Jamkrida Sumsel Tingkatkan Penjaminan Kredit Pelaku UMKM


PALEMBANG, SERUJI.CO.ID –┬áBadan Usaha Milik Daerah milik Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan, PT Jaminan Kredit Daerah (Jamkrida) berupaya meningkatkan penjaminan kredit pelaku UMKM.

Pada tahun ini ditargetkan 10 ribu penjaminan kredit UMKM lebih banyak dari tahun sebelumnya 7.000 lebih pelaku usaha mikro kecil dan menengah, kata Direktur Utama PT (Jamkrida) Sumatera Selatan Dian Askin Hatta, di Palembang, Selasa (23/1).

Dia menjelaskan keberadaan PT Jamkrida Sumsel sekarang ini semakin dirasakan manfaatnya oleh pelaku UMKM yang selama ini sulit memperoleh pinjaman dari perbankan karena tidak memiliki agunan atau jaminan kredit.

Pelaku UMKM yang membutuhkan dukungan untuk mendapatkan kredit, akan difasilitasi ke sejumlah bank yang menjalin kerja sama dengan PT Jamkrida.

“Beberapa bank dan lembaga keuangan yang bekerja sama untuk memfasilitasi pelaku UMKM memperoleh kredit yakni Bank Sumsel Babel, Bank DKI, BPR Kota Palembang, dan Lembaga Pengelola Dana Bergulir (LPDB),” kata Dian Askin Hatta.

Menurut dia, dengan adanya PT Jamkrida, pelaku UMKM yang serius menjalani usaha dan berupaya melakukan pengembangan tidak perlu khawatir untuk mengajukan pinjaman modal usaha kepada pihak perbankan dan lembaga pengelola dana bergulir (LPDB).

Kegiatan usaha yang selama ini bisa berjalan dengan baik, namun sulit melakukan pengembangan karena keterbatasan modal usaha dan tidak memiliki aset berharga yang bisa dijaminkan untuk mendapatkan kredit, tidak perlu khawatir karena kreditnya akan dijamin perusahaan daerah ini.

Untuk menjamin kredit pelaku UMKM, pada tahun ini dia mengalokasikan dana jaminan kredit sekitar Rp500 miliar.

“Alokasi dana jaminan kredit tersebut akan diupayakan lebih besar lagi, sehingga pelaku usaha mikro kecil dan menengah yang difasilitasi mendapatkan kredit dari perbankan jumlahnya bisa lebih banyak lagi,” ujar Askin. (Ant/SU03)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Pemimpin Belum Lulus

Tragedi Lion JT-610: Urgensi Audit Maskapai Airline untuk Keselamatan Penerbangan

"Secara juridis bila terjadi suatu kecelakaan (accident) pesawat udara dalam kegiatan penerbangan maka Pemerintah juga dapat ditarik menjadi pihak yang harus bertanggungjawab sebagai suatu perbuatan kelalaian dalam melaksanakan kewajiban hukum" -Prof Dr Hasim Purba, SH.MHum

Najmul Akhyar

3 Kunci Sukses Pasarkan Properti Saat Wabah Covid-19

Webinar ini sendiri sengaja diadakan oleh Lamudi untuk membantu para pangembang properti memasarkan produk mereka agar tetap mendapatkan hasil yang maksimal di tengah pandemi corona.

Pasca Kecelakaan Tulang Belakang, Kaki Sering Nyeri dan Perih, Apa Sebabnya?

Pada 16 tahun yang lalu saya pernah kecelakaan dan tiga ruas tulang belakang remuk. 3 bulan awal kaki kiri saya tidak bisa berjalan, 6 bulan berikutnya sudah bisa jalan walaupun tidak sekuat kaki kanan, sampai sekarang.

Breaking News: Akhirnya, Presiden Jokowi Putuskan Tes Massal Covid-19

Tidak mengambil kebijakan Lockdown, Presiden Jokowi akhirnya lebih memilih melakukan tes massal Covid-19.

Tahukah Anda, Berwudhu Dapat Kurangi Risiko Tertular Virus Corona?

Berwudhu merupakan kegiatan yang tak bisa dipisahkan dari muslim.. Tahukah anda bahwa berwudhu bisa mengurangi resiko tertular virus Corona?

Cegah Kepanikan, AMSI Imbau Media Kedepankan Kode Etik dalam Pemberitaan Wabah Corona

Wens menjelaskan beberapa langkah yang harus dilakukan media-media anggota AMSI dalam pemberitaan terkait virus Covid-19 tersebut.

Fahira: Milenial Butuh Teladan, Bukan Tik Tok untuk Membumikan Pancasila

"Membumikan Pancasila secara populer sah-sah saja, tetapi yang dibutuhkan millenial saat ini bukan itu. Milenial butuh teladan dari para penyelenggara negara dan para pemimpin bangsa," kata Fahira

TERPOPULER

close