Himbau Semua Pihak Hormati Reuni 212, MUI: Kebebasan Bereskpresi Dijamin Undang-Undang


JAKARTA, SERUJI.CO.ID – Sekretaris Jenderal Majelis Ulama Indonesia (MUI) Anwar Abbas menghimbau semua pihak menghormati kegiatan Reuni 212 yang bakal digelar di lapangan Monumen Nasional (Monas), Ahad (2/12) mendatang.

“Bagi pihak yang tidak ikut Reuni 212, saya menghimbau untuk menghormati perwujudan ekspresi dari para peserta aksi tersebut. Dengan begitu, tidak terjadi kegaduhan yang tidak berkesudahan,” kata Anwar Abbas di Jakarta, Jumat (30/11).

Menurut Anwar, Reuni 212 diperbolehkan oleh undang-undang bahkan dijamin sebagai kebebasan berekspresi bagi setiap warga negara.

Untuk itu, Anwar mengajak dua pihak yaitu peserta dan nonpeserta untuk bisa menjaga diri dan saling menghormati, terlebih Indonesia merupakan negara demokrasi yang menghargai perbedaan pendapat.

Baca juga: Berdasarkan Data Intelijen, Polisi Sarankan Kapitra Menunda Aksi Tandingan Reuni 212

Ia pun mengingatkan Reuni 212 yang akan digelar itu tidak memicu kekacauan.

“Asal jangan melanggar undang-undang, jangan chaos,” pintanya.

Anwar juga mengingatkan, Reuni 212 harus tetap mempraktikkan amalan akhlak yang mulia.

“Sebaiknya juga dalam acara kumpul massa itu tidak mengeluarkan ujaran kebencian, saling mencela atau mengejek pihak lain,” ujarnya.

Terkait adanya muatan politik dalam Reuni 212, Anwar mengatakan hal itu adalah urusan partai politik dan para politisi. Akan tetapi, agar segala yang disampaikan tetap dalam koridor yang baik. (SU05)

4 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Orang-Orang Merdeka

Sejak media menjadi industri, informasi dan berita harus tunduk pada kepentingan pemilik modal, dan erubahlan wartawan hanya sebagai alat produksi semata

3 Kunci Sukses Pasarkan Properti Saat Wabah Covid-19

Webinar ini sendiri sengaja diadakan oleh Lamudi untuk membantu para pangembang properti memasarkan produk mereka agar tetap mendapatkan hasil yang maksimal di tengah pandemi corona.

Pasca Kecelakaan Tulang Belakang, Kaki Sering Nyeri dan Perih, Apa Sebabnya?

Pada 16 tahun yang lalu saya pernah kecelakaan dan tiga ruas tulang belakang remuk. 3 bulan awal kaki kiri saya tidak bisa berjalan, 6 bulan berikutnya sudah bisa jalan walaupun tidak sekuat kaki kanan, sampai sekarang.

Breaking News: Akhirnya, Presiden Jokowi Putuskan Tes Massal Covid-19

Tidak mengambil kebijakan Lockdown, Presiden Jokowi akhirnya lebih memilih melakukan tes massal Covid-19.

Tahukah Anda, Berwudhu Dapat Kurangi Risiko Tertular Virus Corona?

Berwudhu merupakan kegiatan yang tak bisa dipisahkan dari muslim.. Tahukah anda bahwa berwudhu bisa mengurangi resiko tertular virus Corona?

Cegah Kepanikan, AMSI Imbau Media Kedepankan Kode Etik dalam Pemberitaan Wabah Corona

Wens menjelaskan beberapa langkah yang harus dilakukan media-media anggota AMSI dalam pemberitaan terkait virus Covid-19 tersebut.

Fahira: Milenial Butuh Teladan, Bukan Tik Tok untuk Membumikan Pancasila

"Membumikan Pancasila secara populer sah-sah saja, tetapi yang dibutuhkan millenial saat ini bukan itu. Milenial butuh teladan dari para penyelenggara negara dan para pemimpin bangsa," kata Fahira

TERPOPULER

close