Inflasi Bahan Makanan Tinggi, Menko Ekonomi: Tidak Masalah

JAKARTA, SERUJI.CO.ID – Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution mengaku tidak mempersoalkan inflasi bahan makanan (volatile food) tahun ke tahun (yoy) yang berada pada kisaran 4,97 persen atau lebih tinggi dari inflasi umum.

Volatile food kita asal dibawah lima persen, masih oke,” kata Darmin saat ditemui di Jakarta, Senin (3/9).

Darmin mengatakan tidak ada masalah dengan inflasi bahan makanan yang tinggi, asalkan inflasi dari harga diatur pemerintah (administered prices) maupun inflasi inti tetap terkendali.

Dengan inflasi inti maupun harga diatur pemerintah yang diperkirakan akan tetap rendah, ia menyakini proyeksi inflasi pada akhir tahun bisa mencapai target 3,5 persen.

Baca juga: Pemerintah: Tajamnya Pelemahan Rupiah Karena Kondisi Argentina

“Asal administered prices tidak ada yang naik dan core inflation masih dibawah 0,3 persen (seperti Agustus), kalau kebawa setiap bulan itu hasilnya 3,5 persen paling-paling,” katanya.

Sebelumnya, Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat pada Agustus 2018 terjadi deflasi 0,05 persen, karena harga pangan pada periode ini relatif terkendali. Beberapa komoditas pangan yang mengalami penurunan harga antara lain telur ayam ras, bawang merah, daging ayam ras, bayam, cabai merah, cabai rawit dan ikan segar.

Dengan turunnya harga komoditas pangan ini, maka bahan makanan tercatat menyumbang deflasi 1,24 persen pada Agustus 2018. Meski demikian, inflasi bahan makanan tahun ke tahun masih tercatat 4,97 persen atau lebih tinggi dari inflasi inti 2,9 persen dan inflasi harga diatur pemerintah 2,55 persen. (Ant/SU01)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Belajar, Bukan Bersekolah

Akhir pandemi belum juga jelas, satu hal sekarang makin jelas: Gedung-gedung megah persekolahan itu makin tidak relevan jika dipaksakan untuk kembali menampung kegiatan bersekolah lagi. Sekolah harus direposisi. Juga guru.

Bertema “Inovasi Beyond Pandemi”, AMSI Gelar Indonesian Digital Conference 2020

Ketua Umum AMSI, Wenseslaus Manggut mengatakan IDC yang digelar AMSI bertujuan untuk melihat sejauh mana berbagai sektor melakukan inovasi di tengah pandemi Covid-19 dan seperti apa ke depan.

Cek Fakta: Debat Pilkada Tangsel, Seluruh Paslon Minim Paparkan Data

Debat pemilihan umum kepala daerah (pilkada) Tangerang Selatan (Tangsel) membeberkan program kerja yang dimiliki para peserta. Sayangnya, dalam debat tersebut masing-masing pasangan calon (paslon) lebih banyak bicara dalam tatanan konsep.

PasarLukisan.com Gelar Pameran Lukisan Virtual Karya Pelukis dari Berbagai Daerah

"Ini adalah solusi yang diharapkan akan memecahkan kebekuan kegiatan kesenian, khususnya pameran seni rupa, akibat pandemi yang belum kunjung berakhir," kata M. Anis,

Paman Donald dan Eyang Joe

Banyak yang usil menyamakan pilpres Amerika dengan Indonesia, termasuk kemungkinan Biden akan mengajak Trump bertemu di MRT dan menawarinya menjadi menteri pertahanan.

Berikut Berbagai Larangan Bagi Penasihat Investasi Yang Diatur dalam Keputusan BPPM

Penasihat Investasi dalam menjalankan kegiatannya harus bersikap hati–hati, dikarenakan terdapat larangan yang harus diperhatikan oleh Penasihat Investasi agar terhindar dari sanksi.

TERPOPULER