Dedi Mulyadi: Perlu Evaluasi RUTR Mengatasi Banjir

PURWAKARTA, SERUJI.CO.ID – Calon Wakil Gubernur Jabar Dedi Mulyadi menggulirkan wacana evaluasi Rencana Umum Tata Ruang (RUTR) di Jawa Barat menyusul terjadinya banjir di sejumlah daerah sekitar provinsi itu.

“Harus ada evaluasi RUTR. Izin perumahan atau permukiman tidak boleh serampangan, karena harus memperhatikan kondisi alam sekitar,” katanya di sela kunjungannya ke Kelurahan Jatirasa, Kecamatan Jati Asih, Kota Bekasi, Sabtu (24/3).

Meski begitu, kata dia, permasalahan banjir yang sering terjadi di sebagian besar daerah di Jawa Barat tidak bisa diselesaikan sendirian oleh pemerintah provinsi.

Penanganan bencara rutin tersebut di berbagai daerah sekitar Jawa Barat membutuhkan koordinasi dan sinergi antarlini pemerintahan.

Karena itu, komunikasi Pemprov Jawa Barat dengan pemerintah kabupaten/kota menjadi penting. Kerangka berpikir, strategi dan implementasi penanganan banjir harus seiring sejalan.

“Sering sekali saya katakan, kerja sama dan kerja sama. Ini penting agar penyelesaiannya komprehensif mulai dari hulu hingga hilir, dari pemprov sampai pemkab dan pemkot,” kata dia.

Selain solusi jangka panjang tersebut, mantan Bupati Purwakarta dua periode itu, juga menawarkan solusi jangka pendek berupa pembangunan tanggul beton berkriteria tinggi dan kokoh.

Hal tersebut perlu dilakukan di sebagian besar daerah Jawa Barat yang sudah terlanjur dibangun kawasan pemukiman berdekatan dengan sungai-sungai besar. (Ant/SU01)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Anda ASN Yang Terpaksa Harus Bercerai? Simak Prosedur Yang Harus Dilalui

Anda seorang ASN dan sedang mengalami masalah rumah tangga yang berujung perceraian? Simak proses percerain ASN berikut, apa yang harus dilakukan dan kewajiban apa yang muncul.

Belajar, Bukan Bersekolah

Akhir pandemi belum juga jelas, satu hal sekarang makin jelas: Gedung-gedung megah persekolahan itu makin tidak relevan jika dipaksakan untuk kembali menampung kegiatan bersekolah lagi. Sekolah harus direposisi. Juga guru.

Bertema “Inovasi Beyond Pandemi”, AMSI Gelar Indonesian Digital Conference 2020

Ketua Umum AMSI, Wenseslaus Manggut mengatakan IDC yang digelar AMSI bertujuan untuk melihat sejauh mana berbagai sektor melakukan inovasi di tengah pandemi Covid-19 dan seperti apa ke depan.

Cek Fakta: Debat Pilkada Tangsel, Seluruh Paslon Minim Paparkan Data

Debat pemilihan umum kepala daerah (pilkada) Tangerang Selatan (Tangsel) membeberkan program kerja yang dimiliki para peserta. Sayangnya, dalam debat tersebut masing-masing pasangan calon (paslon) lebih banyak bicara dalam tatanan konsep.

PasarLukisan.com Gelar Pameran Lukisan Virtual Karya Pelukis dari Berbagai Daerah

"Ini adalah solusi yang diharapkan akan memecahkan kebekuan kegiatan kesenian, khususnya pameran seni rupa, akibat pandemi yang belum kunjung berakhir," kata M. Anis,

Paman Donald dan Eyang Joe

Banyak yang usil menyamakan pilpres Amerika dengan Indonesia, termasuk kemungkinan Biden akan mengajak Trump bertemu di MRT dan menawarinya menjadi menteri pertahanan.

Berikut Berbagai Larangan Bagi Penasihat Investasi Yang Diatur dalam Keputusan BPPM

Penasihat Investasi dalam menjalankan kegiatannya harus bersikap hati–hati, dikarenakan terdapat larangan yang harus diperhatikan oleh Penasihat Investasi agar terhindar dari sanksi.

TERPOPULER