BNI Dirikan Rumah Kreatif BUMN di Tual


JAKARTA, SERUJI.CO.ID – PT Bank Negara Indonesia Persero Tbk mendirikan Rumah Kreatif BUMN di Tual, Maluku, untuk menjadi pusat informasi, edukasi, dan digitalisasi usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) di daerah tersebut.

“Dengan fungsinya sebagai pusat informasi, edukasi, dan pengembangan digitalisasi, Rumah Kreatif BUMN diharapkan dapat menghasilkan usaha mikro,kecil dan menengah yang berkualitas,” Direktur Bisnis Menengah BNI Putrama Wahju Setyawan dalam pernyataan tertulisnya di Jakarta, Sabtu (20/1).

Putrama menuturkan hingga saat ini berbagai badan usaha milik negara (BUMN) sudah membangun 200 Rumah Kreatif BUMN (RKB), yang 44 di antaranya dibangun oleh BNI.

“Tidak hanya menghasilkan UMKM yang berkualitas dan memiliki daya saing, RKB juga memiliki tujuan untuk meningkatkan literasi pelaku usaha UKM dengan dunia digital agar produk-produknya dapat dipasarkan melalui media internet, salah satunya lewat portal blanja.com,” ujar Putrama.

Sejalan dengan itu, BNI juga telah menyalurkan kredit usaha rakyat (KUR) kepada 2.093 debitur di Wilayah Makassar dan 162 debitur di Wilayah Maluku sepanjang tahun 2017. BNI juga mendukung usaha pariwisata di Hoat Tamngil, Ohoi Rumadian dengan memberikan angkutan wisata.

Di kesempatan yang sama, Bupati Maluku Tenggara Anderias Rentanubun menuturkan keberadaan RKB diharapkan dapat meningkatkan kualitas UMKM, khususnya di wilayah Maluku Tenggara. RKB juga secara tidak langsung mendukung sektor pariwisata di kawasan ini.

“Kami sangat mengharapkan BNI atau perbankan mendukung perkembangan pariwisata dan dapat mendukung investor untuk menanamkan modalnya di Maluku Tenggara dengan memberikan kredit yang menunjang pariwisata, misalnya hotel atau homestay,” ujarnya.

Sarana ibadah BNI juga membantu pembangunan masjid sebagai sarana beribadah masyarakat dan Bantuan Sosial Program Keluarga Harapan (PKH). BNI telah membangun banyak masjid di seluruh pelosok Indonesia, dan salah satunya adalah Masjid Al-Fatah Larat Fiditan di Kota Tual. Bantuan Sosial Program Keluarga Harapan yang disalurkan melalui Kantor Cabang Pembantu BNI kepada 2.712 keluarga di tahap pertama dan kepada 1.506 keluarga di tahap kedua atau pada pekan ke-empat Januari. (Ant/SU03)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Breaking News: Akhirnya, Presiden Jokowi Putuskan Tes Massal Covid-19

Tidak mengambil kebijakan Lockdown, Presiden Jokowi akhirnya lebih memilih melakukan tes massal Covid-19.

Tahukah Anda, Berwudhu Dapat Kurangi Risiko Tertular Virus Corona?

Berwudhu merupakan kegiatan yang tak bisa dipisahkan dari muslim.. Tahukah anda bahwa berwudhu bisa mengurangi resiko tertular virus Corona?

Cegah Kepanikan, AMSI Imbau Media Kedepankan Kode Etik dalam Pemberitaan Wabah Corona

Wens menjelaskan beberapa langkah yang harus dilakukan media-media anggota AMSI dalam pemberitaan terkait virus Covid-19 tersebut.

Fahira: Milenial Butuh Teladan, Bukan Tik Tok untuk Membumikan Pancasila

"Membumikan Pancasila secara populer sah-sah saja, tetapi yang dibutuhkan millenial saat ini bukan itu. Milenial butuh teladan dari para penyelenggara negara dan para pemimpin bangsa," kata Fahira

Begini Ciri Rumah Idaman untuk Pasangan Muda

Beberapa waktu lalu, portal properti Lamudi melakukan survei tentang rumah impian bagi pasangan muda, survei tersebut dilakukan kepada 100 pasangan yang baru menikah. Inilah hunian idaman untuk pasangan muda.....

5 Alasan Kita Perlu Membuat Undangan Pernikahan Digital

Kini era sudah berubah. Kini ada sebuah cara baru untuk mengirim undangan pernikahan. Salah satunya adalah dengan memanfaatkan situs desain online, di mana kita bisa menciptakan desain sendiri, juga memanfaatkan Internet untuk mengirimkannya.

TERPOPULER

Jin Tidak Takut dengan Bacaan Ayat Kursi

Tentang Korupsi Sektor Publik

Sebenarnya fenomena korupsi sektor publik terjadi di hampir semua Negara. Bukan hanya di Indonesia yang masuk dalam kategori negara yang belum mapan secara ekonomi. Namun korupsi sektor publikpun terjadi di negara yang sangat mapan perekonomiannya seperti Saudi Arabia.
close