Cegah Rentenir, Baznas Lebak Gulirkan Permodalan Kube

LEBAK, SERUJI.CO.ID – Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Lebak, Banten menggulirkan permodalan bagi Kelompok Usaha Bersama (Kube) guna mencegah pinjaman dari rentenir.

“Kami telah menyalurkan permodalan pelaku Kube mencapai Rp 600 juta,” kata Ketua Baznas Kabupaten Lebak Pupu Mahpudin, di Lebak, Sabtu (28/10).

Penyaluran penguatan modal tersebut bersifat kredit tanpa bunga dan mereka pelaku Kube membayar angsuran per bulan.

Mereka pelaku ekonomi kreatif masyarakat yang menerima penguatan modal terpaksa dibatasi hanya pada fase atau tahap keempat sebab banyak masyarakat mengantre.

Saat ini, perguliran dana modal usaha bergulir menembus Rp 600 juta dengan 500 lebih anggota atau nasabah.

Para pelaku Kube mereka menerima penguatan modal bervariasi antara Rp 500 ribu sampai Rp 2 juta dan mengembalikan angsuran selama 10 bulan.

“Dengan bantuan modal itu, penerima pinjaman tidak dikenakan bunga,” kata Pupu Mahpudin.

Meski begitu, Baznas tidak menolak jika mereka memberikan infaknya setiap mengangsur pinjaman.

“Semua permodalan yang digulirkan untuk Kube dari dana umat yang mengeluarkan zakat dan infak,” katanya.

Pupu mengatakan dalam proses penerimaan perguliran modal dana Baznas itu pemohon harus tergabung KUBE dan dilengkapi fotokopi identitas KTP dan Kartu Keluarga (KK).

Selain itu, juga harus dilengkapi surat keterangan usaha dari desa/kelurahan, termasuk surat domisili dan maksimal lima anggota.

Pelaku Kube itu diantaranya pedagang warungan, sembako, pedagang asongan, bakulan dan perajin makanan olahan.

Mereka merupakan para debitur dana bergulir itu secara bertahap untuk pinjaman pertama Rp 500 ribu dan keempat Rp 2 juta.

“Kami menyalurkan penguatan modal itu guna mencegah para pelaku usaha ekonomi kreatif masyarakat terjerat rentenir,” katanya menjelaskan.

Dia mengatakan penerimaan ZIS di Lebak sudah mencapai Rp 2,5 miliar hingga September dan kemungkinan tidak akan tercapai target yang ditentukan sebesar Rp 5 miliar.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

BUMN, Pseudo CEO, dan Efek Negatifnya

vonis hakim menunjukkan bahwa sejatinya Karen bukan direktur sesungguhnya. Bukan direktur utama yang sesungguhnya. Bukan CEO. Karen hanyalah seorang direktur semu. Seorang direktur-direkturan.

Demikian Mudah Dikenali Sebagai Hoaks, Info 7 Kontainer Surat Suara Masih Telan “Korban”

Yang membuat saya heran, kenapa para politisi, terutama yang menyebarkan info hoaks ini di akun media sosial (walau dalam bentuk tanya sekalipun) tidak mengenali bahwa info ini adalah hoaks?

Paman Donald dan Eyang Joe

Banyak yang usil menyamakan pilpres Amerika dengan Indonesia, termasuk kemungkinan Biden akan mengajak Trump bertemu di MRT dan menawarinya menjadi menteri pertahanan.

Berikut Berbagai Larangan Bagi Penasihat Investasi Yang Diatur dalam Keputusan BPPM

Penasihat Investasi dalam menjalankan kegiatannya harus bersikap hati–hati, dikarenakan terdapat larangan yang harus diperhatikan oleh Penasihat Investasi agar terhindar dari sanksi.

Sambut Festival Belanja Lajang 11.11, Ecovacs Robotics Beri Promo Diskon Hingga 55%

Perusahaan penyedia Robot Rumah Tangga, ECOVACS ROBOTICS, akan meberikan promos diskon besar-besaran hingga 55% untuk berbagai produk unggulan seperti DEEBOT OZMO T8 AIVI, DEEBOT OZMO T8, dan DEEBOT U2 PRO.

150 Ide Bisnis Terbaik Siap Bersaing dalam DSC XI

Program Initiator DSC XI, Edric Chandra mengungkapkan dii tengah kondisi perekonomian yang masih belum stabil lantaran pandemi COVID-19, semangat gerakan wirausaha justru diterima oleh DSC XI.

Kembali Terjadi, Ratusan Kader Militan PDIP Alihkan Dukungan ke Machfud-Mujiaman

Kader yang tergabung dalam kelompok yang menamakan diri Banteng Ketaton tersebut mendeklarasikan dukungannya pada Ahad (8/11) kemarin di daerah Pandegiling yang dikenal sebagai jantungnya PDI Perjuangan di Surabaya.

Tekan Hoaks Selama Pilkada 2020, AMSI Gelar Cek Fakta di 16 Wilayah

Kegiatan Cek Fakta sebagai bentuk kontribusi AMSI kepada publik dengan memberikan informasi yang bermutu selama masa Pemilihan Kepala Daerah 2020 dan menekan hoaks (mis/disinformasi) yang berpotensi beredar selama berlangsungnya masa kampanye dan Debat Pilkada 2020.

TERPOPULER