Gus Ipul Kecam Pemerintah Myanmar Atas Pembunuhan Muslim Rohingya


SURABAYA – Ketua Pengurus Besar Nahdatul Ulama (PBNU) Saifullah Yusuf mengecam tindakan militer dan Pemerintah Myanmar yang telah menyiksa dan membunuh etnis Muslim Rohingya.

“Ini jelas melanggar HAM dan bahkan bisa disebut juga sebagai pembunuhan massal,” kata pria yang akrab disapa Gus Ipul ini, ketika ditanya mengenai kekejaman yang dialami Muslim Rohingya, di Surabaya, Jumat (1/9).

Karenanya, Gus Ipul mendesak dunia dan PBB segera turun tangan, karena kekejaman terhadap etnik minoritas asal negara bagian Rakhine di Myanmar ini tidak bisa dibiarkan.

“Sebagai negara dengan penduduk Muslim terbesar, Indonesia juga harus ikut ambil bagian untuk menyelamatkan Muslim Rohingya,” ujarnya.

Gus Ipul yang juga Wakil Gubernur Jatim, berharap umat Islam di seluruh dunia bersatu untuk selalu mendoakan dan memberikan bantuan pada Muslim Rohingya.

“Kepada Muslim Rohingya, tabahlah. Teruslah berjuang karena Allah akan selalu memberi pertolongan bagi orang-orang yang dizalimi,” ujarnya.

Untuk diketahui kekerasan dan penyiksaan terus dialami oleh Muslim Rohingya yang ada di Myanmar. Kekerasan mematikan semakin memburuk di negara bagian Rakhine ini beberapa hari belakangan.

Dalam tiga hari terakhir ini dari laporan PBB setidaknya hampir 400 orang tewas akibat operasi militer yang dilakukan tentara Myanmar terhadap Muslim Rohingya. (Amal/Hrn)

2 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

NKRI Bersyariah atau Ruang Publik Yang Manusiawi

Pertanyaannya mengapa hasil Islamicity Index berdasarkan arahan kitab suci Alquran hasilnya tak banyak beda dengan World Happiness Index. Pada dasarnya nilai terbaik dari agama Islam, sebagaimana agama lain, jika diuniversalkan, itu sama dengan aneka nilai manusiawi yang dirumuskan oleh peradaban mutakhir. Nilai yang Islami itu ternyata juga nilai yang manusiawi. Itulah ruang publik yang universal yang bisa dinikmati semua manusia, apapun agama dan keyakinannya.

Fahira ke Haters Anies: Jangan Sering Gol Bunuh Diri Nanti Kehabisan Energi

Bedakan wilayah Bekasi, Tangerang dan DKI saja tidak mampu. Siapa pengelola Kawasan GBK dan Jembatan Utan Kemayoran saja tidak paham. Bagaimana mau mau kritik apalagi menyerang.

Sering Kesemutan di Tangan Maupun Kaki Sejak Usia Muda, Apakah Sebabnya?

Kesemutan yang saya derita mudah timbul, semisal saat mengendarai sepeda motor, tangan saya memegang stang meskipun tidak erat dalam waktu 10 menit kedua tangan saya merasa kesemutan bercampur kebas, dan akan normal kembali apabila saya lepas.

Dinilai Lembek ke China Soal Natuna, PA 212 Minta Presiden Jokowi Pecat Prabowo

Menurut PA 212, langkah yang diambil Prabowo sangat kontras dengan sikap Presiden Jokowi yang tidak mau berkompromi dengan China yang telah melakukan pelanggaran batas wilayah di perairan Natuna.

Inilah Kekayaan Bupati Sidoarjo Saiful Ilah Yang Kena OTT KPK

Jumlah harta Saiful ini melonjak hampir empat kali lipat dibanding saat awal ia menjabat Wakil Bupati Sidoarjo periode 2005-2010, yang berdasarkan LHKPN tertanggal 28 April 2006 bernilai total Rp17.349.095.000.

Flash: Bupati Sidoarjo Kena OTT KPK Terkait Dugaan Pengadaan Barang dan Jasa

OTT KPK ini, adalah juga yang pertama kali sejak revisi UU KPK diundangkan menjadi UU Nomor 19 Tahun 2019 atas perubahan kedua atas UU Nomor 30 Tahun 2002.

Utang RI Meroket Rp4.778 Triliun, Sri Mulyani: Kita Masih Lebih Hati-hati Dibanding Malaysia

Bahkan, jika dibanding negara tetangga seperti Malaysia, Singapura dan Filipina, jelas Sri Mulyani, pengendalian utang Indonesia jauh lebih hati-hati.

TERPOPULER

Manfaat Belerang untuk Mengobati Berbagai Masalah Kulit

Pantas saja banyak orang yang gemar berkunjung ke pemandian air panas. Ternyata ini manfaat belerang untuk kulit.
close