Harga Ayam Di Garut Capai Rp50 Ribu/Kg

BANDUNG, SERUJI.CO.ID –┬áHarga daging ayam broiler di pasar tradisional Kabupaten Garut, Jawa Barat terus naik hingga mencapai Rp50 ribu per kilogram, sehingga pedagang maupun pembeli mengeluhkan kondisi sudah terjadi sejak sepekan terakhir.

“Sekarang harga daging ayam ada yang mencapai Rp48 ribu hingga Rp50 ribu per kilogram, dari harga normal Rp28 hingga Rp30 ribu per kilogram,” kata Asep, pedagang daging ayam di Pasar Induk Guntur, Kabupaten Garut, Selasa (16/1).

Ia menuturkan, kenaikan harga daging ayam di pasaran membuat banyak konsumen mengeluhkannya, bahkan tidak jadi membeli daging dengan alasan terlalu mahal.

Akibat penurunan minat pembeli, kata dia, pedagang daging ayam merugi dan memilih menutup kiosnya sampai harga kembali normal.

“Bagi pedagang sangat berat dengan harga daging sekarang ini, karena dipastikan tidak akan ada yang mau beli,” katanya lagi.

Menurut dia, kenaikan harga daging ayam tersebut disebabkan pasokan berkurang, sedangkan permintaan daging pada awal Januari 2018 tinggi untuk acara pernikahan maupun khitanan.

Asep berharap, pasokan daging ayam ke pasar di Garut kembali normal, sehingga harga menjadi turun dan masyarakat mau membeli ayam untuk kebutuhan keluarganya.

“Saya sendiri bingung, kenapa tidak ada barang di pasaran, termasuk di distributor,” katanya pula.

Seorang ibu rumah tangga, Kusuma (30) mengeluhkan kenaikan harga itu, bahkan sulit mendapatkan daging ayam di pasaran.

Sejumlah kios pedagang daging ayam di pasar, kata dia, banyak yang tutup, kalau pun ada yang buka, pedagang menjualnya cukup tinggi dengan harga Rp40 ribu per kilogram.

Menurut dia, kenaikan harga daging ayam tersebut terlalu tinggi dari harga normal Rp28 ribu sampai Rp30 ribu per kilogram.

“Sekarang harganya jadi Rp40 ribu per kilogram, terlalu mahal, tapi mau tidak mau saya beli karena perlu,” kata Kusuma di Pasar Samarang, Garut. (Ant/SU05)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Inilah 4 Keuntungan Membeli Apartemen Tipe Studio

Tinggal di apartemen saat ini sudah menjadi gaya hidup. Lokasi yang strategis dan ditunjang dengan berbagai fasilitas kemudahan menyebabkan banyak masyarakat urban, khususnya para eksekutif muda tertarik untuk tinggal di hunian vertikal.

Aksi Solidaritas Jurnalis-Aktivis di Pengadilan Tinggi Kalsel: Diananta Tidak Sendiri

Para aktivis dan jurnalis terus menggelar aksi solidaritas untuk mantan Pemred Banjarhits, Diananta Putera Sumedi yang disidang sebab menulis berita konflik lahan masyarakat adat versus perusahaan.

Masuki Masa Transisi New Normal, AMSI Jatim Keluarkan 7 Poin Imbauan

Mencermati perkembangan penyebaran Covid-19 di masa transisi New Normal yang semakin meningkat, AMSI Jawa Timur, mengeluarkan 7 poin imbauan.

CFD Kembali Ditiadakan, Fahira: Review dan Evaluasi Kunci Jakarta Kendalikan Covid-19

Senator DKI Jakarta Fahira Idris mengapresiasi keputusan Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta yang kembali meniadakan sementara kegiatan car free day (CFD).

Inilah 5 Kota Yang Jadi Incaran Calon Pembeli Rumah Saat Pandemi Covid-19

Pandemi corona telah mengubah wajah bisnis tanah air, termasuk sektor properti. Jika dulu orang membeli rumah harus datang ke lokasi proyek, sekarang tidak lagi.

Senator DKI: Pasar Harus Jadi Area Paling Aman dari Penyebaran Corona

Pencegahan penyebaran corona di pasar termasuk pasar tradisional menjadi salah satu langkah strategis dan efektif untuk menahan laju dan menghentikan penularan dan penyebaran Covid-19 di Indonesia

TERPOPULER