Lembaga Keuangan Diminta Ikut Kembangkan UMKM Jateng


SEMARANG, SERUJI.CO.ID – Berbagai lembaga keuangan diminta ikut berperan aktif mengembangkan usaha mikro, kecil, dan menengah, atau UMKM yang tersebar di Provinsi Jawa Tengah.

“Salah satu persoalan yang dihadapi para pelaku UMKM adalah keterbatasan modal, kalau memang layak untuk mendapatkan pinjaman modal dari lembaga keuangan, ayo kita bantu, jangan dipersulit,” kata Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Tengah Sri Puryono di Semarang, Rabu (21/2).

Ia menyebutkan, saat ini banyak UMKM yang “feasible”, tapi belum “bankable” sehingga kesulitan mendapatkan pinjaman modal dari perbankan maupun lembaga keuangan lainnya.

Menurut Sekda, para pelaku UMKM harus dibantu untuk mendapatkan akses permodalan agar usahanya terus berkembang dan berdampak pada penyerapan tenaga kerja, serta mengurangi angka pengangguran dan kemiskinan.

“Upaya pengembangan industri jasa keuangan tidak hanya fokus pada sektor keuangan, tapi harus diawali dengan pemberdayaan ekonomi, baik mikro, kecil, menengah, maupun ekonomi skala besar, terlebih di Jateng yang menjadi daya ungkit pertumbuhan ekonomi adalah sektor UMKM,” ujarnya.

Tidak hanya terkait permodalan, kata Sekda, pengembangan UMKM juga harus memperhatikan sumber daya manusia sehingga Dinas Koperasi dan UMKM diharapkan semakin menggencarkan pelatihan dan pendampingan terhadap para pelaku UMKM.

“Tidak kalah penting adalah mengawal pemasaran produk supaya usaha tidak bangkrut karena bisa produksi tapi tidak mampu memasarkan,” katanya. (Ant/SU03)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Breaking News: Akhirnya, Presiden Jokowi Putuskan Tes Massal Covid-19

Tidak mengambil kebijakan Lockdown, Presiden Jokowi akhirnya lebih memilih melakukan tes massal Covid-19.

Tahukah Anda, Berwudhu Dapat Kurangi Risiko Tertular Virus Corona?

Berwudhu merupakan kegiatan yang tak bisa dipisahkan dari muslim.. Tahukah anda bahwa berwudhu bisa mengurangi resiko tertular virus Corona?

Cegah Kepanikan, AMSI Imbau Media Kedepankan Kode Etik dalam Pemberitaan Wabah Corona

Wens menjelaskan beberapa langkah yang harus dilakukan media-media anggota AMSI dalam pemberitaan terkait virus Covid-19 tersebut.

Fahira: Milenial Butuh Teladan, Bukan Tik Tok untuk Membumikan Pancasila

"Membumikan Pancasila secara populer sah-sah saja, tetapi yang dibutuhkan millenial saat ini bukan itu. Milenial butuh teladan dari para penyelenggara negara dan para pemimpin bangsa," kata Fahira

Begini Ciri Rumah Idaman untuk Pasangan Muda

Beberapa waktu lalu, portal properti Lamudi melakukan survei tentang rumah impian bagi pasangan muda, survei tersebut dilakukan kepada 100 pasangan yang baru menikah. Inilah hunian idaman untuk pasangan muda.....

5 Alasan Kita Perlu Membuat Undangan Pernikahan Digital

Kini era sudah berubah. Kini ada sebuah cara baru untuk mengirim undangan pernikahan. Salah satunya adalah dengan memanfaatkan situs desain online, di mana kita bisa menciptakan desain sendiri, juga memanfaatkan Internet untuk mengirimkannya.

TERPOPULER

close