Bela Tito Karnavian, Bamsoet Ingatkan Tidak Terpengaruh Rumor Dugaan Suap

JAKARTA, SERUJI.CO.ID – Ketua DPR RI Bambang Soesatyo mengingatkan Kapolri Jenderal Tito Karnavian agar jangan terpengaruh rumor soal dugaan menerima suap dari pengusaha Basuki Hariman.

“Pak Tito agar tetap fokus bekerja sesuai tugas pokok dan fungsi sebagai Kapolri,” kata Bambang Soesatyo di Jakarta, Kamis (11/10).

Bambang Soesatyo yang akrab disapa Bamsoet berharap Kapolri tetap fokus bekerja karena kinerja Korps Bhayangkara makin positif.

Bamsoet menjelaskan, Polri sudah menelusuri rumor soal Tito Karnavian menerima dana dengan memeriksa Basuki Hariman.

Hasil pemeriksaan tersebut sudah dijelaskan oleh Kadiv Humas Polri Irjen Pol Setyo Wasisto kepada pers, bahwa Basuki Hariman tidak pernah memberikan dana kepada Tito Karnavian ketika Tito mendududki jabatan sebagai Kapolda Metro Jaya.

Baca juga BW Tantang KPK Periksa Tito Karnavian Atas Dugaan Suap dari Basuki Hariman

Mantan ketua Komisi III DPR RI itu menambahkan, pimpinan KPK juga sudah memberikan penjelasan secara gamblang bahwa tidak ada bukti Tito Karnavia menerima dana dari Basuki Hariman.

Ketua KPK Agus Rahardjo, kata Bamsoet, bahkan sudah menjelaskan tentang kesulitan lembaganya dalam membuktikan dugaan itu.

“Kita tentu percaya integritas KPK dalam menangani kasus hukum. Jika tidak ada bukti yang kuat, tidak mungkin KPK bisa melanjutkan proses hukum,” katanya.

Politisi Partai Golkar ini juga merujuk pada persidangan terhadap Basuki maupun stafnya, Ng Fenny. Dalam proses persidangan terhadap keduanya juga tidak ada fakta hukum yang menguatkan dugaan Tito menerima uang dari Basuki sehingga Kapolri  dan jajarannya tidak perlu menghabiskan banyak energi menanggapi isu ini.

“Masih banyak pekerjaan rumah lebih penting yang perlu diselesaikan oleh Polri,” kata Bamsoet.

Bamsoet juga mengingatkan, Polri saat ini memiliki pekerjaan pengamanan event kelas dunia, antara lain, Pertemuan Tahunan IMF dan Bank Dunia di Bali serta Asian para Games 2018 di Jakarta.

Baca juga: IndonesiaLeaks: Buku Merah Rusak, BAP Hilang, dan Munculnya Nama Tito Karnavian

Polri juga menghadapi persiapan Natal 2018 dan Tahun Baru 2019. Bahkan, Polri memiliki tugas berat mengamankan Pemilu 2019.

“Jangan sampai isu ini membuat semangat Polri mengendur. Rakyat menaruh harapan besar kepada Polri untuk mewujudkan ketertiban dan keamanan masyarakat,” kata Bamsoet.

Bamsoet juga mengutip hasil survei dari lembaga survei ternama yang menenunjukkan kinerja Polri di bawah kepemimpinan Tito Karnavian terus meningkat signifikan. Tingkat kepercayaan publik terhadap Polri juga membaik.

“Dari hasil survei menyimpulkan, tingkat kepercayaan publik terhadap Polri pada Oktober 2017 adalah 63,2 persen, sedangkan pada Juni 2018 meningkat menjadi 82,9 persen. Tingkat kepercayaan publik terhadap Polri saat ini yang tertinggi sejak era reformasi dari tahun 1999,” kata Bamsoet.

Baca juga: Polri: Dua Mantan Penyidik KPK Tidak Terbukti Robek Barang Bukti Buku Merah

Bahkan, lembaga survei internasional Gallup melalui Global Law and Order Survey 2018 menempatkan, Indonesia pada peringkat kesembilan negara teraman di dunia. Ada  69 persen dari 148.000 responden di 142 negara yang percaya bahwa Polri mampu menjaga keamanan Indonesia.

Karena itu, Bamsoet menganggap, tudingan miring kepada Tito Karnavian ibarat pohon yang tinggi akan terus diterpa angin.

“Kapolri Tito Karnavian harus menjadikan kejadian ini sebagai pelecut. Bukannya malah patah semangat,” katanya. (Ant/SU01)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Tragedi Lion Air JT-610: Momentum Peningkatan Kesadaran Hukum Keselamatan Penerbangan

Hasil penelitian penyebab kecelakaan penerbangan yang dilakukan Komisi Nasional Kecelakaan Transportasi (KNKT) hanya merupakan masukan secara tertutup kepada Pemerintah sebagai bahan evaluasi untuk pencegahan antisipasi agar tidak terulang lagi penyebab kecelakaan yang sama.

Modernisasi di Sana Dimulai Dengan Pajak Untuk Pria Yang Berjenggot

Para pria dianjurkan tidak berjenggot. Bagi yang bersikeras tetap berjenggot, mereka dikenakan pajak, sesuai dengan status sosial dan profesi.. Lama saya terdiam mengenang tokoh yang begitu terobsesi membaratkan negaranya: Peter the Great. Soal jenggotpun, ia atur.

Inilah 4 Keuntungan Membeli Apartemen Tipe Studio

Tinggal di apartemen saat ini sudah menjadi gaya hidup. Lokasi yang strategis dan ditunjang dengan berbagai fasilitas kemudahan menyebabkan banyak masyarakat urban, khususnya para eksekutif muda tertarik untuk tinggal di hunian vertikal.

Aksi Solidaritas Jurnalis-Aktivis di Pengadilan Tinggi Kalsel: Diananta Tidak Sendiri

Para aktivis dan jurnalis terus menggelar aksi solidaritas untuk mantan Pemred Banjarhits, Diananta Putera Sumedi yang disidang sebab menulis berita konflik lahan masyarakat adat versus perusahaan.

Masuki Masa Transisi New Normal, AMSI Jatim Keluarkan 7 Poin Imbauan

Mencermati perkembangan penyebaran Covid-19 di masa transisi New Normal yang semakin meningkat, AMSI Jawa Timur, mengeluarkan 7 poin imbauan.

CFD Kembali Ditiadakan, Fahira: Review dan Evaluasi Kunci Jakarta Kendalikan Covid-19

Senator DKI Jakarta Fahira Idris mengapresiasi keputusan Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta yang kembali meniadakan sementara kegiatan car free day (CFD).

Inilah 5 Kota Yang Jadi Incaran Calon Pembeli Rumah Saat Pandemi Covid-19

Pandemi corona telah mengubah wajah bisnis tanah air, termasuk sektor properti. Jika dulu orang membeli rumah harus datang ke lokasi proyek, sekarang tidak lagi.

Senator DKI: Pasar Harus Jadi Area Paling Aman dari Penyebaran Corona

Pencegahan penyebaran corona di pasar termasuk pasar tradisional menjadi salah satu langkah strategis dan efektif untuk menahan laju dan menghentikan penularan dan penyebaran Covid-19 di Indonesia

TERPOPULER

Jin Tidak Takut dengan Bacaan Ayat Kursi

Cerita Hamzah Izzulhaq, Pengusaha di Bidang Pendidikan Yang Sukses di Usia Muda

Meski terbilang sukses di usia muda, nyatanya perjuangan Hamzah Izzulhaq tidaklah mudah.

Tiga Budaya Sunda yang Unik, Nomer 1 Sudah Jarang Ditemukan

Semua tradisi dan budaya di Indonesia unik dan mempunyai ciri khas tersendiri. Tak ketinggalan juga budaya Sunda dan segala tradisi yang dijalankan.

Kemcer Di Curug Cipeteuy