Fahri Sudah Terima Kabar Novanto Teken Surat Pengunduran Diri


JAKARTA, SERUJI.CO.ID – Wakil Ketua DPR RI Fahri Hamzah mengaku sudah mendapatkan informasi perihal pengunduran diri Setya Novanto dan pergantian posisinya sebagai Ketua DPR yang akan diisi oleh kader Partai Golkar.

“Jadi itu adalah tentang status terakhir dari Setnov. Memang ada informasi resmi tapi belum tertulis dari pihak keluarganya bahwa beliau sudah menandatangani surat pengunduran diri (sebagai ketua DPR),” kata Fahri kepada SERUJI saat dihubungi, Ahad (10/12).

Fahri pun juga mengakui jika berdasarkan informasi yang didapatkannya ada nama politikus Golkar, Aziz Syamsuddin yang akan ditunjuk oleh Setya Novanto sendiri sebagai Ketua DPR.

“Kemudian juga ada informasi beliau sudah menunjuk Aziz Syamsuddin sebagai pengganti (Ketua DPR, red) karena Setnov sudah tentu menandatangainya sebagai Ketua Umum Partai Golkar,” terang politikus Partai Keadilan Sejahtera (PKS) ini.

Namun demikian, Fahri pun enggan berspekulasi lebih jauh mengenai kebenaran informasi yang menyebutkan jika Golkar melalui orang kepercayaan dari Setya Novanto sudah menunjuk satu nama dan surat sudah diserahkan kepada pihak kesetjenan.

“Tetapi bentuk fisiknya itu, belum kami terima. Mungkin karena sekretariat masih tutup. Mungkin surat sudah diterima tapi belum dibuka,” tegasnya.

“Jadi kami (pimpinan DPR, red) menunggu saja akan ada kabar secepatnya apabila bentuk fisik sudah diterima. Tapi, kabar ini memang datangnya dari pihak-pihak biasa yang resmi mewakili Setya Novanto,” tandas Fahri.

Sebelumnya, Ketua Fraksi Partai Golkar DPR RI Robert Kardinal melakukan manuver. Robert yang dikenal dekat dengan Setya Novanto dikhabarkan mengatur Azis Syamsudin menjadi Ketua DPR.

Berdasarkan sumber di lingkungan DPP Partai Golkar mengungkapkan Robert membuat pertemuan dengan mengundang fraksi-fraksi di DPR RI. Tapi yang hadir hanya Asrul Sani (F-PPP) dan Cucun Ahmad Syamsurijal (F-PKB). Selain itu ada pihak Sekjen DPR serta Aziz Syamsudin.

“Dalam pertemuan tersebut Robert Kardinal menyampaikan bahwa Setya Novanto mengundurkan diri dan DPP Golkar tanpa rapat pleno menunjuk Aziz sebagai penggantinya,” ujar sumber tersebut, Sabtu (9/12).

Diungkapkan, dalam pertemuan tersebut Aziz dan Robert mendesak Sekjen DPR agar bisa segera diagendakan Rapat Paripurna untuk pergantian Ketua DPR sebelum penutupan masa sidang hari Selasa (11/12).

Kini Robert juga sedang merancang agar keinginannya itu bisa disetujui Badan Musyawarah (Bamus) yaitu rapat para pimpinan fraksi dengan Pimpinan DPR RI yaitu Fadli Zon, Fahri Hamzah, Agus Hermanto, dan Taufik Kurniawan.

“Manuver Robert sangat membahayakan bagi Golkar. Sebab akan membuat Golkar kembali terpecah. Sebaiknya semua pihak menahan diri. Biarlah pergantian Ketua DPR RI menunggu terpilihnya Ketua Umum DPP Partai Golkar yang baru,” ujar sumber tersebut. (Herdi S/SU02)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Breaking News: Akhirnya, Presiden Jokowi Putuskan Tes Massal Covid-19

Tidak mengambil kebijakan Lockdown, Presiden Jokowi akhirnya lebih memilih melakukan tes massal Covid-19.

Tahukah Anda, Berwudhu Dapat Kurangi Risiko Tertular Virus Corona?

Berwudhu merupakan kegiatan yang tak bisa dipisahkan dari muslim.. Tahukah anda bahwa berwudhu bisa mengurangi resiko tertular virus Corona?

Cegah Kepanikan, AMSI Imbau Media Kedepankan Kode Etik dalam Pemberitaan Wabah Corona

Wens menjelaskan beberapa langkah yang harus dilakukan media-media anggota AMSI dalam pemberitaan terkait virus Covid-19 tersebut.

Fahira: Milenial Butuh Teladan, Bukan Tik Tok untuk Membumikan Pancasila

"Membumikan Pancasila secara populer sah-sah saja, tetapi yang dibutuhkan millenial saat ini bukan itu. Milenial butuh teladan dari para penyelenggara negara dan para pemimpin bangsa," kata Fahira

Begini Ciri Rumah Idaman untuk Pasangan Muda

Beberapa waktu lalu, portal properti Lamudi melakukan survei tentang rumah impian bagi pasangan muda, survei tersebut dilakukan kepada 100 pasangan yang baru menikah. Inilah hunian idaman untuk pasangan muda.....

5 Alasan Kita Perlu Membuat Undangan Pernikahan Digital

Kini era sudah berubah. Kini ada sebuah cara baru untuk mengirim undangan pernikahan. Salah satunya adalah dengan memanfaatkan situs desain online, di mana kita bisa menciptakan desain sendiri, juga memanfaatkan Internet untuk mengirimkannya.

TERPOPULER

close