Menkop Dukung Gagasan Forkom Koperasi Besar Indonesia Bentuk Cooperative Incorporated

JAKARTA, SERUJI.CO.ID – Menteri Koperasi dan UKM AAGN Puspayoga mendukung dan memberikan respon positif terhadap gagasan Forum Komunikasi Koperasi Besar Indonesia (Forkom KBI) untuk membentuk Cooperative Incorporated.

Menteri Puspayoga dalam keterangan tertulis di Jakarta, Rabu (6/2), mengatakan gagasan itu akan mengubah citra perkoperasian sebagai entitas bisnis yang bisa bersaing dengan pelaku ekonomi lainnya.

“Saya dukung gagasan besar dan sekaligus ide Forkom KBI ini, terlebih di saat iklim perkoperasian kita masih belum kondusif. Tapi tataran ide tersebut harus segera diimplementasikan dalam sebuah kerja konkret,” ujarnya.

Puspayoga melakukan dialog dengan Forkom KBI terkait gagasan dan program kerja Forkom KBI khususnya gagasan tentang Cooperative Incorporated (CI).

Pada kesempatan itu Sekjen Forkom KBI Irsyad Muchtar menjelaskan CI merupakan upaya menghimpun segenap potensi bisnis koperasi skala besar agar mampu bersaing di percaturan nasional.

“Selama ini pola pikir tentang koperasi hanyalah bisnis pinggiran yang terus dihembuskan berbagai kalangan termasuk oleh aparat pemerintah sendiri yang wawasannya tentang koperasi sebagai bisnis besar memang terbatas. Melalui sinergi koperasi besar yang berhimpun dalam Forkom KBI kita ingin tunjukkan bahwa koperasi juga punya bisnis besar, punya hotel, mal, rumah sakit dan media massa serta bisnis besar lainnya,” ujar Irsyad.

Sebagai contoh dia menyebutkan sejumlah koperasi penyandang nama besar, seperti Kospin Jasa Pekalongan yang anak usahanya sudah listing di Bursa Efek Jakarta, KSP Sejahtera Bersama Bogor dan Kopdit Keling Kumang dengan bisnis hotel, Primkokas Cilegon yang punya mal, UGT Sidogiri yg sudah memiliki usaha rumah sakit dan perbankan.
“Cooperative Incorporated akan menyinergikan semua potensi bisnis besar itu dalam skala yang lebih masif,” ujar Irsyad.

Salah satu langkah konkret, dalam pertemuan itu UGT menawarkan sebidang tanahnya di bilangan Kebun Jeruk Jakarta Barat untuk usaha bersama.
“Kita akan tawarkan kepada teman-teman Forkom KBI membangun Indonesia Coop Tower, sebuah gedung bersama yang kita biayai bersama sekaligus sebagai ikon bisnis dan gengsi koperasi Indonesia,” tutur Sekretaris Pengurus KSPPS UGT Sidogiri, Thoha Putra.

Sejumlah perwakilan koperasi yang hadir pada kesempatan itu antara lain Kospin Jasa Pekalongan, Kisel Jakarta, KSP Sejahtera Bersama Bogor Jawa Barat, Kopsyah BMI Tangerang Banten, KSPPS UGT Sidogiri Jawa Timur, KSP Kodanua, KSP CU Pintu Air, KSP CU Obor Mas Maumere NTT, KSP Makmur Mandiri Bekasi Jabar, Koapgi Tangerang Banten, Tunas Artha Mandiri, Kopelindo, Kopkar Bukopin, Koperasi Setia Budi Malang, Koperasi Kuta Mimba Kuta Bali, dan Koppas Srinadi. (Ant/SU01)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Pasca Kecelakaan Tulang Belakang, Kaki Sering Nyeri dan Perih, Apa Sebabnya?

Pada 16 tahun yang lalu saya pernah kecelakaan dan tiga ruas tulang belakang remuk. 3 bulan awal kaki kiri saya tidak bisa berjalan, 6 bulan berikutnya sudah bisa jalan walaupun tidak sekuat kaki kanan, sampai sekarang.

Belajar, Bukan Bersekolah

Akhir pandemi belum juga jelas, satu hal sekarang makin jelas: Gedung-gedung megah persekolahan itu makin tidak relevan jika dipaksakan untuk kembali menampung kegiatan bersekolah lagi. Sekolah harus direposisi. Juga guru.

Bertema “Inovasi Beyond Pandemi”, AMSI Gelar Indonesian Digital Conference 2020

Ketua Umum AMSI, Wenseslaus Manggut mengatakan IDC yang digelar AMSI bertujuan untuk melihat sejauh mana berbagai sektor melakukan inovasi di tengah pandemi Covid-19 dan seperti apa ke depan.

Cek Fakta: Debat Pilkada Tangsel, Seluruh Paslon Minim Paparkan Data

Debat pemilihan umum kepala daerah (pilkada) Tangerang Selatan (Tangsel) membeberkan program kerja yang dimiliki para peserta. Sayangnya, dalam debat tersebut masing-masing pasangan calon (paslon) lebih banyak bicara dalam tatanan konsep.

PasarLukisan.com Gelar Pameran Lukisan Virtual Karya Pelukis dari Berbagai Daerah

"Ini adalah solusi yang diharapkan akan memecahkan kebekuan kegiatan kesenian, khususnya pameran seni rupa, akibat pandemi yang belum kunjung berakhir," kata M. Anis,

Paman Donald dan Eyang Joe

Banyak yang usil menyamakan pilpres Amerika dengan Indonesia, termasuk kemungkinan Biden akan mengajak Trump bertemu di MRT dan menawarinya menjadi menteri pertahanan.

Berikut Berbagai Larangan Bagi Penasihat Investasi Yang Diatur dalam Keputusan BPPM

Penasihat Investasi dalam menjalankan kegiatannya harus bersikap hati–hati, dikarenakan terdapat larangan yang harus diperhatikan oleh Penasihat Investasi agar terhindar dari sanksi.

TERPOPULER