IHSG Senin Ditutup Menguat 13,17 Poin

JAKARTA, SERUJI.CO.ID – Pergerakan indeks harga saham gabungan (IHSG) Bursa Efek Indonesia (BEI), pada Senin ditutup menguat sebesar 13,17 poin seiring dengan data ekonomi nasional yang diumumkan positif.

IHSG BEI ditutup menguat 13,17 poin atau 0,22 persen menjadi 5.914,03 poin. Sementara itu kelompok 45 saham unggulan atau indeks LQ45 bergerak naik 5,37 poin (0,54 persen) menjadi 984,81 poin.

“IHSG menguat pada awal pekan ini. Data tingkat inflasi September yang dinilai masih terkendali dan lebih rendah dari ekspektasi pasar yakni sebesar 3,9 persen menjadi faktor optimisme investor,” kata analis Reliance Sekuritas Lanjar Nafi di Jakarta, Senin.

Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat pada September 2017, Indonesia mengalami inflasi sebesar 0,13 persen, sehingga tingkat inflasi tahun kalender (Januari – September) 2017 sebesar 2,66 persen dan tingkat inflasi tahun ke tahun (September 2017 terhadap September 2016) sebesar 3,72 persen.

Lanjar Nafi menambahkan bahwa investor asing yang mulai melakukan aksi beli turut menjadi salah satu faktor yang menopang IHSG. Berdasarkan data perdagangan Bursa Efek Indonesia pada (Senin, 2/10), investor asing mencatatkan beli bersih atau “foreign net buy” di pasar reguler sebesar Rp 38,64 miliar.

Sementara itu, analis Indosurya Sekuritas William Surya Wijaya menambahkan bahwa potensi penguatan IHSG masih terlihat cukup besar di tengah sentimen domestik yang positif, kondisi itu kembali membuka peluang untuk terus bergerak naik.

“Data perekonomian terlansir masih menunjukkan bahwa fundamental perekonomian negara berada dalam kondisi stabil, itu menjaga harapan positif investor terhadap pasar saham,” kata William Surya Wijaya.

Sementara itu tercatat frekuensi perdagangan sebanyak 276.546 kali transaksi dengan jumlah saham yang diperdagangkan sebanyak 7,296 miliar lembar saham senilai Rp 6,945 triliun. Sebanyak 144 saham naik, 183 saham menurun, dan 118 saham tidak bergerak nilainya atau stagnan.

Bursa regional, di antaranya indeks bursa Nikkei naik 44,50 poin (0,22 persen) ke 20.400,78, indeks Hang Seng menguat 132,70 poin (0,48 persen) ke 27.554,30, dan Straits Times menguat 42,78 poin (1,33 persen) ke posisi 3.262,69. (Ant/SU02)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Goenawan Mohamad, Nyaplok JP dan Ngobok-obok PAN

Setelah berhasil mengobok-obok dan mencaplok Jawa Pos, Goenawan Mohamad (GM) sekarang mengalihkan operasinya dengan mengobok-obok PAN (Partai Amanat Nasional).

Soal Islam Nusantara

Tentang Korupsi Sektor Publik

Sebenarnya fenomena korupsi sektor publik terjadi di hampir semua Negara. Bukan hanya di Indonesia yang masuk dalam kategori negara yang belum mapan secara ekonomi. Namun korupsi sektor publikpun terjadi di negara yang sangat mapan perekonomiannya seperti Saudi Arabia.

Paman Donald dan Eyang Joe

Banyak yang usil menyamakan pilpres Amerika dengan Indonesia, termasuk kemungkinan Biden akan mengajak Trump bertemu di MRT dan menawarinya menjadi menteri pertahanan.

Berikut Berbagai Larangan Bagi Penasihat Investasi Yang Diatur dalam Keputusan BPPM

Penasihat Investasi dalam menjalankan kegiatannya harus bersikap hati–hati, dikarenakan terdapat larangan yang harus diperhatikan oleh Penasihat Investasi agar terhindar dari sanksi.

Sambut Festival Belanja Lajang 11.11, Ecovacs Robotics Beri Promo Diskon Hingga 55%

Perusahaan penyedia Robot Rumah Tangga, ECOVACS ROBOTICS, akan meberikan promos diskon besar-besaran hingga 55% untuk berbagai produk unggulan seperti DEEBOT OZMO T8 AIVI, DEEBOT OZMO T8, dan DEEBOT U2 PRO.

150 Ide Bisnis Terbaik Siap Bersaing dalam DSC XI

Program Initiator DSC XI, Edric Chandra mengungkapkan dii tengah kondisi perekonomian yang masih belum stabil lantaran pandemi COVID-19, semangat gerakan wirausaha justru diterima oleh DSC XI.

Kembali Terjadi, Ratusan Kader Militan PDIP Alihkan Dukungan ke Machfud-Mujiaman

Kader yang tergabung dalam kelompok yang menamakan diri Banteng Ketaton tersebut mendeklarasikan dukungannya pada Ahad (8/11) kemarin di daerah Pandegiling yang dikenal sebagai jantungnya PDI Perjuangan di Surabaya.

Tekan Hoaks Selama Pilkada 2020, AMSI Gelar Cek Fakta di 16 Wilayah

Kegiatan Cek Fakta sebagai bentuk kontribusi AMSI kepada publik dengan memberikan informasi yang bermutu selama masa Pemilihan Kepala Daerah 2020 dan menekan hoaks (mis/disinformasi) yang berpotensi beredar selama berlangsungnya masa kampanye dan Debat Pilkada 2020.

TERPOPULER

Jin Tidak Takut dengan Bacaan Ayat Kursi

Renungan di Hari Guru

Seseorang boleh disebut guru pada saat dia mendidik sekaligus dengan memberi teladan. Seseorang disebut murid pada saat dia belajar sesuatu dan berusaha melakukan teladan sang guru.