Menko Darmin Yakini Perekonomian 2017 Tumbuh 5,4 Persen

JAKARTA, SERUJI.CO.ID – Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution meyakini pertumbuhan ekonomi Indonesia sepanjang 2017 dapat mendekati 5,4 persen.

“Pertumbuhan ekonomi tahun ini kalau kami melihatnya masih akan bergerak di angka yang mungkin mendekati 5,4 persen. Kami berusaha mencapai itu,” kata Darmin ditemui di Gedung Kemenko Perekonomian, Jakarta, Senin.

Sebagai pembanding, Bank Dunia dan Bank Pembangunan Asia (Asian Development Bank/ADB) sebelumnya memproyeksikan ekonomi Indonesia tumbuh di kisaran 5,1 persen sepanjang 2017.

“Kebutuhannya agak tinggi untuk ke arah 5,4 persen. Pemerintah melihat perkembangan ekonomi masih baik, memang yang tidak terlalu menggembirakan dari segi pertumbuhan belanja dan penerimaan pemerintah,” kata Darmin.

Ia juga menilai belanja pemerintah belum terlalu baik, namun pertumbuhannya sudah lebih tinggi dari pertumbuhan tahun lalu dibanding tahun sebelumnya, meskipun belum setinggi yang diharapkan.

Selain komposisi belanja dan penerimaan pemerintah, pergerakan kredit juga dinilai masih susah untuk menopang pertumbuhan ekonomi ke arah yang lebih tinggi.

“Sementara investasi dan ekspor itu baik. Walaupun secara bulanan mungkin pertumbuhannya tidak terlalu tinggi lagi, tetapi kalau secara tahunan masih tinggi pertumbuhan ekspornya,” ucap Darmin. (Ant/SU03)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Mengapa Riset di Indonesia ‘Mandul’? Belajar dari Thomas Edison-GE

Mengapa riset di perguruan tinggi kita mandul? Mengapa hanya menghasilkan dokumen  di rak-rak perpustakaan atau link internet yang hanya dibaca secara terpaksa oleh para mahasiswa yang sedang mengerjakan skripsi? Simak jawabannya di sini

Membangun Kembali Budaya Bahari

Penjajah meninggalkan perangkat pelanggengan penjajahan melalui persekolahan. Persekolahan tidak pernah dirancang untuk mencerdaskan kehidupan bangsa.

Terpilih Secara Aklamasi, Sutopo Kristanto Pimpin IKA ITS Periode 2019-2023

Pria kelahiran Tulungagung, 25 Desember 1954 ini menggantikan Ketua Umum sebelumnya, Dwi Sutjipto yang merupakan Kepala SKK Migas. Adapun Sutopo sehari-harinya adalah Presiden Direktur PT Jaya Konstruksi.

“Tenggelamkan!” Yang Populer di Era Susi Pudjiastuti, Bakal Hilang di Era Edhy Prabowo

"Tenggelamkan!" yang selama 5 tahun belakangan akrab di telinga masyarakat, akan hilang pasca Susi tidak lagi menjabat sebagai Menteri KKP, digantikan politisi Gerindra, Edhy Prabowo.

Bantah Pangkas Anggaran Pendidikan Demi Formula E, Begini Penjelasan Pemprov DKI

Malah kata Syaefuloh, Pemprov DKI Jakarta terus melakukan peningkatan anggaran rehabilitasi total gedung sekolah secara signifikan, terutama pada 2017 sampai 2020

Pangkas Anggaran Pendidikan Demi Formula E, PSI: Bukti Kepedulian Anies Sangat Rendah Pada Pelajar

Diungkapkan Anggara, bahwa untuk melaksanakan perhelatan balap mobil listrik tersebut, Pemprov DKI menganggarkan sebesar Rp1,16 triliun. Namun, anggaran sebesar itu ternyata diambil dengan cara memangkas anggaran lain yang jauh lebih penting.

Bertemu Dubes Saudi Siang Ini, Menhan Prabowo Akan Bahas Soal Habib Rizieq

Dalam pertemuan yang direncanakan berlangsung pukul 15.00 WIB tersebut, Prabowo berharap dapat juga membahas soal klaim HRS yang mengatakan dicekal Kerajaan Arab Saudi.

Setelah 25 Tahun Bekerja Sebagai Dokter, Baru Ketahuan Ijazah Yang Digunakan Palsu

Ijazah kedokteran SU diketahui palsu setelah 25 tahun bekerja sebagai dokter di PT Pelni.

TERPOPULER

Jin Tidak Takut dengan Bacaan Ayat Kursi

Mars Ya Lal Wathon Berkumandang di Istiqhotsah Kubro NU

Indonesia Biladi, Anta ‘Unwanul Fakhoma, Kullu May Ya’tika Yauma, Thomihay Yalqo Himama
close