Dokter RS Medika Nilai Setnov Dalam Kondisi Sehat

JAKARTA, SERUJI.CO.ID – Dokter spesialis jantung RS Medika Permata Hijau Mohamad Toyibi menilai bahwa mantan Ketua DPR Setya Novanto tidak dalam kondisi darurat saat dibawa ke rumah sakit tersebut.

“Saya periksa pasien di lantai 3 pada 17 November 2017, kemudian saya periksa pasien ini tidak ada masalah pada jantungnya. Dilihat dari ‘EKG’-nya (ektrokardiogram) tidak ada kegawatan pasien SN (Setya Novanto), EKG-nya baik, jadi bukan kondisi darurat,” kata dokter Toyibi dalam sidang di pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Jakarta, Senin (9/4).

Toyibi bersaksi untuk dokter RS Medika Permata Hijau dokter Bimanesh Sutarjo yang didakwa bekerja sama dengan advokat Fredrich Yunadi untuk menghindarkan ketua DPR Setya Novanto diperiksa dalam perkara dugaan tindak pidana korupsi KTP-el.

“Saat diperiksa kondisinya cuma ada luka lecet kalau tidak salah di kening kiri,” ungkap Toyibi yang memeriksa Setnov sehari setelah Setnov masuk ke RS Medika Permata Hijau pada 16 November 2017.

Saat itu perban Setnov pun tampak hanya menempel. Dalam sidang Senin (2/4), perawat Indri Astuti pernah bersaksi bahwa Setnov meminta dahinya diperban meski luka lecet itu tidak perlu diperban.

“Waktu saya lihat lukanya terbuka. Ada perban tapi menyingkap, perbannya bukan seperti betulan tapi seperti ditempel, yang saya lihat begitu, tidak ada benjolan,” ungkap dokter Toyibi.

Toyibi lalu membuka baju Setnov dan memeriksa dadanya, ia pun berpendapat dada Setnov mulus, tidak ada masalah.

“Dinding jantung kita sangat kuat, jadi jarang sekali terjadi kalau kecelakaan lalu luka terkena di jantung kecuali ada luka tusuk, dan tidak ada luka biru. Jantungnya pun baik meski sudah pasang ring,” jelas dokter Toyibi.

Toyibi, memeriksa Setnov karena diminta oleh dokter Bimanesh Sutarjo untuk melakukan konsultasi.

“Bimanesh meminta saya evaluasi jantungnya sekaligus dilampirkan gambar EKG-nya,” tambah dokter Toyibi.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Pendidikan Antikorupsi di Perguruan Tinggi

Menurut Laode M Syarif, saat ini 68% pelaku korupsi merupakan lulusan perguruan tinggi. Makanya, perguruan tinggi harus bertanggungjawab atas kejahatan korupsi yang dilakukan lulusannya.

Bertema “Inovasi Beyond Pandemi”, AMSI Gelar Indonesian Digital Conference 2020

Ketua Umum AMSI, Wenseslaus Manggut mengatakan IDC yang digelar AMSI bertujuan untuk melihat sejauh mana berbagai sektor melakukan inovasi di tengah pandemi Covid-19 dan seperti apa ke depan.

Cek Fakta: Debat Pilkada Tangsel, Seluruh Paslon Minim Paparkan Data

Debat pemilihan umum kepala daerah (pilkada) Tangerang Selatan (Tangsel) membeberkan program kerja yang dimiliki para peserta. Sayangnya, dalam debat tersebut masing-masing pasangan calon (paslon) lebih banyak bicara dalam tatanan konsep.

PasarLukisan.com Gelar Pameran Lukisan Virtual Karya Pelukis dari Berbagai Daerah

"Ini adalah solusi yang diharapkan akan memecahkan kebekuan kegiatan kesenian, khususnya pameran seni rupa, akibat pandemi yang belum kunjung berakhir," kata M. Anis,

Paman Donald dan Eyang Joe

Banyak yang usil menyamakan pilpres Amerika dengan Indonesia, termasuk kemungkinan Biden akan mengajak Trump bertemu di MRT dan menawarinya menjadi menteri pertahanan.

Berikut Berbagai Larangan Bagi Penasihat Investasi Yang Diatur dalam Keputusan BPPM

Penasihat Investasi dalam menjalankan kegiatannya harus bersikap hati–hati, dikarenakan terdapat larangan yang harus diperhatikan oleh Penasihat Investasi agar terhindar dari sanksi.

Sambut Festival Belanja Lajang 11.11, Ecovacs Robotics Beri Promo Diskon Hingga 55%

Perusahaan penyedia Robot Rumah Tangga, ECOVACS ROBOTICS, akan meberikan promos diskon besar-besaran hingga 55% untuk berbagai produk unggulan seperti DEEBOT OZMO T8 AIVI, DEEBOT OZMO T8, dan DEEBOT U2 PRO.

TERPOPULER

Jin Tidak Takut dengan Bacaan Ayat Kursi

Kemcer Di Curug Cipeteuy

Bertema “Inovasi Beyond Pandemi”, AMSI Gelar Indonesian Digital Conference 2020

Ketua Umum AMSI, Wenseslaus Manggut mengatakan IDC yang digelar AMSI bertujuan untuk melihat sejauh mana berbagai sektor melakukan inovasi di tengah pandemi Covid-19 dan seperti apa ke depan.