Bank Banten Luncurkan Kredit Usaha Bangun Banten

0
102
Dirut Bank Banten Fahmi Agus Mahesa
Direktur Utama Bank Banten Fahmi Agus Mahesa saat memberikan sambutan. (Foto: Rizki/SERUJI)

SERANG, SERUJI.CO.ID – Sebagai komitmen memajukan perekonomian dan kesejahteraan masyarakat Banten, Bank Banten meluncurkan produk Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) yaitu Kredit Usaha Bangun Banten di Kantor Pusat Non Operasional (KPNO) Bank Banten, Lingkungan Kemang Sumur Pecung, Kota Serang, Jum’at (13/10).

Direktur Utama Bank Banten Fahmi Agus Mahesa, mengatakan,peluncuran Kredit Usaha Bangun Banten merupakan langkah awal dari salah satu strategi Bank Banten dalam mendukung pengembangan sektor UMKM khususnya dalam hal permodalan.

“Secara khusus dalam kredit ini kami fokus di Wilayah Provinsi Banten, sesuai dengan misi dari Bank Banten itu sendiri yakni, mendukung program pembangunan untuk pertumbuhan ekonomi dan kemakmuran masyarakat Banten dan bersinergi dengan salah satu misi Provinsi Banten yakni meningkatkan kualitas pertumbuhan dan pemerataan ekonomi,” ucapnya.

Kredit Usaha Bangun Banten adalah kredit usaha yang diberikan kepada pengusaha UMKM untuk membiayai kebutuhan modal kerja dan investasi dengan menyesuaikan kebutuhan dan target marketnya.

“Ada tiga skim kredit yang ditawarkan yaitu kredit ritel bagi pengusaha UMKM dengan plafond Rp 5 juta hingga 500 juta melalui produk Bangun Tunas, Bangun Mandiri, dan Bangun Sejahtera,” tuturnya.

Selain itu, diterangkan Fahmi, Bank Banten juga menyalurkan kredit Linkage yaitu kredit yang ditujukan kepada lembaga pembiayaan Bank dan Non Bank yang ada di Provinsi Banten.

“Untuk mendukung program kerja Pemprov Banten dalam memajukan UMKM kami juga memberikan kredit program yang ditujukan untuk asosiasi dan perkumpulan yang ada di Banten yang tergabung dalam naungan UMKM Pemprov Banten,” terangnya.

Berdasarkan data Bank Indonesia pada Februari 2017 penyaluran kredit UMKM tumbuh sebesar 10,17% (yoy) dengan nominal yang disalurkan mencapai Rp 34,78 Triliun atau 13,47 % dari total kredit yang disalurkan Provinsi Banten.

Dijelaskan, Fahmi, portofolio pembiayaan Bank Banten kepada UMKM secara nasional per September 2017 telah mencapai 2,4 Triliun yang disalurkan kepada 3500 pelaku usaha. Sementara, kata dia, untuk di Banten telah tersalurkan kredit sebesar Rp 135 Milyar kepada 1400 pelaku UMKM.

“Dengan jumlah potensi UMKM di wilayah Banten sebanyak 108.000 pelaku usaha, saya optimis dengan diluncurkannya produk UMKM di wilayah Banten dapat meningkatkan penyaluran Kredit Usaha Bangun Banten sesuai target yaitu Rp 300 miliar,” tandasnya.

Sementara itu, Sekertaris Daerah (Sekda) Banten Ranta Soehartaz mengungkapkan, bahwa dengan mengembangkan UMKM melalui Bank Banten tidak akan mengalami resiko kerugian karena ada jaminan dari Jamkrida dan Jasindo.

Lanjutnya, peluang terbesar pangsa UMKM adalah dengan bekerja sama dengan e-commerce, salah satunya Tokopedia. Dengan penghasilan sebesar 10,9 USD atau setara Rp. 1,41 triliun.

“Pemerintah akan terus berikan dukungan kepada Bank Banten. Akan ada tambahan modal untuk UMKM di tahun depan. Saya kira wagub lagi mengkaji hal itu,” pungkasnya. (Rizki/SU02)

loading...

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

BACA JUGA
Prancis juara piala dunia 2018

Prancis Juara Piala Dunia 2018, Setelah Tundukkan Kroasia 4-2

MOSKOW, SERUJI.CO.ID - Prancis menang 4-2 atas Kroasia pada final Piala Dunia di Stadion Luzhniki Moskow pada Ahad (15/7), untuk membuat mereka mengangkat trofi...

Final Piala Dunia 2018, Prancis Unggul 2-1 Atas Kroasia di Babak Pertama

MOSKOW, SERUJI.CO.ID - Prancis memimpin 2-1 atas Kroasia pada babak pertama final Piala Dunia, setelah tersaji 45 menit pertama yang berlangsung menarik di Stadion Luzhniki,...

Ribuan Warga Kota Langsa Nobar Final Piala Dunia

KOTA LANGSA, SERUJI.CO.ID – Ribuan Warga Kota Langsa Nonton Bareng (Nobar) final piala dunia yang digelar oleh Pemerintah Kota Langsa di Lapangan Merdeka Kota...

Pencuri Spesialis Angkutan Daring Berhasil Ditangkap Polisi

PEKANBARU, SERUJI.CO.ID - Kepolisian Resort Kuantan Singingi, Provinsi Riau berhasil menangkap buronan bandit pencurian disertai kekerasan spesialis angkutan daring yang beraksi di jalan lintas...
mahkamah konstitusi

Terdapat 67 Permohonan Sengketa Pilkada Yang Diterima MK

JAKARTA, SERUJI.CO.ID - Mahkamah Konstitusi (MK) mencatat sebanyak 67 permohonan Penyelesaian Hasil Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak 2018 telah terdaftar pada Ahad (15/7) malam,...