Ahli Dalam Ekonomi Syariah, KH Ma’ruf Didukung Kembangkan Ekonomi Umat

JAKARTA, SERUJI.CO.ID – Ketua Bidang Informasi dan Komunikasi Majelis Ulama Indonesia (MUI) Masduki Baidlowi mendukung KH Ma`ruf Amin untuk mengembangkan ekonomi melalui jalur politik sebagaimana saat ini tokoh PBNU itu masuk arena persaingan perpolitikan nasional.

“Secara moral kami mendukung Kiai Ma`ruf untuk ekonomi umat,” kata Masduki yang juga Wasekjen PB Nahdlatul Uama saat ditemui di Mekkah, sebagaimana dilansir Antara, Jumat (17/8).

Kendati demikian, secara kelembagaan MUI tidak ikut masuk dalam arena perpolitikan secara langsung. Hanya saja KH Ma`ruf merupakan seorang ulama yang ahli dalam ekonomi, terutama terkait syariah.

Menurut dia, Rais Aam PBNU tersebut memiliki kelayakan untuk ikut mengembangkan ekonomi umat dan nasional melalui jalur pemerintahan dengan masuk bursa pemilihan presiden-wakil presiden dengan duetnya bersama petahana Presiden Jokowi.

Masduki juga belum bisa memastikan status posisi KH Ma`ruf Amin sebagai Ketua Umum MUI usai menerima pinangan Jokowi untuk mendampingi menjadi cawapres. Kemungkinan dalam waktu dekat hal itu akan dibahas oleh forum internal MUI.

Dalam satu kesempatan usai mendarat di Tanah Suci, diinformasikan KH Ma`ruf enggan berkomentar banyak ke media selama di Tanah Suci. Ia akan berinteraksi dengan media untuk memberi komentar soal isu terkini setelah selesai menjalankan ibadah haji.

KH Ma`ruf Amin sendiri dikenal sebagai salah seorang yang ahli dalam ekonomi syariah. Ia adalah salah seorang yang turut mempelopori lahirnya ekonomi syariah yang menjadi alternatif ekonomi konvensional.

Di ranah perbankan, ia juga tercatat turut menggelorakan semangat ekonomi syariah hingga pada tahun 1990-an bisa lahir bank syariah pertama di Indonesia.

Selain itu, KH Ma’ruf juga getol mempromosikan ekonomi keagamaan hingga turut membidani munculnya unit khusus di Bank Indonesia yang khusus mengurusi perbankan dan ekonomi syariah. Kini, sistem perbankan di Indonesia menganut dwi sistem yaitu konvensional dan syariah.

Singkat kata, Masduki menyebut KH Ma`ruf sangat menonjol dari sisi latar belakangnya sebagai ahli ekonomi sehingga bisa menjadi modal untuk memperbaiki perekonomian nasional agar lebih menggeliat.

KH Ma`ruf Amin sendiri saat ini sedang berada di Tanah Suci untuk menunaikan ibadah haji sekaligus menjadi khatib wukuf di Padang Arafah atas undangan dari salah satu biro perjalanan ibadah haji khusus terkemuka. (Hrn)

ARTIKEL TERBARU

Demikian Mudah Dikenali Sebagai Hoaks, Info 7 Kontainer Surat Suara Masih Telan “Korban”

Yang membuat saya heran, kenapa para politisi, terutama yang menyebarkan info hoaks ini di akun media sosial (walau dalam bentuk tanya sekalipun) tidak mengenali bahwa info ini adalah hoaks?

Mengenal Lebih Dekat Komisi Anti Korupsi Hongkong

Hubungan persahabatan antara KPK dan ICAC telah terjalin dengan baik selama dua tahun terakhir. Kerjasama kedua lembaga anti rasuah tersebut sebagian besar menyangkut peningkatan kapasitas KPK, terutama dibidang akuntansi forensik, pemulihan aset, dan tehnik investigasi.

Gus Ipul Mentransformasi Kota Pasuruan Menuju Smart City

Pemerintah cerdas adalah pemerintah yang mampu menggunakan teknologi untuk melayani masyarakat secara lebih cepat, lebih murah sekaligus lebih terukur. Dinamika perkembangan teknologi juga berpengaruh terhadap kebutuhan dan harapan masyarakat terhadap pelayanan.

E-Sambat, Cara Gus Ipul Manfaatkan Teknologi Digital untuk Layani Warga Kota Pasuruan

Program Smart City atau Kota Cerdas membuat kerja pemerintah menjadi lebih efisien, termasuk dengan cepat dapat merespon berbagai keluhan masyarakat. Seperti yang dilakukan Pemerintah Kota Pasuruan dengan aplikasi e-Sambat.

Smart City di Surabaya Bukan Sekadar Urusan Aplikasi

Ada enam faktor pendukung terciptanya smart city di Kota Surabaya, Jawa Timur. Program ini bukan sekadar urusan aplikasi, namun juga untuk memberdayakan UMKM.

Terinspirasi Jack Ma, Khofifah Dorong UMKM Masuk ke Dunia Digital

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa sejak awal berupaya agar usaha mikro kecil menengah diberikan peluang melalui digitalisasi sistem. Ia terinspirasi Jack Ma, pemilik Alibaba Group, perusahaan e-commerce terbesar di Tiongkok.

Ketum AMSI: Kebutuhan Publik Zaman Now Bukan Hanya Hard News

Media massa digital atau dalam jaringan sudah harus mulai meninggalkan pola pikir konservatif dan konvensional. Masyarakat tak hanya butuh berita keras (hard news), tapi juga informasi keseharian.

Target Pemerintah: 6,1 Juta UMKM On Boarding Setiap Tahun

Usaha mikro kecil menengah di daerah membutuhkan teknologi digital untuk berkembang di era pandemi.

TERPOPULER

Ghazwul Fikri dan Media

Jin Tidak Takut dengan Bacaan Ayat Kursi

Cerita Hamzah Izzulhaq, Pengusaha di Bidang Pendidikan Yang Sukses di Usia Muda

Meski terbilang sukses di usia muda, nyatanya perjuangan Hamzah Izzulhaq tidaklah mudah.