KOMANDO Diluncurkan untuk Pemberdayaan Umat, Fuad Bawazier Jadi Penasihat

JAKARTA – Sebuah koperasi baru diluncurkan di Jakarta untuk turut berperan serta dalam membangkitkan dan memberdayakan ekonomi umat. Koperasi Masyarakat Madani Indonesia atau disingkat KOMANDO dideklarasikan pendiriannya, Sabtu(18/2), bertempat di di Al Jazeera Convention Hall, Cipinang Cempedak, Jakarta Timur. Fuad Bawazier, mantan menteri keuangan, dipilih sebagai salah satu penasihat KOMANDO.

“Sekitar 50 orang dari perwakilan berbagai daerah di Indonesia, telah memutuskan pendirian koperasi nasional sebagai wadah umat dalam pergerakan ekonomi. Koperasi ini diharapkan bisa menjadi soko guru ekonomi Indonesia,” jelas Eka Gumilar, inisiator pembentukan KOMANDO melalui siaran pers yang diterima SERUJI.

Eka juga menjelaskan bahwa KOMANDO memiliki visi menjadi lembaga ekonomi yang berperan kuat dalam memberdayakan masyarakat madani menuju sejahtera, adil makmur, dan sentosa. “Dengan langkah misinya, yaitu mengembangkan ekonomi umat dengan landasan syariah Islam, memberdayakan segala potensi ekonomi umat,” katanya.

Pada musyawarah KOMANDO tersebut, juga telah disepakati beberapa hal antara lain, penetapan ketua umum, ketua dewan pengawas, sekretaris, dan bendahara. Pemilihan pengurus dijalankan secara musyawarah untuk mencapai mufakat dengan melihat kemampuan, kompetensi, kapabilitas, dan pengalaman.

“Saya menyerahkan kepengurusan KOMANDO secara profesional kepada putra terbaik bangsa yang ahli dibidangnya. Lulusan dalam dan luar negeri untuk mengabdikan diri di kepengurusan KOMANDO. KOMANDO harus menjadi koperasi umat yang dikelola secara profesional juga memiliki target yang jelas,” ungkap Eka Gumilar dalam sambutannya.

Adapun susunan kepengurusan sebagai berikut:

Dewan Penasihat:
Fuad Bawazier
Subiakto Tjakrawerdaya
Jendral (P) Joko Santoso
Prof Dr Muh Asdar
Prof Wisnu Garjito
Eko S Santjojo SH MH
Ferry Koto

Dewan Pengawas:
Ketua: Eka Gumilar
Brigjen Pol (P) Dr Dede Jayalaksana
KH Muhamad Hidayat
Dr. Suryani Motik

Pengurus:
Ketua Umum: Cholil Hasan SE MBA
Sekretaris Umum: Tengku Shahindra STP MM
Bendahara: Windya ST
Internal Audit: Dr  Dharmayuwatie

Ketua umum terpilih Cholil Hasan adalah profesional yang menjabat sebagai top eksekutif di beberapa bank swasta dan asuransi dan perusahaan IT. Selain mengenyam pendidikan 9 tahun di Amerika, dia juga berpengalaman memimpin Asuransi Bumiputera yang anggotanya jutaan peserta sebagai direktur utama.

EDITOR: Rizky

8 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Belajar, Bukan Bersekolah

Akhir pandemi belum juga jelas, satu hal sekarang makin jelas: Gedung-gedung megah persekolahan itu makin tidak relevan jika dipaksakan untuk kembali menampung kegiatan bersekolah lagi. Sekolah harus direposisi. Juga guru.

Bertema “Inovasi Beyond Pandemi”, AMSI Gelar Indonesian Digital Conference 2020

Ketua Umum AMSI, Wenseslaus Manggut mengatakan IDC yang digelar AMSI bertujuan untuk melihat sejauh mana berbagai sektor melakukan inovasi di tengah pandemi Covid-19 dan seperti apa ke depan.

Cek Fakta: Debat Pilkada Tangsel, Seluruh Paslon Minim Paparkan Data

Debat pemilihan umum kepala daerah (pilkada) Tangerang Selatan (Tangsel) membeberkan program kerja yang dimiliki para peserta. Sayangnya, dalam debat tersebut masing-masing pasangan calon (paslon) lebih banyak bicara dalam tatanan konsep.

PasarLukisan.com Gelar Pameran Lukisan Virtual Karya Pelukis dari Berbagai Daerah

"Ini adalah solusi yang diharapkan akan memecahkan kebekuan kegiatan kesenian, khususnya pameran seni rupa, akibat pandemi yang belum kunjung berakhir," kata M. Anis,

Paman Donald dan Eyang Joe

Banyak yang usil menyamakan pilpres Amerika dengan Indonesia, termasuk kemungkinan Biden akan mengajak Trump bertemu di MRT dan menawarinya menjadi menteri pertahanan.

Berikut Berbagai Larangan Bagi Penasihat Investasi Yang Diatur dalam Keputusan BPPM

Penasihat Investasi dalam menjalankan kegiatannya harus bersikap hati–hati, dikarenakan terdapat larangan yang harus diperhatikan oleh Penasihat Investasi agar terhindar dari sanksi.

TERPOPULER

Jin Tidak Takut dengan Bacaan Ayat Kursi

Mengenal Ide Pendirian Ruangguru.com, Berawal Dari Kesulitan Iman Usman dan Belva Devara

Inspirasi bisnis bisa datang darimana saja. Termasuk dari masalah yang kita hadapi sehari-hari.