Realisasi Pendapatan Negara Capai Rp101,4 Triliun, Menkeu: APBN Tumbuh Positif

JAKARTA, SERUJI.CO.ID – Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengatakan realisasi APBN tercatat tumbuh positif pada periode Januari 2018, yang terlihat dari perbaikan kinerja pendapatan maupun belanja negara.

“Hingga 31 Januari 2018, APBN telah memperlihatkan perkembangan positif dan memberikan optimisme untuk pencapaian kinerja lebih baik,” kata Sri Mulyani dalam jumpa pers di Jakarta, Selasa (20/2).

Sri Mulyani memaparkan realisasi pendapatan negara telah mencapai Rp101,4 triliun atau 5,3 persen dari target APBN 2018 sebesar Rp1.894,7 triliun, atau tumbuh 14,7 persen dari periode sama tahun lalu.

Realisasi pendapatan ini berasal dari penerimaan perpajakan sebesar Rp82,5 triliun, atau tumbuh 11,8 persen dari periode sama 2017, yang hanya mencapai Rp74 triliun.

“Realisasi penerimaan ini didorong oleh tumbuhnya penerimaan dari PPh migas maupun nonmigas, PPnBM serta sektor kepabeanan dan cukai,” kata Sri Mulyani.

Sedangkan, realisasi belanja negara mencapai Rp138,4 triliun atau 6,2 persen dari pagu APBN 2018 sebesar Rp2.220,7 triliun, atau tumbuh 3,9 persen dari periode sama tahun lalu.

Realisasi belanja ini didukung oleh penyerapan belanja pusat yang telah mencapai Rp63,8 triliun, atau tumbuh 10,7 persen dari periode sama 2017, yang hanya mencapai Rp57,6 triliun.

Dari belanja pusat tersebut, realisasi belanja Kementerian Lembaga tercatat sebesar Rp19,7 triliun dan belanja non Kementerian Lembaga sebesar Rp44,1 triliun.

“Realisasi belanja Kementerian Lembaga ini didukung oleh penyerapan belanja bansos yang telah mencapai Rp5,3 triliun atau tumbuh 122,2 persen dari tahun lalu sebesar Rp2,4 triliun,” ujar Sri Mulyani.

Dengan realisasi itu, maka defisit anggaran telah tercatat sebesar Rp37,1 triliun atau 0,25 persen terhadap PDB, lebih rendah dari pencapaian periode 2017 sebesar Rp44,9 triliun atau 0,33 persen terhadap PDB. (Ant/SU02)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Tragedi Lion Air JT-610: Momentum Peningkatan Kesadaran Hukum Keselamatan Penerbangan

Hasil penelitian penyebab kecelakaan penerbangan yang dilakukan Komisi Nasional Kecelakaan Transportasi (KNKT) hanya merupakan masukan secara tertutup kepada Pemerintah sebagai bahan evaluasi untuk pencegahan antisipasi agar tidak terulang lagi penyebab kecelakaan yang sama.

Sikap PSI Tolak Perda Syariah Dapat Dikategorikan Anti Pancasila dan Konstitusi

Untuk masyarakat daerah yang mayoritas penduduknya menganut agama Islam, tentunya wajar bahkan wajib bagi mereka untuk memperjuangkan adanya Perda-Perda yang berdasarkan Syariat Islam di daerahnya. Jadi tidaklah tepat bila kita atau siapapun, partai politik manapun, kelompok manapun, bahkan pemerintah sekalipun ingin menghempang suatu Perda yang bernuansa Syariah.

Belajar, Bukan Bersekolah

Akhir pandemi belum juga jelas, satu hal sekarang makin jelas: Gedung-gedung megah persekolahan itu makin tidak relevan jika dipaksakan untuk kembali menampung kegiatan bersekolah lagi. Sekolah harus direposisi. Juga guru.

Bertema “Inovasi Beyond Pandemi”, AMSI Gelar Indonesian Digital Conference 2020

Ketua Umum AMSI, Wenseslaus Manggut mengatakan IDC yang digelar AMSI bertujuan untuk melihat sejauh mana berbagai sektor melakukan inovasi di tengah pandemi Covid-19 dan seperti apa ke depan.

Cek Fakta: Debat Pilkada Tangsel, Seluruh Paslon Minim Paparkan Data

Debat pemilihan umum kepala daerah (pilkada) Tangerang Selatan (Tangsel) membeberkan program kerja yang dimiliki para peserta. Sayangnya, dalam debat tersebut masing-masing pasangan calon (paslon) lebih banyak bicara dalam tatanan konsep.

PasarLukisan.com Gelar Pameran Lukisan Virtual Karya Pelukis dari Berbagai Daerah

"Ini adalah solusi yang diharapkan akan memecahkan kebekuan kegiatan kesenian, khususnya pameran seni rupa, akibat pandemi yang belum kunjung berakhir," kata M. Anis,

Paman Donald dan Eyang Joe

Banyak yang usil menyamakan pilpres Amerika dengan Indonesia, termasuk kemungkinan Biden akan mengajak Trump bertemu di MRT dan menawarinya menjadi menteri pertahanan.

Berikut Berbagai Larangan Bagi Penasihat Investasi Yang Diatur dalam Keputusan BPPM

Penasihat Investasi dalam menjalankan kegiatannya harus bersikap hati–hati, dikarenakan terdapat larangan yang harus diperhatikan oleh Penasihat Investasi agar terhindar dari sanksi.

TERPOPULER

Dokter Bedah Yang Ditahan Kejari Pekanbaru Ini, Gemar Ongkosi Pasien Kurang Mampu

Tak hanya memberi pengobatan gratis, ternyata selama ini drg Masrial juga banyak membantu pasien kurang mampu. Apa saja bentuk bantuan itu?

Muru’ah

Jin Tidak Takut dengan Bacaan Ayat Kursi

Akibat drg Masrial Ditahan Kejari, Operasi Gratis Bibir Sumbing 40 Pasien Ini Terancam Batal

Akibat penahanan drg. Masrial, pelaksanaan operasi gratis bibir sumbing di Bengkulu terancam batal.