Jumlah Kredit BPR Sulut Mengalami Kenaikan

MANADO – Jumlah kredit Bank Perkreditan Rakyat (BPR) Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) meningkat hingga Rp. 790 miliyar hingga Juni 2017.

“Melihat realisasi pinjaman BPR yang ada di Sulut mengalami peningkatan dari waktu ke waktu, berarti pelaku usaha makin percaya dengan pelayanan BPR Sulut,” kata Kepala Otoritas Jasa keuangan (OJK) Sulut Gorontalo dan Maluku Utara (Sulutgomalut) Elyanus Pongsoda di Manado, Jumat (25/8).

Dia mengatakan memang harus diakui kredit ke sektor produktif masih lebih rendah jika dibandingkan dengan sektor konsumtif.

“Namun diharapkan porsi kredit sektor produktif BPR harus lebih besar,” kata Elyanus.

Dengan rendahnya kredit di sektor produktif masih rendah, maka dari itu OJK berharap agar BPR terus untuk menyalurkan dana ke sektor riil, karena hal ini merupakan tugas dan tujuan utama dari BPR.

“BPR kita harapkan mendorong peningkatan kredit. Tapi di sisi lain pelaku usaha juga harus menyadari, bahwa dana tersebut merupakan pinjaman yang wajib dikembalikan. Dengan pengembalian itu, bank akan termotivasi melakukan ekspansi ke berbagai sektor,” katanya.

Kredit bermasalah atau non performing loan (NPL) BPR Sulut hingga Juni 2017 mencapai 13,64 persen atau mengalami peningkatan jika dibandingkan dengan posisi yang sama tahun lalu sebesar 12,85 persen. (Ant/Frdn)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Reuni 212, Aksi Yang Berat Terasa Ringan

Aksi reuni 212 tahun 2018 ini bukan hanya dihadiri oleh kaum muslimin, tapi juga oleh pemuka lintas agama. Sebuah spirit yang sangat besar pengaruhnya untuk perubahan bangsa ke depan. Ini sebuah bukti lagi, bahwa umat islam bukan pecundang. Umat Islam bukan teroris pemecah belah bangsa, umat islam bukan anti kebhinnekaan .....

Salah Besar Bila Disebut Konflik Agraria Tidak Ada 3 Tahun Terakhir, Berikut Datanya

Pendapat Guru Besar hukum terkait pernyataan capres nomor urut 01, Jokowi soal tidak adanya sengketa lahan dalam kurun 3 tahun ini di proyek infrastruktur.

Inilah 4 Keuntungan Membeli Apartemen Tipe Studio

Tinggal di apartemen saat ini sudah menjadi gaya hidup. Lokasi yang strategis dan ditunjang dengan berbagai fasilitas kemudahan menyebabkan banyak masyarakat urban, khususnya para eksekutif muda tertarik untuk tinggal di hunian vertikal.

Aksi Solidaritas Jurnalis-Aktivis di Pengadilan Tinggi Kalsel: Diananta Tidak Sendiri

Para aktivis dan jurnalis terus menggelar aksi solidaritas untuk mantan Pemred Banjarhits, Diananta Putera Sumedi yang disidang sebab menulis berita konflik lahan masyarakat adat versus perusahaan.

Masuki Masa Transisi New Normal, AMSI Jatim Keluarkan 7 Poin Imbauan

Mencermati perkembangan penyebaran Covid-19 di masa transisi New Normal yang semakin meningkat, AMSI Jawa Timur, mengeluarkan 7 poin imbauan.

CFD Kembali Ditiadakan, Fahira: Review dan Evaluasi Kunci Jakarta Kendalikan Covid-19

Senator DKI Jakarta Fahira Idris mengapresiasi keputusan Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta yang kembali meniadakan sementara kegiatan car free day (CFD).

Inilah 5 Kota Yang Jadi Incaran Calon Pembeli Rumah Saat Pandemi Covid-19

Pandemi corona telah mengubah wajah bisnis tanah air, termasuk sektor properti. Jika dulu orang membeli rumah harus datang ke lokasi proyek, sekarang tidak lagi.

Senator DKI: Pasar Harus Jadi Area Paling Aman dari Penyebaran Corona

Pencegahan penyebaran corona di pasar termasuk pasar tradisional menjadi salah satu langkah strategis dan efektif untuk menahan laju dan menghentikan penularan dan penyebaran Covid-19 di Indonesia

TERPOPULER