Akankah Anies–Ahok Maju Putaran Kedua?

0
109
Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok (kiri) dan Anies Baswedan (kakan).

JAKARTA – Proses penghitungan sedang berlangsung, tetapi sejumlah tokoh nasional mempridiksi akan masuk ke putaran kedua. Tidak tanggung-tanggung, selain Wapres Yusuf Kalla, Ketua MPR Zulkifli Hasan memprediksi Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) DKI Jakarta untuk memilih orang nomor satu di ibu kota negara, akan berlangsung dua putaran.

“Dengan melihat saat ini, saya kira Pilkada DKI akan berlangsung dua putaran,” kata Zulkifli di kediamannya di Cipinang, Jakarta, Rabu (15/2).

Kendati demikian, Zulkifli tidak menjelaskan alasan mengapa akan berlangsung dua putaran dan siapa saja calon yang akan melaju ke putaran kedua di pemilihan kepala daerah tersebut.

“Ya pokoknya dua putaranlah,” ujarnya.

Sementara seperti diberitakan SERUJI tadi pagi  Wapres JK mengatakan hal yang sama. “Semua berharap satu putaran, tapi sepertinya ini dua putaran, tidak apa-apa kan ada aturannya,” kata Wapres RI usai mencoblos di Tempat Pemungutan Suara (TPS) 03 Kelurahan Pulo, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Rabu.

Lantas siapakah yang akan melaju ke putaran kedua diantara tiga calon , yakni Agus Harimurti Yudhoyono-Sylviana Murni, Basuki Tjahaja Purnama-Djarot Saiful Hidayat dan Anies Baswedan-Sandiaga Uno. ?

Beberapa pengamat mempridiksi  kemungkinan pasangan Anies Sandi akan melajut bersaing ke putaran kedua dengan pasangan Ahok-Djarot.

Burhanuddin Muhtadi memetakan, kekuatan calon kedua (Ahok-Djarot) yang solid adalah kader PDI-P, sementara dukungan Nasdem dan Hanura tidak maksimal, karena dilapis bawah, pecah kemana-mana. Sementara, calon Satu (Agus-Silvy) masih dominan hanya Partai Demokrat yang mesin politiknya jalan. Sementara partai pendukungnya hanya solid ditingkat elit, sedang dilevel bawah tidak solid.

“Beda dengan Anies-Sandi. Karena Sandi adalah Wakil Ketua  Partai Gerindra, maka partai ini solid dukung pasangan ini. Bahkan PKS yang pemilihnya dikenal Sami’na Wa Atho’na, (kami mendengar dan kami taat, red), hampir 80 persen mendukung penuh Calonnya. Disini Anies-Sandi diuntungkan, “ tegasnya dalam analisa di TV-One, Rabu (15/2) sore ini.

EDITOR : Yus Arza

loading...

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

BACA JUGA
Mochamad Iriawan

Terungkap Pengusul Iriawan Sebagai Pj Gubernur Jabar, Mendagri: Presiden Jokowi

BANDUNG, SERUJI.CO.ID - Teka-teki siapa pengusul Komisari Jendral Polisi M. Iriawan sebagai Pejabat Gubernur Jawa Barat, menggantikan Ahmad Heryawan, terjawab saat pelantikan Iriawan yang...

Satpam Sekolah Gagalkan Pencurian Laptop

PONOROGO, SERUJI.CO.ID - Satpam SMPN 2 Jetis, Marni menggagalkan pencurian "laptop" atau komputer jinjing yang dilakukan dua orang tersangka, Randy dan Dika keduanya warga Kabupaten...

Abrasi Laut Ancam Wisata Tanjung Lesung

BANTEN, SERUJI.CO.ID - Abrasi air laut berpotensi mengancam puluhan meter jalan utama menuju destinasi wisata Tanjung Lesung, Kabupaten Pandeglang, Provinsi Banten, yang menjadi pilihan favorit...

Tahan Imbang Brazil 1-1, Pelatih: Jangan Remehkan Swiss

ROSTOV ON DON, SERUJI.CO.ID - Pelatih Swiss Vladimir Petkovic mengatakan timnya sepantasnya mendapatkan pengakuan lebih banyak setelah berhasil menahan imbang juara lima kali Brazil 1-1...

Jepang Diguncang Gempa, 2 Orang Tewas

TOKYO, SERUJI.CO.ID -  Seorang pria tua dan gadis muda tewas, dengan beberapa orang lain juga akibat henti jantung , setelah bangunan-bangunan runtuh dalam gempa berkekuatan...