Akankah Anies–Ahok Maju Putaran Kedua?

JAKARTA – Proses penghitungan sedang berlangsung, tetapi sejumlah tokoh nasional mempridiksi akan masuk ke putaran kedua. Tidak tanggung-tanggung, selain Wapres Yusuf Kalla, Ketua MPR Zulkifli Hasan memprediksi Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) DKI Jakarta untuk memilih orang nomor satu di ibu kota negara, akan berlangsung dua putaran.

“Dengan melihat saat ini, saya kira Pilkada DKI akan berlangsung dua putaran,” kata Zulkifli di kediamannya di Cipinang, Jakarta, Rabu (15/2).

Kendati demikian, Zulkifli tidak menjelaskan alasan mengapa akan berlangsung dua putaran dan siapa saja calon yang akan melaju ke putaran kedua di pemilihan kepala daerah tersebut.

“Ya pokoknya dua putaranlah,” ujarnya.

Sementara seperti diberitakan SERUJI tadi pagi  Wapres JK mengatakan hal yang sama. “Semua berharap satu putaran, tapi sepertinya ini dua putaran, tidak apa-apa kan ada aturannya,” kata Wapres RI usai mencoblos di Tempat Pemungutan Suara (TPS) 03 Kelurahan Pulo, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Rabu.

Lantas siapakah yang akan melaju ke putaran kedua diantara tiga calon , yakni Agus Harimurti Yudhoyono-Sylviana Murni, Basuki Tjahaja Purnama-Djarot Saiful Hidayat dan Anies Baswedan-Sandiaga Uno. ?

Beberapa pengamat mempridiksi  kemungkinan pasangan Anies Sandi akan melajut bersaing ke putaran kedua dengan pasangan Ahok-Djarot.

Burhanuddin Muhtadi memetakan, kekuatan calon kedua (Ahok-Djarot) yang solid adalah kader PDI-P, sementara dukungan Nasdem dan Hanura tidak maksimal, karena dilapis bawah, pecah kemana-mana. Sementara, calon Satu (Agus-Silvy) masih dominan hanya Partai Demokrat yang mesin politiknya jalan. Sementara partai pendukungnya hanya solid ditingkat elit, sedang dilevel bawah tidak solid.

“Beda dengan Anies-Sandi. Karena Sandi adalah Wakil Ketua  Partai Gerindra, maka partai ini solid dukung pasangan ini. Bahkan PKS yang pemilihnya dikenal Sami’na Wa Atho’na, (kami mendengar dan kami taat, red), hampir 80 persen mendukung penuh Calonnya. Disini Anies-Sandi diuntungkan, “ tegasnya dalam analisa di TV-One, Rabu (15/2) sore ini.

EDITOR : Yus Arza

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Berikut Berbagai Larangan Bagi Penasihat Investasi Yang Diatur dalam Keputusan BPPM

Penasihat Investasi dalam menjalankan kegiatannya harus bersikap hati–hati, dikarenakan terdapat larangan yang harus diperhatikan oleh Penasihat Investasi agar terhindar dari sanksi.

Belajar, Bukan Bersekolah

Akhir pandemi belum juga jelas, satu hal sekarang makin jelas: Gedung-gedung megah persekolahan itu makin tidak relevan jika dipaksakan untuk kembali menampung kegiatan bersekolah lagi. Sekolah harus direposisi. Juga guru.

Bertema “Inovasi Beyond Pandemi”, AMSI Gelar Indonesian Digital Conference 2020

Ketua Umum AMSI, Wenseslaus Manggut mengatakan IDC yang digelar AMSI bertujuan untuk melihat sejauh mana berbagai sektor melakukan inovasi di tengah pandemi Covid-19 dan seperti apa ke depan.

Cek Fakta: Debat Pilkada Tangsel, Seluruh Paslon Minim Paparkan Data

Debat pemilihan umum kepala daerah (pilkada) Tangerang Selatan (Tangsel) membeberkan program kerja yang dimiliki para peserta. Sayangnya, dalam debat tersebut masing-masing pasangan calon (paslon) lebih banyak bicara dalam tatanan konsep.

PasarLukisan.com Gelar Pameran Lukisan Virtual Karya Pelukis dari Berbagai Daerah

"Ini adalah solusi yang diharapkan akan memecahkan kebekuan kegiatan kesenian, khususnya pameran seni rupa, akibat pandemi yang belum kunjung berakhir," kata M. Anis,

Paman Donald dan Eyang Joe

Banyak yang usil menyamakan pilpres Amerika dengan Indonesia, termasuk kemungkinan Biden akan mengajak Trump bertemu di MRT dan menawarinya menjadi menteri pertahanan.

Berikut Berbagai Larangan Bagi Penasihat Investasi Yang Diatur dalam Keputusan BPPM

Penasihat Investasi dalam menjalankan kegiatannya harus bersikap hati–hati, dikarenakan terdapat larangan yang harus diperhatikan oleh Penasihat Investasi agar terhindar dari sanksi.

TERPOPULER