Bank Banten Luncurkan Kredit Usaha Bangun Banten

0
54
Dirut Bank Banten Fahmi Agus Mahesa
Direktur Utama Bank Banten Fahmi Agus Mahesa saat memberikan sambutan. (Foto: Rizki/SERUJI)

SERANG, SERUJI.CO.ID – Sebagai komitmen memajukan perekonomian dan kesejahteraan masyarakat Banten, Bank Banten meluncurkan produk Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) yaitu Kredit Usaha Bangun Banten di Kantor Pusat Non Operasional (KPNO) Bank Banten, Lingkungan Kemang Sumur Pecung, Kota Serang, Jum’at (13/10).

Direktur Utama Bank Banten Fahmi Agus Mahesa, mengatakan,peluncuran Kredit Usaha Bangun Banten merupakan langkah awal dari salah satu strategi Bank Banten dalam mendukung pengembangan sektor UMKM khususnya dalam hal permodalan.

“Secara khusus dalam kredit ini kami fokus di Wilayah Provinsi Banten, sesuai dengan misi dari Bank Banten itu sendiri yakni, mendukung program pembangunan untuk pertumbuhan ekonomi dan kemakmuran masyarakat Banten dan bersinergi dengan salah satu misi Provinsi Banten yakni meningkatkan kualitas pertumbuhan dan pemerataan ekonomi,” ucapnya.

Kredit Usaha Bangun Banten adalah kredit usaha yang diberikan kepada pengusaha UMKM untuk membiayai kebutuhan modal kerja dan investasi dengan menyesuaikan kebutuhan dan target marketnya.

“Ada tiga skim kredit yang ditawarkan yaitu kredit ritel bagi pengusaha UMKM dengan plafond Rp 5 juta hingga 500 juta melalui produk Bangun Tunas, Bangun Mandiri, dan Bangun Sejahtera,” tuturnya.

Selain itu, diterangkan Fahmi, Bank Banten juga menyalurkan kredit Linkage yaitu kredit yang ditujukan kepada lembaga pembiayaan Bank dan Non Bank yang ada di Provinsi Banten.

“Untuk mendukung program kerja Pemprov Banten dalam memajukan UMKM kami juga memberikan kredit program yang ditujukan untuk asosiasi dan perkumpulan yang ada di Banten yang tergabung dalam naungan UMKM Pemprov Banten,” terangnya.

Berdasarkan data Bank Indonesia pada Februari 2017 penyaluran kredit UMKM tumbuh sebesar 10,17% (yoy) dengan nominal yang disalurkan mencapai Rp 34,78 Triliun atau 13,47 % dari total kredit yang disalurkan Provinsi Banten.

Dijelaskan, Fahmi, portofolio pembiayaan Bank Banten kepada UMKM secara nasional per September 2017 telah mencapai 2,4 Triliun yang disalurkan kepada 3500 pelaku usaha. Sementara, kata dia, untuk di Banten telah tersalurkan kredit sebesar Rp 135 Milyar kepada 1400 pelaku UMKM.

“Dengan jumlah potensi UMKM di wilayah Banten sebanyak 108.000 pelaku usaha, saya optimis dengan diluncurkannya produk UMKM di wilayah Banten dapat meningkatkan penyaluran Kredit Usaha Bangun Banten sesuai target yaitu Rp 300 miliar,” tandasnya.

Sementara itu, Sekertaris Daerah (Sekda) Banten Ranta Soehartaz mengungkapkan, bahwa dengan mengembangkan UMKM melalui Bank Banten tidak akan mengalami resiko kerugian karena ada jaminan dari Jamkrida dan Jasindo.

Lanjutnya, peluang terbesar pangsa UMKM adalah dengan bekerja sama dengan e-commerce, salah satunya Tokopedia. Dengan penghasilan sebesar 10,9 USD atau setara Rp. 1,41 triliun.

“Pemerintah akan terus berikan dukungan kepada Bank Banten. Akan ada tambahan modal untuk UMKM di tahun depan. Saya kira wagub lagi mengkaji hal itu,” pungkasnya. (Rizki/SU02)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

Khofifah-Emil

Khofifah-Emil Lengkapi Berkas Pendaftaran di KPU Jatim

SURABAYA, SERUJI.CO.ID - Pasangan bakal calon gubernur dan wakilnya untuk Pemilihan Kepala Daerah Jawa Timur 2018, Khofifah Indar Parawansa-Emil Elestianto Dardak, melengkapi berkas persyaratan pendaftaran...

Ketua MPR: Wujudkan Agenda Reformasi Belum Terwujud

CIAMIS, SERUJI.CO.ID - Ketua MPR RI Zulkifli Hasan mengajak seluruh masyarakat mewujudkan agenda reformasi yang belum terwujud seperti masih adanya kesenjangan ekonomi dan politik serta...
Kebun Raya Mangrove

Pertama di Asia Tenggara, Kebun Raya Mangrove Dibangun di Surabaya

SURABAYA, SERUJI.CO.ID - Pemerintah Kota Surabaya menindaklanjuti pengembangan kawasan Wisata Wangrove Wonorejo menjadi Kebun Raya Mangrove (KRM) yang pertama di Asia Tenggara. Wali Kota Surabaya Tri...
Penggelapan dana

Jaksa Tahan Tersangka Korupsi Proyek Transmigrasi Trumon

TAPAKTUAN, SERUJI.CO.ID - Penyidik Kejaksaan Negeri Aceh Selatan menahan dua tersangka dugaan korupsi pembangunan lokasi transmigrasi di Despot Ujong Tanoh, Gampong Ujung Tanoh, Kecamatan Trumon. Kajari...
sandiaga Uno

Sandiaga: Polisi Profesional Tangani Kasus Penggelapan Lahan

JAKARTA, SERUJI.CO.ID - Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno menilai penyidik Polda Metro Jaya menangani kasus penggelapan lahan tanah secara profesional. "Saya khusnudzon punya prasangka baik...
loading...
tweet

Berjilbab Tapi Korupsi, Bukan Najwa Shihab

"Esensi Islam tidak terletak pada Pakaian yg dikenakan tapi pada Akhlak yg dilaksanakan (Gus Dur) Berhijab tp Korupsi, Najwa Sihab tak berhijab dapat Penghargaan Tokoh...
sumber: harianterbit

Peringatan 44 Tahun Peristiwa MALARI: Mengembalikan Reformasi yang Kita Mau

Pada 15 Januari 2018 lalu, bertepatan dengan 44 tahun Peristiwa 15 Januari 1974 yang lebih dikenal dalam catatan sejarah sebagai Peristiwa Malapetaka Lima Belas...

Orang yang Tidak Bisa Dipercaya Selama-lamanya

Apakah kita harus terus menerus berprasangka baik dan mempercayai seseorang? Allah memberi pelajaran penting : ada orang yang tidak bisa dipercaya selamanya, karena bukti-bukti...