WTO Ingatkan Efek Domino Tarif Perdagangan AS

0
41
Ketua WTO, Roberto Azevedo (foto: istimewa)

RIO DE JANEIRO, SERUJI.CO.ID –┬áDirektur Jenderal Organisasi Perdagangan Dunia (WTO) Roberto Azevedo pada Senin (12/3) memperingatkan potensi “efek domino” dari usulan tarif AS pada baja dan aluminium.

Azevedo, yang berada di Brasil untuk menghadiri Forum Ekonomi Dunia (WEF) mendatang untuk Amerika Latin, mengatakan “eskalasi ini, yang saya katakan memiliki efek domino, adalah eskalasi yang sulit dibalikkan.”

“Begitu Anda memasuki jalan pembalasan timbal balik, Anda tahu kapan dimulai, Anda tahu bagaimana hal itu dimulai, tapi Anda tidak tahu bagaimana atau kapan Anda bisa menghentikan prosesnya,” kata Azevedo kepada wartawan.

Loading...

Ketua WTO kelahiran Brasil itu bertemu dengan Presiden Brasil Michel Temer di Brasilia untuk membahas keputusan AS menerapkan tarif yang tinggi pada impor baja dan aluminium.

Presiden AS Donald Trump pekan lalu secara resmi menandatangani pernyataan publik untuk mengenakan tarif 25 persen bagi baja impor dan tarif 10 persen untuk aluminium, menyebabkan perbedaan pendapat di antara kelompok bisnis dan mitra dagang di seluruh dunia.

Brazil, pengekspor baja terbesar kedua ke Amerika Serikat, bergabung dalam demonstrasi menentang tindakan proteksionis.

Pengumuman “sepihak” seperti yang dilakukan Trump cenderung memicu tindakan balasan, kata Azevedo.

“Proses aksi dan reaksi ini kadang-kadang menyebabkan perang dagang yang tidak diminati siapapun, dimana hanya ada yang kalah, karena tidak ada pemenang dalam perang dagang,” dia mengingatkan. (Ant/SU03)

loading...

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

TERBARU