Debat Perdana, Emil-UU Janjikan Digitalisasi Perdagangan di Jabar

0
32
Ridwan Kamil-Uu Ruzhanul Ulum (foto: istimewa)

BANDUNG, SERUJI.CO.ID – Pasangan calon Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil-Uu Ruzhanul Ulum menyatakan akan melakukan digitalisasi perdagangan di Jawa Barat, sehingga produk di desa bisa dipasarkan secara online melalui jaringan internet.

Terobosan melakukan digitalisasi perdagangan disampaikan Kang Emil, sapaan akrab Ridwan Kamil, saat memperoleh pertanyaan mengenai bagaimana meningkatkan nilai perdagangan di Jawa Barat dalam debat sesi keenam yang diselenggarakan di Gedung Ganesa, Kota Bandung.

“Konsep pasangan Rindu (Ridwan Kamil-Uu Ruzhanul Ulum), menjadikan Jawa Barat menjadi provinsi digital di Indonesia. Salah satunya digitalisasi perdagangan,” ujar Emil.

Emil mengatakan, upaya digitalisasi ini dimaksudkan untuk memutus rantai ketimpangan nilai perdagangan antara di desa dan di kota.

Ia mencontohkan, dari pengalaman saat kampanye terutama di Indramayu, harga beras dari petani dihargai Rp.4.000 per kilogram, sementara setelah masuk ke kota harga melambung tinggi hingga mencapai Rp.11.000 per kilogram.

“Petani itu punya dua hektar, tapi per bulannya hanya dua juta rupiah tidak bisa sejahtera. Kenapa? Delapan ribu, tujuh ribunya dilakukan oleh mereka-mereka yang menguras ekonomi perdagangan kepada petani,” katanya.

Apabila ini diterapkan, kata Emil, masyarakat yang tinggal di perkotaan dapat membeli beras langsung ke petani di desa. Di sisi lain tugas pemerintah melakukan pelatihan bagi petani agar bisa melakukan pelayanan secara online.

“Jadi harga petani bisa naik dua kali lipat, harga beli bisa turun,” kata dia.

Selain untuk memutus rantai ketimpangan, juga demi ketahanan pangan nasional. Beras yang biasanya di impor dari luar negeri, tidak perlu dilakukan lagi karena kesejahteraan petani telah meningkat.

“Perpaduan digitalisai dan deregulasi menjadi jawaban untuk membangun perdagangan di Jabar menjadi juara,” kata Emil. (Ant/SU03)

loading...

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

BACA JUGA

Warga Mulai Persiapkan Lebaran Ketupat

GORONTALO, SERUJI.CO.ID - Sejumlah warga Kecamatan Bongomeme, Kabupaten Gorontalo, mulai mempersiapkan segala kebutuhan menjelang perayaan lebaran ketupat, yang digelar pada hari ketujuh setelah Idul Fitri. Beberapa...
balon udara

Polisi Razia Balon Udara Tanpa Awak

PONOROGO, SERUJI.CO.ID - Petugas gabungan dari Polres Ponorogo bersama TNI AD (Kodim Ponorogo) dan TNI AU (Pangkalan Udara Lanud Iswahjudi Magetan) merazia balon udara...
Neymar

Swiss Tahan Imbang Brazil 1-1

ROSTOV ON DON, SERUJI.CO.ID - Brazil bergabung dengan sejumlah negara besar yang gagal menggebrak pada pertandingan pembukaan mereka di Piala Dunia, ketika longgarnya pertahanan pada...
Leon Goretzka

Meksiko Rayakan Kemenangan Usai Taklukkan Jerman

MOSKOW, SERUJI.CO.ID - Kegembiraan para pendukung tim Meksiko setelah pertandingan pembuka mereka di Piala Dunia melawan Jerman berlanjut hingga ke dalam kereta, yang di Rusia...

Dikalahkan Meksiko 1-0, Ini Harapan Pendukung Tim Der Panzer

MOSKOW, SERUJI.CO.ID -  Sejumlah pendukung tim Der Panzer Jerman mengaku kecewa atas kekalahan timnasnya dari Meksiko 1-0 pada babak penyisihan grup putaran final Piala Dunia...