Hadapi Era Milenial, Dedi Mulyadi Gagas Program Ini

0
21
Deddy Mizwar-Dedi Mulyadi (foto: istimewa)

PURWAKARTA, SERUJI.CO.ID – Calon Wakil Gubernur Jawa Barat Dedi Mulyadi menggagas program sepuluh sarjana dan satu doktor di satu desa agar tercipta sumberdaya manusia unggul yang tersebar di desa-desa.

“Jawa Barat harus menjadi provinsi paling unggul. Jadi kita ikhtiarkan kebutuhan pendidikan ditanggung negara. Kita ingin di satu desa ada 10 sarjana dan seorang doktor,” katanya dalam siaran pers yang diterima di Purwakarta, Selasa (12/6).

Jika sepuluh sarjana dan satu doktor di satu desa terwujud, mereka akan bertugas memaksimalkan potensi desanya.

Loading...

Mulai dari potensi kultur, sosial sampai sumber daya alam. Sehingga, terjadi pembangunan yang berkesinambungan di seluruh desa di Jawa Barat.

Sedangkan kalau sarjana itu memiliki kualifikasi pendidikan agama, tentunya diarahkan kerja sama dengan pesantren dan kiai di kampung-kampung.

“Kalau ada kualifikasi lain, kita arahkan sesuai disiplin ilmunya. Poin pentingnya, seluruh aspek pembangunan di desa ini berkesinambungan,” kata dia.

Dedi menyatakan, program itu cukup realistis untuk diselesaikan selama lima tahun kepemimpinan. Terdapat 5.962 desa di Jabar, sehingga dalam setahun diproyeksikan mencetak seribuan lebih kaum cendekia dari desa.

Menurut dia, program itu tercetus sebagai persiapan untuk menghadapi kompetisi era milenial.

Digitalisasi diakuinya merupakan keniscayaan. Karena itu, dibutuhkan agen-agen yang mampu memberikan wawasan tentang kebutuhan di era ini.

“Kaum cendekia merupakan sosok-sosok terlatih untuk bersaing dan menjalin dialog antarbudaya akibat digitalisasi. (Ant/SU02)

loading...

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

TERBARU