Ahok Kalah Telak Diseluruh TPS yang Berada di Wilayah FPI

JAKARTA – Pasangan petahana di Pilakada DKI Jakarta 2017 putaran kedua, Basuki Tjahaja Purnama (Ahok)-Djarot Syaiful Hidayat, kalah telak di sejumlah TPS di wilayah Front Pembela Islam (FPI), Petamburan, Jakarta Pusat.

Dari empat TPS yang dipantau SERUJI pada Rabu (19/4) Ahok hanya menang di satu TPS, dengan selisih tipis. Selebihnya, perolehan suara pasangan Anis Baswedan-Sandiaga Uno unggul telak.

Di TPS 10, Ahok-Djarot hanya memperoleh 78 suara,sedang Anis-Sandi 577 suara dari 658 pemilih yang menggunakan haknya sementara tiga kertas suara dinyatakan tidak sah. Di TPS 17 tempat Habib Rizieq Syihab mencoblos, Ahok unggul 286 suara, sementara Anies-Sandi mendapat 250 suara, dan 11 suara tidak sah dari 547 pemilih yang menggunakan haknya.

Sementara itu di TPS 25, Ahok memperoleh 128 suara, jauh tertinggal dari pasangan Anies-Sandi yang meraup 366 suara dari 495 pemilih. Sebanyak dua surat suara dinyatakan tidak sah di TPS ini.

Kemenangan sangat telak juga diperoleh Anies-Sandi di TPS 18 dengan perolehan 407 suara, sementara Ahok-Djarot hanya meraih 31 suara dari 438 warga yang menggunakan hak pilihnya dan sebanyak empat kertas suara dinyatakan tidak sah.

Terkait dengan kemenangan Ahok di TPS 17, Warga mengatakan hal itu disebabkan tempat dimana TPS berada merupakan basis non Muslim.

“Jadi, kalau di TPS ini Ahok menang, ya, wajar,” kata Jazuli, warga setempat.

Selain itu, kalahnya suara pasangan nomor urut tiga, di TPS 17 yang berada di kawasan Gereja Bethel Indonesia (GBI), disebabkan adanya kebijakan penggabungan Petamburan 3 dan 5 ke TPS 17 pada Pilkada 2017. Akibat penggabungan ini jumlah pemilih non Muslim jauh lebih banyak dari Muslim. Dalam pilkada sebelumnya, pemilih di Petamburan 3 dan Petamburan 5 memiliki TPS sendiri.

Suasana penghitungan suara yang dimulai pada pukul 13:00 WIB,sangat tertib namun semarak. Setiap pasangan Anies-Sandi mendapat suara, ada saja warga yang meneriakkan: “Takbir!” Dan dibalas warga lain dengan “Allahu Akbar!”.

 

CJ: Maman Rohman

2 KOMENTAR

  1. Alhamdulillah. Dan saya meyakini perolehan suara Anis-Sandi diatas 50% merupakan buah dari kejujuran. Tapi perolehan suara Ahok-Basuki diatas 40% sebagian besar merupakan hasil dari kecurangan.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Pasca Kecelakaan Tulang Belakang, Kaki Sering Nyeri dan Perih, Apa Sebabnya?

Pada 16 tahun yang lalu saya pernah kecelakaan dan tiga ruas tulang belakang remuk. 3 bulan awal kaki kiri saya tidak bisa berjalan, 6 bulan berikutnya sudah bisa jalan walaupun tidak sekuat kaki kanan, sampai sekarang.

Inilah 4 Keuntungan Membeli Apartemen Tipe Studio

Tinggal di apartemen saat ini sudah menjadi gaya hidup. Lokasi yang strategis dan ditunjang dengan berbagai fasilitas kemudahan menyebabkan banyak masyarakat urban, khususnya para eksekutif muda tertarik untuk tinggal di hunian vertikal.

Aksi Solidaritas Jurnalis-Aktivis di Pengadilan Tinggi Kalsel: Diananta Tidak Sendiri

Para aktivis dan jurnalis terus menggelar aksi solidaritas untuk mantan Pemred Banjarhits, Diananta Putera Sumedi yang disidang sebab menulis berita konflik lahan masyarakat adat versus perusahaan.

Masuki Masa Transisi New Normal, AMSI Jatim Keluarkan 7 Poin Imbauan

Mencermati perkembangan penyebaran Covid-19 di masa transisi New Normal yang semakin meningkat, AMSI Jawa Timur, mengeluarkan 7 poin imbauan.

CFD Kembali Ditiadakan, Fahira: Review dan Evaluasi Kunci Jakarta Kendalikan Covid-19

Senator DKI Jakarta Fahira Idris mengapresiasi keputusan Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta yang kembali meniadakan sementara kegiatan car free day (CFD).

Inilah 5 Kota Yang Jadi Incaran Calon Pembeli Rumah Saat Pandemi Covid-19

Pandemi corona telah mengubah wajah bisnis tanah air, termasuk sektor properti. Jika dulu orang membeli rumah harus datang ke lokasi proyek, sekarang tidak lagi.

Senator DKI: Pasar Harus Jadi Area Paling Aman dari Penyebaran Corona

Pencegahan penyebaran corona di pasar termasuk pasar tradisional menjadi salah satu langkah strategis dan efektif untuk menahan laju dan menghentikan penularan dan penyebaran Covid-19 di Indonesia

TERPOPULER