Mengurangi Ketergantungan Dolar Melalui “Lokal Currency Settlement”

0
32
Uang Rupiah
Local Currency Settlement . (Ilustrasi)

SERUJI.CO.ID – Bank Indonesia mendorong penggunaan mata uang lokal untuk penyelesaian transaksi perdagangan bilateral Indonesia (local currency settlement/LCS) untuk mengurangi ketergantungan pada dolar Amerika Serikat.

Hal tersebut diwujudkan melalui kesepakatan kerangka kerja LCS secara bilateral dengan Bank Negara Malaysia (BNM) dan Bank of Thailand (BoT) di Jakarta, Senin (11/12).

Peluncuran kerangka kerja tersebut merupakan tindak lanjut penandatanganan nota kesepahaman bilateral BI dengan BNM dan BoT pada tanggal 23 Desember 2016.

LCS adalah penyelesaian transaksi perdagangan antara dua negara yang dilakukan dalam mata uang masing-masing negara. Penyelesaian transaksinya dilakukan di dalam yurisdiksi wilayah negara masing-masing. Misalnya, transaksi perdagangan antara Indonesia dan Malaysia dapat dilakukan dalam mata uang rupiah. Namun, penyelesaian transaksi rupiah tersebut tetap dilakukan di Indonesia.

Sebaliknya, jika transaksi perdagangan Indonesia dan Malaysia dilakukan dalam mata uang ringgit, penyelesaian transaksi tersebut dilakukan di Malaysia.

Penggunaan mata uang lokal untuk penyelesaian transaksi perdagangan bilateral Indonesia dengan negara kawasan merupakan salah satu alternatif mengurangi ketergantungan pada penggunaan dolar AS dalam penyelesaian transaksi perdagangan bilateral.

BI mengobservasi bahwa transaksi perdagangan di Indonesia dari sisi ekspor 94 persen masih dilakukan dalam transaksi dolar AS, sedangkan dari sisi impor 78 persen.

Tingginya ketergantungan pada dolar AS berpotensi memberikan dampak pada peningkatkan kerentanan perekonomian terhadap “guncangan” global yang berpotensi memberikan dampak negatif bagi stabilitas sistem keuangan dan makroekonomi.

Selain itu, pengunaan mata uang lokal juga berpotensi mengurangi biaya transaksi perdagangan karena terjadinya “direct quotation” antara mata uang lokal, mendorong pengembangan pasar keuangan domestik berbasis mata uang lokal, dan membuka akses (partisipasi pelaku).

Hal yang melatarbelakangi kerja sama LCS antara Bank Indonesia dan bank sentral lain adalah untuk mendorong penggunaan mata uang lokal secara lebih luas untuk penyelesaian perdagangan internasional.

Gubernur Bank of Thailand Veerathai “Santiprabhob” mengatakan bahwa perdagangan lintas batas dan investasi di antara tiga negara yang menjadi kunci membangun integrasi ekonomi regional ASEAN.

Thailand dan Malaysia sendiri termasuk dalam 10 besar mitra dagang utama Indonesia.

Rata-rata tahunan nilai perdagangan Indonesia dengan Malaysia pada periode 2010 s.d. 2016 mencapai sekitar 19,5 miliar dolar AS yang terdiri atas sekitar 9,3 miliar dolar AS ekspor dan 10,2 miliar dolar AS impor.

Dengan nilai tersebut, rata-rata pangsa impor Indonesia dari Malaysia sebesar 6,4 persen dan ekspor Indonesia ke Malaysia sebesar 5,5 persen.

Rata-rata tahunan perdagangan Indonesia dengan Thailand pada periode 2010 s.d. 2016 mencapai sekitar 15 miliar dolar AS yang terdiri 9,5 miliar dolar AS impor dan 5,5 miliar dolar AS ekspor.

Dengan nilai tersebut, rata-rata pangsa impor Indonesia asal Thailand sebesar 5,94 persen dan ekspor Indonesia ke Thailand sebesar 3,2 persen.

Komentar

BACA JUGA

Departemen Keuangan AS Kritik Keras Aksi Non Pasar China

WASHINGTON, SERUJI.CO.ID - Pejabat tinggi Departemen Keuangan Amerika Serikat, Rabu (21/2), menyampaikan kritik atas kebijakan ekonomi China yang dituduh "berperilaku non-pasar" serta mengatakan bahwa AS...
banjir

Banjir Bandang Terjang Sejumlah Desa di Bojonegoro

BOJONEGORO, SERUJI.CO.ID - Sejumlah desa di Kecamatan Sukosewu, Dander, Bubulan, dan Temayang, Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur, diterjang banjir bandang dengan ketinggian air berkisar 0,5-1 meter...

Ganjar Pranowo Kunjungi Korban Banjir Demak

DEMAK, SERUJI.CO.ID - Calon Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengunjungi para korban banjir di Desa Sayung, Kecamatan Sayung, Kabupaten Demak, Kamis (22/2). Calon gubernur yang berpasangan...
Penjahat ditangkap

Sembunyikan Sabu Dalam Pembalut, Penumpang Pesawat Diamankan

SEMARANG, SERUJI.CO.ID - EW (41), perempuan penumpang pesawat Air Asia tujuan Kuala Lumpur-Semarang, Jawa Tengah, ditangkap saat diketahui berusaha menyelundupkan 538 gram narkotika jenis sabu-sabu...
Akbar Tanjung

Akbar Tanjung Anggap Nomor 4 Bawa Keberuntungan

JAKARTA, SERUJI.CO.ID - Wakil Ketua Dewan Kehormatan Partai Golkar Akbar Tanjung menganggap angka empat yang menjadi nomor urut parpolnya justru akan membawa keberuntungan atau mampu...
loading...
IMG_20180221_224758_367

Apa yang Kau Cari, Fahri Hamzah?

Fahri Hamzah, politisi paling populer tahun-tahun ini. Anggota DPR dari fraksi PKS ini sangat kritis terhadap segala hal yang dianggapnya tidak benar dalam penyelenggaraan...
images (3)

Fahri Vs KPK, Senjata OTT dan JC Ampuh?

Berkali-kali KPK melakukan Operasi Tangkap Tangan (OTT), seringkali secara dramatis dan dibesar-besarkan media, layaknya pahlawan. Sayangnya, kebanyakan kelas kabupaten, bukan membongkar sindikat nasional dan...
1_2G1_0QFZyN75nPAxOeD_Lw

Judi dan Kompetisi

Miripkah? Agak. Adilkah? Tidak. Tapi kalau dilihat, kompetisi olahraga itu tidak lebih adil daripada judi. Contoh : tak mungkin tim basket Indonesia menang melawan...