Pemerintah Gencar Rayu Pengusaha Mebel China Pindahkan Pabrik ke Indonesia

JAKARTA, SERUJI.CO.ID – Pemerintah Indonesia saat ini tengah gencar-gencarnya melakukan pendekatan ke pengusaha mebel dari China dan merayu para pengusaha tersebut merelokasi pabriknya ke Indonesia.

Hal ini dilakukan pemerintah memanfaatkan momentum perang dagang antara China dengan Amerika Serikat (AS), dimana produk dari China dikenakan tarif tinggi jika masuk ke negara Paman Sam.

Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Thomas Lembong mengatakan pendekatan ke pengusaha China ini dilakukan bersama dengan Kementerian Perindustrian.

“Kami bolak-balik terus ke kota di China, di Kota Dong Huan. Itu adalah sentra industri mebel di China. Lagi gencar melobi pemilik pabrik mebel,” kata Lembong di kantor BKPM, di Jakarta, Selasa (30/7).

Tidak hanya ke pengusaha asal China, kata mantan Menteri Perdagangan ini, pendekatan juga dilakukan ke pengusaha Taiwan yang memiliki pabrik di China.

Selain memanfaatkan momentum perang dagang AS dan China, menurut Lembong, struktur ekonomi di China saat ini sudah tidak kondusif untuk industri padat karya.

“Ini evolusi struktur ekonomi China yang memaksa mereka melepas atau mengembalikan pabrik padat karya yang 20-25 tahun lalu direbut dari Asia Tenggara, seperti Thailand, Malaysia dan Indonesia,” ujar Thomas Lembong.

Namun, Thomas Lembong mengakui bahwa tidak mudah merayu agar pengusaha China memindahkan pabriknya ke Indonesia, karena harus bersaing dengan negara-negara lain yang juga tak kalah menarik seperti India.

“Ya memang kami menghadapi persaingan yang sengit untuk bisa menggarap relokasi pabrik China,” tukasnya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Belajar, Bukan Bersekolah

Akhir pandemi belum juga jelas, satu hal sekarang makin jelas: Gedung-gedung megah persekolahan itu makin tidak relevan jika dipaksakan untuk kembali menampung kegiatan bersekolah lagi. Sekolah harus direposisi. Juga guru.

Promo Miras Holywings, Fahira: Ini Provokasi bukan Promosi

SERUJI.CO.ID - Anggota DPD RI yang juga Senator DKI...

Demo Penghina Nabi di India, Dua Remaja Tewas

SERUJI.CO.ID - Dua remaja Muslim tewas dalam kekerasan di...

Syafii Maarif dan Isu Perbudakan Spiritual

Bagi saya mendewa-dewakan mereka yang mengaku keturunan Nabi adalah bentuk perbudakan spiritual.

Innalillahi, Kembali Indonesia Berduka Guru Bangsa Buya Syafii Maarif Berpulang

Kabar duka kembali menyelimuti bangsa Indonesia dengan berpulangnya guru bangsa Buya Syafii Maarif pada hari hari ini, Jumat 27 Mei 2022.

Di Hari Kebangkitan Nasional Website Berisi Karya Denny JA Diluncurkan

Denny JA meluncurkan website 300 karyanya di website DENNY JA’s WORLD. Peluncuran webside ini bertepatan dengan hari Kebangkitan Nasional.

Pembunuhan Jurnalis: Selebriti Dunia Menuntut Pertanggungjawaban Pemerintah Israel

Lebih dari 100 selebriti dan artis mancanegara menuntut pertanggungjawaban pemerintah Israel terhadap pembunuhan jurnalis Shireen Abu Akleh.

TERPOPULER

Ghazwul Fikri dan Media

Sudah 2 Minggu Jari Kaki Terasa Kebas, Apa Sebabnya?

Mengapa jari kaki saya berasa kebas/baal sdh 2 minggu dan ga hilang kebasnya .. sy sdh minum obat neutotopik dan kaki saya jg spt ketarik dr mulai pinghul hingga ke tungkai