Gus Ipul Cuti, Puti Mundur Dari DPR RI

0
79
Gus Ipul-Puti
Pasangan Cagub dan Wacagub Jatim Saifullah Yusuf dan Puti Guntur Soekarno di RSUD Soetomo Surabaya, Jumat (12/1/2018). (foto:Setya/SERUJI)

SURABAYA, SERUJI.CO.ID – Calon Gubernur Jawa Timur Saifullah Yusuf mengaku sudah mengajukan cuti sebagai Wakil Gubernur Jatim kepada Menteri Dalam Negeri setelah memutuskan maju di Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jatim 2018.

“Ini sedang proses, tinggal menunggu jawaban dari Mendagri,” kata pria yang akrab dipanggil Gus Ipul ini saat ditemui di Surabaya, Jumat (12/1).

Mantan Menteri Pembangunan Daerah Tertinggal ini mengatakan dirinya akan bakal mengikuti seluruh prosedur yang berlaku sebagai kandidat yang maju dalam Pilgub Jatim 2018.

“Akan saya lalui semua prosedur yang sudah ditetapkan,” terang pria asal Pasuruan ini.

Begitu juga dengan Puti Guntur Soekarno, melalui sekretaris pemenangan Sri Untari, mengaku cucu mantan Presiden RI Soekarno tersebut mengundurkan diri sebagai anggota DPR RI.

“Sesuai aturan KPU setelah ditetapkan sebagai kandidat, Mbak Puti akan mundur sebagai anggota DPR. Saat ini sedang diurus berkas-berkasnya” kata Untari.

Diketahui, berdasarkan Undang-Undang Nomor 10 Tahun 2016 tentang Pemilihan Gubernur, Bupati dan Walikota menyebutkan, bagi anggota DPR, DPD dan DPRD yang maju dalam pemilihan kepala daerah, wajib menyatakan secara tertulis pengunduran diri sejak ditetapkan sebagai pasangan calon.

Sedangkan untuk penetapan pasangan calon, Komisi Pemilihan Umum (KPU) baru akan melakukannya pada 12 Februari mendatang. (Setya/SU05)

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

BERITA PILIHAN

TERBARU