Embrio “Perpecahan” Golkar dalam Pilkada DKI Putaran Kedua

JAKARTA- Betulkah ada tanda-tanda Golkar akan “terpecah dua” dalam Pilkada Putaran Kedua.  Sejumlah pertanyaan muncul karena beberapa adegan politik minggu ini, menunjukkan  gejala itu.

Sikap Titiek Soeharto, pengurus DPP Golkar dan anggota DPR-RI secara terang-terangan menunjukkan mendukung pasangan Anies Baswedan-Sandiaga Uno di Pilkada DKI Jakarta 2017, berlawanan dengan sikap Golkar. Padahal masyarakat tahu, Titiek punya “gerbong” yang tidak bisa diremehkan.

Melihat sdegan politik ini peneliti senior Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), Fachry Ali mengingatkan PDIP untuk mewaspadai strategi politik Partai Golkar di Pilgub DKI, meskipun saat ini secara resmi berkoalisi mengusung pasangan Basuki Tjahaja Purnama (Ahok)-Djarot Saiful Hidayat.

“PDIP partai terbesar, tetapi selalu dikalahkan oleh Golkar yang secara politik sangat terlatih,” ujar Fachry dalam acara diskusi di kawasan Menteng, Jakarta Pusat.

Di samping itu, sesuai ideologi partainya, PDIP diniliai identik dengan partai wong cilik. Sementara, Partai Golkar selama ini terkesan merangkul golongan elit sebagai bagian politiknya.

Pada kesempatan terpisah, Ketua Umum Partai Golkar, Setya Novanto tampaknya marah setelah mengetahui langkah politik Titiek. Ketua DPR itu akan meminta penjelasan dari Titiek Soeharto mengenai pertemuannya dengan paslon nomor urut tiga tersebut.

“Ya ini saya sudah minta ketua partai dan organisaai untuk menindaklanjuti karena kita ada AD/ART dan ada aturan,” kata Novanto di Jakarta.

EDITOR:  Yus Arza/Harun S

11 KOMENTAR

  1. mbak titik sekali masuk ke dapil DIY jogya, langsung kalahkan pak gandung pardiman inkamben ketua dpd golkar DIY, nanti kalok di pecat bah setnov ya pak gandung jadi DPR lagi, saya tau sendiri mbak titk masuk salah satu pasar tertua di jogja,..wow ibu2 pada….memang betul masi punya karisma ya ?

  2. Pilgub DKI,..menentukan Nasib bangsa kedepan.Pribumi musti berkuasa ditanahnya sendiri…,hati2 utak Atik IT pilkada Oleh penguasa..Kawal terus Kotak suara…Berbagai cara bakal ditempuh utk pemenangan Ahok..

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Gus Ipul Mentransformasi Kota Pasuruan Menuju Smart City

Pemerintah cerdas adalah pemerintah yang mampu menggunakan teknologi untuk melayani masyarakat secara lebih cepat, lebih murah sekaligus lebih terukur. Dinamika perkembangan teknologi juga berpengaruh terhadap kebutuhan dan harapan masyarakat terhadap pelayanan.

E-Sambat, Cara Gus Ipul Manfaatkan Teknologi Digital untuk Layani Warga Kota Pasuruan

Program Smart City atau Kota Cerdas membuat kerja pemerintah menjadi lebih efisien, termasuk dengan cepat dapat merespon berbagai keluhan masyarakat. Seperti yang dilakukan Pemerintah Kota Pasuruan dengan aplikasi e-Sambat.

Smart City di Surabaya Bukan Sekadar Urusan Aplikasi

Ada enam faktor pendukung terciptanya smart city di Kota Surabaya, Jawa Timur. Program ini bukan sekadar urusan aplikasi, namun juga untuk memberdayakan UMKM.

Terinspirasi Jack Ma, Khofifah Dorong UMKM Masuk ke Dunia Digital

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa sejak awal berupaya agar usaha mikro kecil menengah diberikan peluang melalui digitalisasi sistem. Ia terinspirasi Jack Ma, pemilik Alibaba Group, perusahaan e-commerce terbesar di Tiongkok.

Ketum AMSI: Kebutuhan Publik Zaman Now Bukan Hanya Hard News

Media massa digital atau dalam jaringan sudah harus mulai meninggalkan pola pikir konservatif dan konvensional. Masyarakat tak hanya butuh berita keras (hard news), tapi juga informasi keseharian.

Target Pemerintah: 6,1 Juta UMKM On Boarding Setiap Tahun

Usaha mikro kecil menengah di daerah membutuhkan teknologi digital untuk berkembang di era pandemi.

TERPOPULER

Tentang Korupsi Sektor Publik

Sebenarnya fenomena korupsi sektor publik terjadi di hampir semua Negara. Bukan hanya di Indonesia yang masuk dalam kategori negara yang belum mapan secara ekonomi. Namun korupsi sektor publikpun terjadi di negara yang sangat mapan perekonomiannya seperti Saudi Arabia.

Kemcer Di Curug Cipeteuy