Pembukaan Perdagangan Akhir Bulan, Rupiah Kembali Terpuruk di Rp14.700-an

0
49
  • 52
    Shares
rupiah
Rupiah melemah (ilustrasi)

JAKARTA, SERUJI.CO.ID – Pembukaan perdagangan antarbank di Jakarta, Jumat (31/8), nilai tukar rupiah kembali terpuruk. Rupiah yang dalam beberapa hari ini sempat menguat, kini kembali jatuh di Rp14.630 perdolar AS.

Dibandingkan dengan penutupakan perdagangan Kamis kemarin, nilai rupiah terkoreksi 12 poin dari sebelumnya Rp14.618 perdolar AS.

Anjloknya nilai tukar rupiah terus berlangsung hingga pukul 9.00 WIB. Pantauan SERUJI di situs perdagangan bloomberg, dolar sudah diperdagangkan di Rp14.710 perdolar AS.

Diperkirakan Rupiah akan terus melemah di perdagangan hari ini, seiring dengan kembalinya menguatnya USD, akibat data-data ekonomi baru yang dikeluarkan pemerintah AS.

Data yang dikeluarkan Departemen Perdagangan AS, pendapatan pribadi AS meningkat 54,8 miliar dolar AS atau 0,3 persen pada Juli, sejalan dengan konsensus pasar, Departemen Perdagangan AS melaporkan pada Kamis (30/8).

Pada Juli, disposable personal income AS atau penghasilan pribadi setelah dikurangi pajak langsung atau dikenal pula dengan penghasilan pribadi yang siap dibelanjakan, meningkat 52,5 miliar dolar AS atau 0,3 persen, dan belanja (pengeluaran) konsumsi pribadi meningkat 49,3 miliar dolar AS atau 0,4 persen.

Semua data tersebut, membuat investor tumbuh kepercayaan kembali pada USD dan memperkuat nilai tukar Dolar terhadap sejumlah mata uang negara lain. (ARif R)

Langganan berita lewat Telegram
loading...
Loading...
BACA JUGA

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

TERBARU