Bertemu dengan Sandiaga, Inilah Harapan dan Curhat Peternak Sapi di Pasuruan

PASURUAN, SERUJI.CO.ID – Calon Wakil Presiden (cawapres) pasanga nomor urut 02, Sandiaga Uno bertemu dan menyerap aspirasi peternak sapi perah di Pasuruan, Jawa Timur.

Dalam keterangan tertulisnya, Selasa (19/2) tim Sandiaga menceritakan saat bertemu peternak sapi yang curhat soal biaya operasional yang makin tinggi.

Dahlan, peternak sapi perah, berharap jika Sandiaga menjadi wakil presiden 2019-2024 dapat meningkatkan. kesejahteraan para peternak.

Menurut Dahlan, meski harga susu stabil, namun kebutuhan lainnya terus naik sehingga keuntungan yang diperoleh tidak meningkat.

“Seandainya bapak jadi (Wapres 2019-2024), tolong perhatikan nasib para peternak sapi perah ini. Harga susu memang stabil, tapi harga operasional tinggi. Dan kami berharap bapak bisa memberikan subsidi pangan ternak,” ujarnya.

Hal yang sama dikemukakan oleh Rini, anggota Koperasi Peternak Sapi Perah (KPSP) yang berharap ada pemberdayaan ekonomi emak-emak terhadap produk turunan susu.

“Kami dari ibu-ibu juga ingin menunjang ekonomi produk olahan susu yang bisa mengangkat ekonomi rumah tangga para peternak, bagaimana menjual produk olahan susu yang laku di pasar- pasar besar,” kata Rini.

Selama di Pasuruan Sandiaga mengagumi semangat emak-emak yang masih berusaha meningkatkan pendapatan ekonomi keluarga dengan memproduksi usaha rumahan.

“Kita lihat semua di sini berusaha untuk memperbaiki kehidupan ekonominya. Kondisi ekonomi negara yang sulit tidak membuat mereka menyerah, karena ada semangat perubahan 2019,” katanya di Roemah Djoeang di Perum Batumas Petungasri, Pandaan, Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur,

Sandiaga mengatakan, meski harga susu stabil tapi biaya operasional naik mulai dari listrik hingga pangan ternak, sehingga keuntungan yang diperoleh juga turun.

“Indonesia ini kaya akan energi Kami akan menciptakan swasembada pangan, air dan listrik. Bagaimana menciptakan swasembada pangan jika para petani, peternak dan nelayannya sengsara. Termasuk peternak susu yang merupakan. Salah satu sumber protein,” katanya.

Dalam kesempatan itu dirinya juga menawarkan Gerakan Ekonomi Rakyat (Gerak) OK OCE.

“Jadi nanti dibentuk OK OCE di sini untuk melakukan pelatihan, pendampingan, pemasaran hingga permodalan. Jadi produk kerupuk susu yang enak ini bisa diserap pasar dengan baik,” tukasnya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Salah Besar Bila Disebut Konflik Agraria Tidak Ada 3 Tahun Terakhir, Berikut Datanya

Pendapat Guru Besar hukum terkait pernyataan capres nomor urut 01, Jokowi soal tidak adanya sengketa lahan dalam kurun 3 tahun ini di proyek infrastruktur.

Gus Ipul Mentransformasi Kota Pasuruan Menuju Smart City

Pemerintah cerdas adalah pemerintah yang mampu menggunakan teknologi untuk melayani masyarakat secara lebih cepat, lebih murah sekaligus lebih terukur. Dinamika perkembangan teknologi juga berpengaruh terhadap kebutuhan dan harapan masyarakat terhadap pelayanan.

E-Sambat, Cara Gus Ipul Manfaatkan Teknologi Digital untuk Layani Warga Kota Pasuruan

Program Smart City atau Kota Cerdas membuat kerja pemerintah menjadi lebih efisien, termasuk dengan cepat dapat merespon berbagai keluhan masyarakat. Seperti yang dilakukan Pemerintah Kota Pasuruan dengan aplikasi e-Sambat.

Smart City di Surabaya Bukan Sekadar Urusan Aplikasi

Ada enam faktor pendukung terciptanya smart city di Kota Surabaya, Jawa Timur. Program ini bukan sekadar urusan aplikasi, namun juga untuk memberdayakan UMKM.

Terinspirasi Jack Ma, Khofifah Dorong UMKM Masuk ke Dunia Digital

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa sejak awal berupaya agar usaha mikro kecil menengah diberikan peluang melalui digitalisasi sistem. Ia terinspirasi Jack Ma, pemilik Alibaba Group, perusahaan e-commerce terbesar di Tiongkok.

Ketum AMSI: Kebutuhan Publik Zaman Now Bukan Hanya Hard News

Media massa digital atau dalam jaringan sudah harus mulai meninggalkan pola pikir konservatif dan konvensional. Masyarakat tak hanya butuh berita keras (hard news), tapi juga informasi keseharian.

Target Pemerintah: 6,1 Juta UMKM On Boarding Setiap Tahun

Usaha mikro kecil menengah di daerah membutuhkan teknologi digital untuk berkembang di era pandemi.

TERPOPULER

Tentang Korupsi Sektor Publik

Sebenarnya fenomena korupsi sektor publik terjadi di hampir semua Negara. Bukan hanya di Indonesia yang masuk dalam kategori negara yang belum mapan secara ekonomi. Namun korupsi sektor publikpun terjadi di negara yang sangat mapan perekonomiannya seperti Saudi Arabia.