Pemkab: Rokok Dominasi Ekspor Nonmigas Kudus

KUDUS, SERUJI.CO.ID – Ekspor nonmigas Kabupaten Kudus, Jawa Tengah, selama 2017 didominasi komoditas rokok dengan nilai mencapai 63,52 persen dari total nilai ekspor selama 2017 sebesar Rp 1,19 triliun.

“Kami mencatat nilai ekspor rokok sementara nilainya mencapai Rp 758,01 miliar,” kata Kepala Bidang Fasilitasi Perdagangan, Promosi dan Perlindungan Konsumen Dinas Perdagangan Pemerintah Kabupaten Kudus Imam Prayitno di Kudus, Kamis (4/1).

Sejauh ini, lanjut Imam, komoditas tersebut memang cukup mendominasi, dibandingkan dengan komoditas ekspor lainnya.

“Negara tujuan ekspor rokok dengan nilai cukup besar adalah negara-negara kawasan Asia Tenggara. Nilai ekspor ke sejumlah negara Asia Tenggara tersebut mencapai Rp 506,96 miliar,” kata dia.

Sementara nilai ekspor rokok ke Amerika tercatat sebesar Rp 93,21 miliar.

Ia mengatakan nilai ekspor yang tercatat saat ini masih bersifat sementara karena masih ada laporan ekspor bulan Desember 2017 yang belum disampaikan kepada Dinas Perdagangan Kudus.

Kontribusi terbesar kedua terhadap nilai ekspor nonmigas di Kudus, yakni kertas sebesar Rp 219,12 miliar, disusul sack kraft sebesar Rp 218,07 miliar.

Sementara nilai ekspor rajungan, kata dia, tahun 2017 menduduki peringkat keempat dengan nilai ekspor sebesar Rp 100,49 miliar, disusul elektronik sebesar Rp 98,25 miliar.

“Untuk komoditas mebel besi tercatat sebesar Rp 4,77 miliar, sedangkan barecore sebesar Rp12,45 miliar,” ujarnya.

Ia memastikan nilai ekspor tersebut masih memungkinkan bertambah karena laporan ekspor diterima baru sampai November 2017.

Negara tujuan ekspor pada tahun 2017, meliputi Amerika, Amerika Latin, Australia, New Zealand, negara Eropa, Afrika, Asia Barat, Asia Timur, Asia Tenggara, Asia Selatan dan Asia Tengah. (Ant/SU03)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Pendidikan Antikorupsi di Perguruan Tinggi

Menurut Laode M Syarif, saat ini 68% pelaku korupsi merupakan lulusan perguruan tinggi. Makanya, perguruan tinggi harus bertanggungjawab atas kejahatan korupsi yang dilakukan lulusannya.

Pengabdian Tragis Dahlan Iskan!

Dua kali hari Kartini saya mendapatkan kado sedih. Pertama saat Ibu saya tercinta meninggal dunia dalam usia 52 tahun, 21 April 1994.

Paman Donald dan Eyang Joe

Banyak yang usil menyamakan pilpres Amerika dengan Indonesia, termasuk kemungkinan Biden akan mengajak Trump bertemu di MRT dan menawarinya menjadi menteri pertahanan.

Berikut Berbagai Larangan Bagi Penasihat Investasi Yang Diatur dalam Keputusan BPPM

Penasihat Investasi dalam menjalankan kegiatannya harus bersikap hati–hati, dikarenakan terdapat larangan yang harus diperhatikan oleh Penasihat Investasi agar terhindar dari sanksi.

Sambut Festival Belanja Lajang 11.11, Ecovacs Robotics Beri Promo Diskon Hingga 55%

Perusahaan penyedia Robot Rumah Tangga, ECOVACS ROBOTICS, akan meberikan promos diskon besar-besaran hingga 55% untuk berbagai produk unggulan seperti DEEBOT OZMO T8 AIVI, DEEBOT OZMO T8, dan DEEBOT U2 PRO.

150 Ide Bisnis Terbaik Siap Bersaing dalam DSC XI

Program Initiator DSC XI, Edric Chandra mengungkapkan dii tengah kondisi perekonomian yang masih belum stabil lantaran pandemi COVID-19, semangat gerakan wirausaha justru diterima oleh DSC XI.

Kembali Terjadi, Ratusan Kader Militan PDIP Alihkan Dukungan ke Machfud-Mujiaman

Kader yang tergabung dalam kelompok yang menamakan diri Banteng Ketaton tersebut mendeklarasikan dukungannya pada Ahad (8/11) kemarin di daerah Pandegiling yang dikenal sebagai jantungnya PDI Perjuangan di Surabaya.

Tekan Hoaks Selama Pilkada 2020, AMSI Gelar Cek Fakta di 16 Wilayah

Kegiatan Cek Fakta sebagai bentuk kontribusi AMSI kepada publik dengan memberikan informasi yang bermutu selama masa Pemilihan Kepala Daerah 2020 dan menekan hoaks (mis/disinformasi) yang berpotensi beredar selama berlangsungnya masa kampanye dan Debat Pilkada 2020.

TERPOPULER