Tips Mendapatkan Asuransi dengan Premi Terjangkau

SERUJI.CO.ID – Meski memiliki asuransi termasuk penting untuk memberikan perlindungan terhadap seluruh anggota keluarga, namun sampai saat ini jumlah pemegang polis asuransi di Indonesia sendiri termasuk sedikit. Kebanyakan keluarga Indonesia tidak mampu untuk membayar premi asuransi dikarenakan ketidakmampuan untuk membayarnya rutin setiap tahun ataupun bulan.

Namun, hal ini tidak lagi menjadi masalah karena kini sudah banyak tersedia berbagai produk asuransi yang menawarkan premi asuransi terjangkau. Hal yang terpenting adalah, Anda mengetahui bagaimana caranya untuk memperoleh premi yang murah namun tetap bagus. Bagaimana langkahnya? Berikut panduan lengkap untuk Anda.

Panduan Mendapatkan Premi Terjangkau

1. Mulai mendaftarkan diri dalam produk asuransi sejak berusia muda

Patut Anda pahami bahwa perhitungan premi yang harus dibayarkan oleh nasabah dihitung dari usia orang tersebut memulai asuransinya. Apabila asuransi dimulai sejak usia muda, maka preminya akan jauh lebih murah ketimbang mereka yang baru memulai asuransi di usia 40 tahun ke atas.

Hal ini dikarenakan perusahaan asuransi melihat mereka yang masih muda akan cenderung lebih sehat dan terhindar dari penyakit. Sayangnya, masih banyak orang usia muda yang memilih mengabaikan asuransi kesehatannya karena menganggap dirinya masih segar bugar.

2. Pilih minimum premi terendah

Setiap perusahaan asuransi akan menawarkan minimum premi yang berbeda-beda. Minimum premi sendiri adalah tetapan jumlah premi yang paling rendah yang ditetapkan perusahaan. Anda sebaiknya membandingkan antara satu premi dengan premi lainnya yang ditawarkan oleh perusahaan yang berbeda.

Ada perusahaan yang menawarkan premi minimum mulai dari Rp 400 ribu, namun ada pula yang dimulai dari Rp 200 ribuan. Perusahaan tidak akan menerima penawaran premi yang lebih rendah dari premi minimum. Oleh karena itu periksa setiap premi minimum yang disediakan perusahaan.

3. Menjalani gaya hidup sehat

Tahukah Anda bahwa perusahaan asuransi memiliki sistem Extra Premi yang akan dibebankan kepada nasabah yang sudah terindikasi memiliki penyakit. Misalnya saja premi dasar yang Anda pilih hanya Rp 500 ribuan, namun ketika Anda sudah terindikasi memiliki penyakit terutama penyakit degeneratif, maka jumlah premi tersebut bisa bertambah.

Apabila ketika pengajuan Anda terindikasi memiliki kolesterol tinggi hingga berisiko stroke, maka premi bisa bertambah hingga setengahnya. Oleh karena itu sangat penting supaya Anda menjalani hidup sehat agar premi rendah.

4. Tidak perlu mengambil asuransi seumur hidup

Jika keinginan Anda adalah ingin memiliki asuransi yang menawarkan premi rendah, maka hindari memilih asuransi seumur hidup. Asuransi seumur hidup akan membuat perhitungan premi yang dibebankan perusahaan semakin tinggi dikarenakan perusahaan harus menjamin Anda selama mungkin hingga meninggal.

Pilihlah asuransi yang hanya menjamin hingga usia 70 tahun. Maka setelah usia melewati 70 tahun, artinya Anda tidak perlu membayar premi lagi. Dalam hal ini adalah asuransi jiwa di mana Anda sebenarnya sudah tidak perlu ikut asuransi lagi ketika anak-anak Anda sudah dewasa dan dapat bekerja.

5. Pilih asuransi jiwa yang murni

Usahakan untuk memilih asuransi jiwa yang murni. Seluruh uang premi asuransi Anda belikan produk asuransi. Premi asuransi murni memang lebih murah ketimbang asuransi tambahan yang menambahkan perhitungan investasi ke dalam uang premi.

Selain memilih asuransi jiwa yang murni, sebaiknya pilih pula asuransi yang tidak menambahkan rider. Rider sendiri merupakan tambahan di dalam polis agar manfaat yang diperoleh bertambah. Meski bagus, namun ini akan menambah nilai premi.

Cara Dapatkan Premi Terbaik Lewat Lifepal

Keberadaan marketplace yang menghimpun berbagai produk asuransi yang ditawarkan oleh setiap perusahaan asuransi akan sangat membantu Anda yang ingin mencari premi asuransi yang terjangkau. Di Lifepal, ada sekitar 100 premi yang akan ditampilkan dari setiap kategori produk asuransi yang ditawarkan. Misalnya saja, kategori asuransi kesehatan, jiwa, keluarga, asuransi kecelakaan dan masih banyak lagi.

Selain premi yang beragam, Lifepal juga menghimpun sekitar 37 perusahaan asuransi. Tidak hanya asuransi dari perusahaan swasta, namun asuransi dari BPJS juga terdapat di Lifepal. Bahkan asuransinya termasuk asuransi BPJS+. Dengan mengikutsertakan diri dalam asuransi BPJS+, maka Anda akan memperoleh manfaat tambahan yang tidak ditanggung oleh BPJS. Premi premiumnya bahkan mulai dari Rp 7.500/tahun.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Demikian Mudah Dikenali Sebagai Hoaks, Info 7 Kontainer Surat Suara Masih Telan “Korban”

Yang membuat saya heran, kenapa para politisi, terutama yang menyebarkan info hoaks ini di akun media sosial (walau dalam bentuk tanya sekalipun) tidak mengenali bahwa info ini adalah hoaks?

Gus Ipul Mentransformasi Kota Pasuruan Menuju Smart City

Pemerintah cerdas adalah pemerintah yang mampu menggunakan teknologi untuk melayani masyarakat secara lebih cepat, lebih murah sekaligus lebih terukur. Dinamika perkembangan teknologi juga berpengaruh terhadap kebutuhan dan harapan masyarakat terhadap pelayanan.

E-Sambat, Cara Gus Ipul Manfaatkan Teknologi Digital untuk Layani Warga Kota Pasuruan

Program Smart City atau Kota Cerdas membuat kerja pemerintah menjadi lebih efisien, termasuk dengan cepat dapat merespon berbagai keluhan masyarakat. Seperti yang dilakukan Pemerintah Kota Pasuruan dengan aplikasi e-Sambat.

Smart City di Surabaya Bukan Sekadar Urusan Aplikasi

Ada enam faktor pendukung terciptanya smart city di Kota Surabaya, Jawa Timur. Program ini bukan sekadar urusan aplikasi, namun juga untuk memberdayakan UMKM.

Terinspirasi Jack Ma, Khofifah Dorong UMKM Masuk ke Dunia Digital

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa sejak awal berupaya agar usaha mikro kecil menengah diberikan peluang melalui digitalisasi sistem. Ia terinspirasi Jack Ma, pemilik Alibaba Group, perusahaan e-commerce terbesar di Tiongkok.

Ketum AMSI: Kebutuhan Publik Zaman Now Bukan Hanya Hard News

Media massa digital atau dalam jaringan sudah harus mulai meninggalkan pola pikir konservatif dan konvensional. Masyarakat tak hanya butuh berita keras (hard news), tapi juga informasi keseharian.

Target Pemerintah: 6,1 Juta UMKM On Boarding Setiap Tahun

Usaha mikro kecil menengah di daerah membutuhkan teknologi digital untuk berkembang di era pandemi.

TERPOPULER