Pegadaian Mudahkan Masyarakat Lakukan Transaksi Melalui Aplikasi

0
61
kantor pegadaian
Kantor pusat PT Pegadaian. (fot: istimewa)

DENPASAR, SERUJI.CO.ID – PT Pegadaian (Persero) terus berinovasi memberi kemudahan masyarakat di Tanah Air dalam melakukan transaksi mudah dan cepat melalui aplikasi Pegadaian “Digital Sevice” yang diperkenalkan pada publik Januari 2018.

“Pegadaian digital service merupakan salah satu fasilitas untuk nasabah dan calon nasabah agar dalam melakukan transaksi lebih cepat dengan banyak fitur pilihan dan informasi produk yang dapat diakses melalui telepon gengam milik mereka,” kata Deputi Bisnis Area Denpasar, Bali, Sucahya P. Laksana di Denpasar, Jumat (15/12).

Ia menjelaskan, Pegadaian digital service ini, fungsinya hampir sama dengan mobile banking seperti di perbankan, sehingga masyarakat tidak menghabiskan waktu untuk datang ke Pegadaian dalam melakukan transaksi.

“Bukan berarti dengan adanya aplikasi Pegadaian digital service ini akan menghilangkan pelayanan konvensional, namun aplikasi ini untuk mempermudah masyarakat melakukan transaksi di era digital,” katanya.

Apabila masyarakat memerlukan rekapan (print) hasil transaksi dan ingin mengecek maupun mengambil uangnya tidak melalui transfer, nasabah masih bisa mendatangi unit pelayanan cabang yang dimilki pegadaian.

Ia mencontohkan, nasabah yang sudah mempunyai kredit di pegadaian dan akan mendekati jatuh tempo, namun dengan adanya aplikasi ini nasabah lebih mudah dan tidak perlu datang ke Kantor Pegadaian apakah mau memperpanjang kredit atau dicicil maupun mau dilakukan penebusan.

“Hal seperti ini yang dapat dilakukan nasabah dengan mengunduh aplikasi ini dan melakukan transaksi melalui telepon selulernya,” ujarnya.

Program digital service ini segera disosialisasikan kepada internal pegadaian agar mereka paham fungsi aplikasi ini seperti apa, setelah itu baru disosialisasikan kepada masyarakat melalui kegiatan seperti seminar atau menginformasikan melalui media sosial (facebook dan website) milik pegadaian.

Untuk itu, pegawai dan pejabat di pegadiaan juga bisa menjadi nasabah pegadaian sehingga harus mengetahui juga cara menggunakan digital service ini, karena mereka yang nantinya akan memperkenalkan kepada masyarakat seperti apa cara menggunakan aplikasi ini, sehingga dapat menjelaskan kembali kepada nasabah dan calon nasabah.

“Kami juga akan menyosialisasikan pegadaian digital service ini melalui brosur atau dalam bentuk hard copy yang nantinya ditempel di setiap unit pelayanan cabang, bahwa kami memiliki program ini,” katanya.

Aplikasi pegadian digital service ini harus diunduh dahulu, kemudian dilakukan registrasi para nasabah lama dan baru. “Aplikasi ini merupakan penyempurnaan dari pegadaian mobile yang sudah ada sebelumnya,” katanya.

Dengan digital service ini infomasi dan produk pegadaian juga lebih mudah dikenal masyarakat, sehingga dapat mengurangi biaya konvensional seperti brosur, iklan, poster maupun lainnya. (Ant/SU03)

loading...

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

BACA JUGA

Wapres Minta Menag Revisi 200 Daftar Mubaligh

JAKARTA, SERUJI.CO.ID - Wakil Presiden Jusuf Kalla meminta Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin untuk merevisi daftar pendakwah yang direkomendasikan karena sebelumnya dikeluarkan Kemenag hanya...

Banyuwangi Masuk Kota Cerdas ASEAN

BANYUWANGI, SERUJI.CO.ID - Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur, bersama dengan Jakarta dan Kota Makassar, Sulawesi Selatan, masuk dalam jaringan Kota Cerdas ASEAN atau ASEAN Smart...

Korban Tewas Jatuhnya Pesawat di Kuba Jadi 111 Orang

HAVANA, SERUJI.CO.ID - Jumlah korban tewas pada salah satu bencana udara terburuk di Kuba meningkat menjadi 111 pada Senin (21/5), sementara Meksiko menangguhkan kegiatan...
ekonomi syariah

MUI Dukung 200 Daftar Mubaligh

JAKARTA, SERUJI.CO.ID - Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia Ma'ruf Amin mendukung langkah Kementerian Agama yang merilis daftar nama mubaligh karena sifatnya untuk pencegahan terhadap...
Siswa SMA/MAN

Jawa Timur Jalin Kerja Sama Pendidikan dengan Korsel

SURABAYA, SERUJI.CO.ID - Dinas Pendidikan Jawa Timur menjajaki kerja sama pendidikan dengan Korea Selatan setelah ada pertemuan kepala sekolah SMA/SMK se-Surabaya dengan sebuah konsultan...