak Trump bertemu di MRT dan menawarinya menjadi menteri pertahanan.

Berikut Berbagai Larangan Bagi Penasihat Investasi Yang Diatur dalam Keputusan BPPM

Penasihat Investasi dalam menjalankan kegiatannya harus bersikap hati–hati, dikarenakan terdapat larangan yang harus diperhatikan oleh Penasihat Investasi agar terhindar dari sanksi.

TERPOPULER