Aceh Siap Tampung Pengungsi Rohingya

LHOKSEUMAWE – Pemerintah Kabupaten Aceh Utara, Provinsi Aceh, siap menampung pengungsi Rohingya apabila kembali terdampar di pesisir perairan daerah itu.

Wakil Bupati Aceh Utara Fauzi Yusuf di Lhokseumawe mengatakan pihaknya siap menerima apabila ada imigran Rohingya yang terdampar, seperti sebelumnya pada pertangahan tahun 2015 lalu.

“Kita pernah menampung mereka saat terdampar di perairan Aceh Utara. Namun apabila mereka kembali terdampar di perairan Aceh Utara akibat konflik di Myanmar, dengan tangan terbuka kita terima mereka,” ungkap Fauzi di Lhokseumawe, Selasa (5/9)

Wabup menjelaskan alasan terbukanya sikap Pemkab tersebut selain didasarkan atas rasa kemanusian, juga fakta etnis Rohingya yang juga muslim, sehingga patut dibantu dan dilayani sebagaimana mestinya.

Lanjut Wakil Bupati, meskipun Pemkab Aceh Utara menerima dengan tangan terbuka, pihaknya juga akan selalu berkoordinasi dengan instansi terkait terhadap keberadaan imigran asing.

“Kita terbuka dan membantu apabila ada imigran Rohingya yang kembali terdampar di Aceh Utara, namun kita tetap berkoordinasi dengan instansi terkait seperti imigrasi dan juga Muspida Aceh Utara,” jelas Fauzi.

Terkait keberadaan shelter penampungan Rohingya di Blang Adoe, Aceh Utara, yang pernah menampung imigran Rohingya pada 2015-2016, menurut dia kemungkinan akan kembali digunakan sebagai tempat penampungan sementara, apabila ada imigran Rohingya yang terdampar.

Sementara mengenai keberadan beberapa kepala keluarga yang kini menempati shelter tersebut, Wakil Bupati mengatakan keberadaan warga tersebut untuk menjaga asset yang ada agar tetap terjaga dan terawat. (Ant/Hrn)

2 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Menggugat Kepedulian Mahasiswa Atas Nasib Bangsa

Publik saat ini bertanya-tanya, apakah Mahasiswa Indonesia dan juga Organisasi Mahasiswa terutama yang bersifat eksternal kampus seperti HMI, GMKI, GMNI,PMKRI, PMII, IMM, KAMMI dan berbagai Ormawa lainnya masih ada?

Inilah 4 Keuntungan Membeli Apartemen Tipe Studio

Tinggal di apartemen saat ini sudah menjadi gaya hidup. Lokasi yang strategis dan ditunjang dengan berbagai fasilitas kemudahan menyebabkan banyak masyarakat urban, khususnya para eksekutif muda tertarik untuk tinggal di hunian vertikal.

Aksi Solidaritas Jurnalis-Aktivis di Pengadilan Tinggi Kalsel: Diananta Tidak Sendiri

Para aktivis dan jurnalis terus menggelar aksi solidaritas untuk mantan Pemred Banjarhits, Diananta Putera Sumedi yang disidang sebab menulis berita konflik lahan masyarakat adat versus perusahaan.

Masuki Masa Transisi New Normal, AMSI Jatim Keluarkan 7 Poin Imbauan

Mencermati perkembangan penyebaran Covid-19 di masa transisi New Normal yang semakin meningkat, AMSI Jawa Timur, mengeluarkan 7 poin imbauan.

CFD Kembali Ditiadakan, Fahira: Review dan Evaluasi Kunci Jakarta Kendalikan Covid-19

Senator DKI Jakarta Fahira Idris mengapresiasi keputusan Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta yang kembali meniadakan sementara kegiatan car free day (CFD).

Inilah 5 Kota Yang Jadi Incaran Calon Pembeli Rumah Saat Pandemi Covid-19

Pandemi corona telah mengubah wajah bisnis tanah air, termasuk sektor properti. Jika dulu orang membeli rumah harus datang ke lokasi proyek, sekarang tidak lagi.

Senator DKI: Pasar Harus Jadi Area Paling Aman dari Penyebaran Corona

Pencegahan penyebaran corona di pasar termasuk pasar tradisional menjadi salah satu langkah strategis dan efektif untuk menahan laju dan menghentikan penularan dan penyebaran Covid-19 di Indonesia

TERPOPULER

Jin Tidak Takut dengan Bacaan Ayat Kursi

Cerita Hamzah Izzulhaq, Pengusaha di Bidang Pendidikan Yang Sukses di Usia Muda

Meski terbilang sukses di usia muda, nyatanya perjuangan Hamzah Izzulhaq tidaklah mudah.

Tiga Budaya Sunda yang Unik, Nomer 1 Sudah Jarang Ditemukan

Semua tradisi dan budaya di Indonesia unik dan mempunyai ciri khas tersendiri. Tak ketinggalan juga budaya Sunda dan segala tradisi yang dijalankan.

Kemcer Di Curug Cipeteuy