SCROLL KE ATAS UNTUK BACA BERITA

MENU

Hanya Dalam Sehari, Alibaba Himpun 30 Miliar Dolar lewat 11.11 Global Shopping Festival

SHANGHAI, SERUJI.CO.ID – Raksasa e-commerce Tiongkok, Alibaba Group Holding Ltd berhasil memecahkan rekor menghimpun 213,5 miliar yuan (30,70 miliar dolar AS) melalui ajang penjualan online menyambut “Singles Day”, meskipun secara tahunan penjualan turun ke tingkat paling lambat.

Pembeli di Cina dan seluruh dunia dikagetkan dengan penjualan barang-barang seperti iPhone, furnitur, dan susu bubuk ying dimulai sebelum fajar, Alibaba seperti dilaporkan Reuters, mencatat meraih 10 miliar dolar AS dalam penjualan satu jam pertama setelah tengah malam di ajang 11.11 Global Shopping Festival.

“Singles Day” atau juga disebut “Double 11” merupakan acara penjualan belanja online terbesar bahkan melampaui gabungan penjualan online terbesar di AS yakni Black Friday dan Cyber Monday.

Awalnya acara ini untuk menyambut liburan siswa untuk menyambut singles day pengganti hari Valentine, akan tetapi berkembang menjadi festival belanja online satu bulan penuh dengan puncak penjualan pada tanggal 11 November.

Tahun ini, perusahaan melampaui penjualan satu hari penuh tahun 2017 sebesar 168 miliar yuan dalam waktu kurang dari enam belas jam.

Baca juga: Hanya Dalam 1 Jam Alibaba Raup Miliaran Dolar dalam 11.11 Global Shopping Festival 2018

Meskipun harga terlampui namun tingkat pertumbuhan penjualan tahunan turun dari 39 persen menjadi 27 persen atau berada di tingkat terendah dalam 10 tahun sejarah acara.

Hal ini terjadi lantaran perusahaan bergulat dengan penjualan yang prospeknya lebih singkat di tengah ketegangan perdagangan dengan AS.

Awal bulan ini Alibaba merevisi turun penjualan prospek setahun penuhnya 4-6 persen sehingga mempengaruhi harga saham perusahaan, yang telah turun sekitar 16 persen atau hampir dua kali lipat dari tahun 2017.

Pertumbuhan penjualan online juga melambat di mega-kota timur negara itu, termasuk Shanghai dan Beijing, dan Alibaba menyebutkan sekitar 75 persen dari pendatang baru di kuartal terakhir berada di wilayah kurang berkembang.

Peralatan kecil dan kosmetik masih memiliki pasar yang kuat pada penjualan hari Ahad, namun tidak demikian halnya dengan penjualan barang-barang besar seiring turunnya pasar perumahan. (Ant/SU01)

Ingin mengabarkan peristiwa atau menulis opini? Silahkan tulis di kanal WARGA SERUJI dengan klik link ini

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

BERITA TERBARU

spot_img

TERPOPULER