Tips Mendapatkan Asuransi dengan Premi Terjangkau


SERUJI.CO.ID – Meski memiliki asuransi termasuk penting untuk memberikan perlindungan terhadap seluruh anggota keluarga, namun sampai saat ini jumlah pemegang polis asuransi di Indonesia sendiri termasuk sedikit. Kebanyakan keluarga Indonesia tidak mampu untuk membayar premi asuransi dikarenakan ketidakmampuan untuk membayarnya rutin setiap tahun ataupun bulan.

Namun, hal ini tidak lagi menjadi masalah karena kini sudah banyak tersedia berbagai produk asuransi yang menawarkan premi asuransi terjangkau. Hal yang terpenting adalah, Anda mengetahui bagaimana caranya untuk memperoleh premi yang murah namun tetap bagus. Bagaimana langkahnya? Berikut panduan lengkap untuk Anda.

Panduan Mendapatkan Premi Terjangkau

1. Mulai mendaftarkan diri dalam produk asuransi sejak berusia muda

Patut Anda pahami bahwa perhitungan premi yang harus dibayarkan oleh nasabah dihitung dari usia orang tersebut memulai asuransinya. Apabila asuransi dimulai sejak usia muda, maka preminya akan jauh lebih murah ketimbang mereka yang baru memulai asuransi di usia 40 tahun ke atas.

Hal ini dikarenakan perusahaan asuransi melihat mereka yang masih muda akan cenderung lebih sehat dan terhindar dari penyakit. Sayangnya, masih banyak orang usia muda yang memilih mengabaikan asuransi kesehatannya karena menganggap dirinya masih segar bugar.

2. Pilih minimum premi terendah

Setiap perusahaan asuransi akan menawarkan minimum premi yang berbeda-beda. Minimum premi sendiri adalah tetapan jumlah premi yang paling rendah yang ditetapkan perusahaan. Anda sebaiknya membandingkan antara satu premi dengan premi lainnya yang ditawarkan oleh perusahaan yang berbeda.

Ada perusahaan yang menawarkan premi minimum mulai dari Rp 400 ribu, namun ada pula yang dimulai dari Rp 200 ribuan. Perusahaan tidak akan menerima penawaran premi yang lebih rendah dari premi minimum. Oleh karena itu periksa setiap premi minimum yang disediakan perusahaan.

3. Menjalani gaya hidup sehat

Tahukah Anda bahwa perusahaan asuransi memiliki sistem Extra Premi yang akan dibebankan kepada nasabah yang sudah terindikasi memiliki penyakit. Misalnya saja premi dasar yang Anda pilih hanya Rp 500 ribuan, namun ketika Anda sudah terindikasi memiliki penyakit terutama penyakit degeneratif, maka jumlah premi tersebut bisa bertambah.

Apabila ketika pengajuan Anda terindikasi memiliki kolesterol tinggi hingga berisiko stroke, maka premi bisa bertambah hingga setengahnya. Oleh karena itu sangat penting supaya Anda menjalani hidup sehat agar premi rendah.

4. Tidak perlu mengambil asuransi seumur hidup

Jika keinginan Anda adalah ingin memiliki asuransi yang menawarkan premi rendah, maka hindari memilih asuransi seumur hidup. Asuransi seumur hidup akan membuat perhitungan premi yang dibebankan perusahaan semakin tinggi dikarenakan perusahaan harus menjamin Anda selama mungkin hingga meninggal.

Pilihlah asuransi yang hanya menjamin hingga usia 70 tahun. Maka setelah usia melewati 70 tahun, artinya Anda tidak perlu membayar premi lagi. Dalam hal ini adalah asuransi jiwa di mana Anda sebenarnya sudah tidak perlu ikut asuransi lagi ketika anak-anak Anda sudah dewasa dan dapat bekerja.

5. Pilih asuransi jiwa yang murni

Usahakan untuk memilih asuransi jiwa yang murni. Seluruh uang premi asuransi Anda belikan produk asuransi. Premi asuransi murni memang lebih murah ketimbang asuransi tambahan yang menambahkan perhitungan investasi ke dalam uang premi.

Selain memilih asuransi jiwa yang murni, sebaiknya pilih pula asuransi yang tidak menambahkan rider. Rider sendiri merupakan tambahan di dalam polis agar manfaat yang diperoleh bertambah. Meski bagus, namun ini akan menambah nilai premi.

Cara Dapatkan Premi Terbaik Lewat Lifepal

Keberadaan marketplace yang menghimpun berbagai produk asuransi yang ditawarkan oleh setiap perusahaan asuransi akan sangat membantu Anda yang ingin mencari premi asuransi yang terjangkau. Di Lifepal, ada sekitar 100 premi yang akan ditampilkan dari setiap kategori produk asuransi yang ditawarkan. Misalnya saja, kategori asuransi kesehatan, jiwa, keluarga, asuransi kecelakaan dan masih banyak lagi.

Selain premi yang beragam, Lifepal juga menghimpun sekitar 37 perusahaan asuransi. Tidak hanya asuransi dari perusahaan swasta, namun asuransi dari BPJS juga terdapat di Lifepal. Bahkan asuransinya termasuk asuransi BPJS+. Dengan mengikutsertakan diri dalam asuransi BPJS+, maka Anda akan memperoleh manfaat tambahan yang tidak ditanggung oleh BPJS. Premi premiumnya bahkan mulai dari Rp 7.500/tahun.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Fahira ke Haters Anies: Jangan Sering Gol Bunuh Diri Nanti Kehabisan Energi

Bedakan wilayah Bekasi, Tangerang dan DKI saja tidak mampu. Siapa pengelola Kawasan GBK dan Jembatan Utan Kemayoran saja tidak paham. Bagaimana mau mau kritik apalagi menyerang.

Sering Kesemutan di Tangan Maupun Kaki Sejak Usia Muda, Apakah Sebabnya?

Kesemutan yang saya derita mudah timbul, semisal saat mengendarai sepeda motor, tangan saya memegang stang meskipun tidak erat dalam waktu 10 menit kedua tangan saya merasa kesemutan bercampur kebas, dan akan normal kembali apabila saya lepas.

Dinilai Lembek ke China Soal Natuna, PA 212 Minta Presiden Jokowi Pecat Prabowo

Menurut PA 212, langkah yang diambil Prabowo sangat kontras dengan sikap Presiden Jokowi yang tidak mau berkompromi dengan China yang telah melakukan pelanggaran batas wilayah di perairan Natuna.

Inilah Kekayaan Bupati Sidoarjo Saiful Ilah Yang Kena OTT KPK

Jumlah harta Saiful ini melonjak hampir empat kali lipat dibanding saat awal ia menjabat Wakil Bupati Sidoarjo periode 2005-2010, yang berdasarkan LHKPN tertanggal 28 April 2006 bernilai total Rp17.349.095.000.

Flash: Bupati Sidoarjo Kena OTT KPK Terkait Dugaan Pengadaan Barang dan Jasa

OTT KPK ini, adalah juga yang pertama kali sejak revisi UU KPK diundangkan menjadi UU Nomor 19 Tahun 2019 atas perubahan kedua atas UU Nomor 30 Tahun 2002.

Utang RI Meroket Rp4.778 Triliun, Sri Mulyani: Kita Masih Lebih Hati-hati Dibanding Malaysia

Bahkan, jika dibanding negara tetangga seperti Malaysia, Singapura dan Filipina, jelas Sri Mulyani, pengendalian utang Indonesia jauh lebih hati-hati.

TERPOPULER

Mars Ya Lal Wathon Berkumandang di Istiqhotsah Kubro NU

Indonesia Biladi, Anta ‘Unwanul Fakhoma, Kullu May Ya’tika Yauma, Thomihay Yalqo Himama
close