GNPF MUI Laporkan Sukmawati ke Polda Sumut

MEDAN, SERUJI.CO.ID – Polda Sumatera Utara telah menerima laporan dari elemen masyarakat yang mengadukan Sukmawati atas dugaan penistaan terhadap agama Islam.

Kabid Humas Polda Sumut Kombes Pol Rina Sari Ginting, di Medan, Jumat (6/4), mengatakan elemen masyarakat yang melaporkan itu adalah Gerakan Nasional Pengawal Fatwa (GNPF) MUI yang dipimpin atas nama Rafdinal.

Laporan tersebut, menurut dia, telah diterima personel Polda Sumut, yakni Brigadir Widodo dan akan diteruskan ke institusi hukum yang berwenang menangani perkara penistaan agama.

“Terlapor (Sukmawati) dikenakan Pasal 156 a dan huruf a KUH Pidana tentang Penodaan Agama,” ujar mantan Kapolres Binjai itu.

Sebelumnya, sejumlah elemen masyarakat melaporkan Sukmawati ke Bareskrim Polri dan Polda Metro Jaya terkait dugaan penistaan agama usai membacakan puisi berjudul Ibu Indonesia pada acara 29 Tahun Anne Avantie Berkarya beberapa waktu lalu.

GNPF Ulama Sumut yang merupakan gabungan dari ormas Islam minta kepada Kapolri untuk segera memproses hukum Sukmawati dengan melakukan upaya penegakan hukum berupa penangkapan demi terciptanya kerukunan beragama di NKRI.

“Mengecam keras segala bentuk penistaan terhadap agama Islam, baik yang dilakukan oleh orang perorang maupun golongan dan atau pemeluk agama lain,” kata Al Ustadz Heriansyah, dalam peryataan sikapnya, di Mapolda Sumut.

Bahwa telah terjadi tindakan penodaan agama yang dilakukan Sukmawati atas puisinya yang berjudul “Ibu Indonesia”, dengan membandingkan cadar dan panggilan azan yang dianggap sakral bagi umat Islam secara sengaja dan kesadaran penuh oleh Sukmawati dengan budaya Indonesia.

“Bahwa tindakan penodaan agama yang dilakukan Sukmawati itu, patut ditindak lanjuti aparat Kepolisian berdasarkan Pasal 156a huruf a Kitab Undang-Undang Hukum Pidana (KUHP)meskipun tanpa adanya aduan dari umat Islam,” kata Al Ustadz Heriansyah.

Kapolda Sumut Irjen Pol Paulus Waterpau, merespon aksi damai yang dilakukan ribuan massa GNPF Ulama Sumut yang meminta kepada Kapolri untuk segera memproses hukum Sukmawati dengan melakukan upaya penegakan hukum berupa penangkapan demi terciptanya kerukunan beragama di NKRI.

“Kita akan kirimkan pernyataan itu, karena perkara tersebut ditangani oleh Mabes Polri,” kata Kapolda Sumut Irjen Pol Paulus Waterpau ketika menerima ribuan massa aksi damai dari GNPF MUI. (Ant/SU03)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Reuni 212, Aksi Yang Berat Terasa Ringan

Aksi reuni 212 tahun 2018 ini bukan hanya dihadiri oleh kaum muslimin, tapi juga oleh pemuka lintas agama. Sebuah spirit yang sangat besar pengaruhnya untuk perubahan bangsa ke depan. Ini sebuah bukti lagi, bahwa umat islam bukan pecundang. Umat Islam bukan teroris pemecah belah bangsa, umat islam bukan anti kebhinnekaan .....

Paman Donald dan Eyang Joe

Banyak yang usil menyamakan pilpres Amerika dengan Indonesia, termasuk kemungkinan Biden akan mengajak Trump bertemu di MRT dan menawarinya menjadi menteri pertahanan.

Berikut Berbagai Larangan Bagi Penasihat Investasi Yang Diatur dalam Keputusan BPPM

Penasihat Investasi dalam menjalankan kegiatannya harus bersikap hati–hati, dikarenakan terdapat larangan yang harus diperhatikan oleh Penasihat Investasi agar terhindar dari sanksi.

Sambut Festival Belanja Lajang 11.11, Ecovacs Robotics Beri Promo Diskon Hingga 55%

Perusahaan penyedia Robot Rumah Tangga, ECOVACS ROBOTICS, akan meberikan promos diskon besar-besaran hingga 55% untuk berbagai produk unggulan seperti DEEBOT OZMO T8 AIVI, DEEBOT OZMO T8, dan DEEBOT U2 PRO.

150 Ide Bisnis Terbaik Siap Bersaing dalam DSC XI

Program Initiator DSC XI, Edric Chandra mengungkapkan dii tengah kondisi perekonomian yang masih belum stabil lantaran pandemi COVID-19, semangat gerakan wirausaha justru diterima oleh DSC XI.

Kembali Terjadi, Ratusan Kader Militan PDIP Alihkan Dukungan ke Machfud-Mujiaman

Kader yang tergabung dalam kelompok yang menamakan diri Banteng Ketaton tersebut mendeklarasikan dukungannya pada Ahad (8/11) kemarin di daerah Pandegiling yang dikenal sebagai jantungnya PDI Perjuangan di Surabaya.

Tekan Hoaks Selama Pilkada 2020, AMSI Gelar Cek Fakta di 16 Wilayah

Kegiatan Cek Fakta sebagai bentuk kontribusi AMSI kepada publik dengan memberikan informasi yang bermutu selama masa Pemilihan Kepala Daerah 2020 dan menekan hoaks (mis/disinformasi) yang berpotensi beredar selama berlangsungnya masa kampanye dan Debat Pilkada 2020.

TERPOPULER