Wali Kota Malang: Jadilah Pencetak Lapangan Kerja

0
74
abah anton
Walikota Malang Moch Anton atau yang akrab disapa Abah Anton.

MALANG, SERUJI.CO.ID –  Wali Kota Malang Moch Anton menyarankan anak-anak muda di wilayahnya menjadi pencetak lapangan kerja, bukan pencari kerja.

“Kita akan menerima bonus demografi. Kondisi ini bisa positif dan bisa negatif bila tidak dikelola dengan baik. Oleh karenanya kepada generasi muda saya tekankan jangan hanya sebatas sebagai pencari kerja, tapi jadilah pencetak lapangan kerja,” kata Moch Anton di hadapan forum temu bisnis di gedung Smesco Jakarta, Sabtu (9/12) malam.

Anton mengemukakan anak-anak muda di Kota Malang sudah bertransformasi ke arah sana (pencetak lapangan kerja). Hal ini dibuktikan dengan makin banyaknya ekonomi kreatif dan wirausaha baru dari kalangan generasi millenia.

Loading...

Kondisi itu juga terpotret dari data statistik yang mencatat penurunan angka pengangguran terbuka di Kota Malang, dari 43,62 persen menjadi 29,60 persen. Ini terkontribusi dari tumbuh dan berkembangnya ekonomi kreatif di kota pendidikan itu.

Di hadapan Menteri Koperasi (Menkop) dan UKM Anak Agung Gede Ngurah Puspayoga, Duta Koperasi Dedi Gumelar dan Dewi Motik, pengurus KADIN dan HIPMI, Wali Kota Anton menyampaikan stabilitas ekonomi Kota Malang dan kelaikan usaha.

Kelaikan usaha tersebut di antaranya tergambar dari Indeks Pembangunan Manusia (IPM) mencapai 80,46 persen, pertumbuhan ekonomi 5,6 persen serta laju inflasi yang di bawah angka 3 persen.

Tak hanya Anton, anggota Komisi X DPR RI Anang Hermansyah pun meyakinkan hadirin bahwa Kota Malang adalah kota layak untuk berusaha.

“Bisnis Anang Karaoke pertama kali didirikan di Kota Malang, bahkan karaoke keluarga ini yang memelopori pembayaran royalti untuk lagu-lagu yang dibawakan di layanan Anang Karaoke,” kata Anang.

Menurut Anang, pertimbangannya Arek arek (anak-anak) Malang adalah arek yang menghargai musik dan karakter akademisnya sangat tinggi. Ia mengaku tidak salah pilihan untuk menjadikan Kota Malang sebagai prototipe usahanya yang sekarang sudah berkembang di 10 kota lainnya.

Itu semua, kata Anang, karena distimulus prospek bisnis di Kota Malang, bahkan sekarang bisnis suami Ashanty itu mulai ekspansi ke ranah yang lain, yakni bisnis kue A Six di Bumi Arema.

Langganan berita lewat Telegram
loading...

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

BERITA PILIHAN

TERBARU