Rupiah Kembali Melemah Rp14.202

JAKARTA, SERUJI.CO.ID – Nilai tukar rupiah yang ditransaksikan antarbank di Jakarta pada Kamis (24/5) pagi bergerak melemah sebesar 15 poin menjadi Rp14.202 dibanding posisi sebelumnya Rp14.187 per dolar AS.

Kepala Riset Monex Investindo Futures Ariston Tjendra di Jakarta, Kamis (24/5) mengatakan dolar AS cenderung menguat terhadap mayoritas mata uang dunia, termasuk rupiah menjelang pengumuman penjelasan hasil pertemuan Komite Pasar Terbuka Federal (FOMC) pada awal Mei lalu.

“Pelaku pasar fokus pada proyeksi outlook pertumbuhan ekonomi Amerika Serikat, The Fed cukup optimis sehingga menopang dolar AS,” katanya.

Ia menambahkan bahwa outlook perekonomian Amerika Serikat itu, pasar akan melihat langkah The Fed terkait kebijakan suku bunga acuan selanjutnya.

“Pasar berekspektasi suku bunga The Fed akan naik pada bulan Juni mendatang,” katanya.

Analis Binaartha Sekuritas Reza Priyambada menambahkan bahwa sentimen eksternal mengenai pelemahan mata uang euro akibat indikasi melambatnya aktivitas bisnis turut mempengaruhi mata uang di kawasan Asia.

“Kondisi itu memengaruhi pergerakan rupiah yang kembali tertahan. Diharapkan, pemerintah yang optimistis terhadap fundamental ekonomi nasional dapat menahan tekanan rupiah lebih dalam,” katanya. (Ant/Su02)

1 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

NKRI Bersyariah atau Ruang Publik Yang Manusiawi

Pertanyaannya mengapa hasil Islamicity Index berdasarkan arahan kitab suci Alquran hasilnya tak banyak beda dengan World Happiness Index. Pada dasarnya nilai terbaik dari agama Islam, sebagaimana agama lain, jika diuniversalkan, itu sama dengan aneka nilai manusiawi yang dirumuskan oleh peradaban mutakhir. Nilai yang Islami itu ternyata juga nilai yang manusiawi. Itulah ruang publik yang universal yang bisa dinikmati semua manusia, apapun agama dan keyakinannya.

Inilah 4 Keuntungan Membeli Apartemen Tipe Studio

Tinggal di apartemen saat ini sudah menjadi gaya hidup. Lokasi yang strategis dan ditunjang dengan berbagai fasilitas kemudahan menyebabkan banyak masyarakat urban, khususnya para eksekutif muda tertarik untuk tinggal di hunian vertikal.

Aksi Solidaritas Jurnalis-Aktivis di Pengadilan Tinggi Kalsel: Diananta Tidak Sendiri

Para aktivis dan jurnalis terus menggelar aksi solidaritas untuk mantan Pemred Banjarhits, Diananta Putera Sumedi yang disidang sebab menulis berita konflik lahan masyarakat adat versus perusahaan.

Masuki Masa Transisi New Normal, AMSI Jatim Keluarkan 7 Poin Imbauan

Mencermati perkembangan penyebaran Covid-19 di masa transisi New Normal yang semakin meningkat, AMSI Jawa Timur, mengeluarkan 7 poin imbauan.

CFD Kembali Ditiadakan, Fahira: Review dan Evaluasi Kunci Jakarta Kendalikan Covid-19

Senator DKI Jakarta Fahira Idris mengapresiasi keputusan Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta yang kembali meniadakan sementara kegiatan car free day (CFD).

Inilah 5 Kota Yang Jadi Incaran Calon Pembeli Rumah Saat Pandemi Covid-19

Pandemi corona telah mengubah wajah bisnis tanah air, termasuk sektor properti. Jika dulu orang membeli rumah harus datang ke lokasi proyek, sekarang tidak lagi.

Senator DKI: Pasar Harus Jadi Area Paling Aman dari Penyebaran Corona

Pencegahan penyebaran corona di pasar termasuk pasar tradisional menjadi salah satu langkah strategis dan efektif untuk menahan laju dan menghentikan penularan dan penyebaran Covid-19 di Indonesia

TERPOPULER