close

Nilai Tukar Dolar Perkasa Atas Mata Uang Utama Dunia

LONDON, SERUJI.CO.ID – Nilai tukar dolar terhadap sejumlah mata uang utama dunia terkonsolidasi mendekati tingkat tertinggi dalam satu pekan ini, pada perdagangan sepanjang Senin (3/9).

Ketegangan seputar perdagangan global dan aksi jual berkelanjutan di negara-negara berkembang memicu permintaan greenback.

Presiden AS Donald Trump mengatakan pada Sabtu (1/9) tidak perlu mempertahankan Kanada dalam Perjanjian Perdagangan Bebas Amerika Utara (NAFTA) dan memperingatkan Kongres tidak ikut campur dalam pembicaraan untuk merubah NAFTA atau dia akan mengakhiri perjanjian trilateral sama sekali.

“Ketegangan perdagangan secara luas mendukung dolar, tetapi pasar sangat tidak kondusif terhadap risiko,” kata Viraj Patel, seorang analis valas pada ING di London.


Status mata uang AS sebagai mata uang cadangan utama menjadikannya penerima manfaat terbesar dari kekhawatiran atas konflik perdagangan. Para pedagang telah membeli dolar terhadap pound Inggris dan dolar Kanada di antara mata uang lainnya.

Baca juga: Awas Rp15.000 per Dolar, Rupiah Terus Melemah Mendekati Nilai Saat Krisis 1998

Indeks dolar datar di 95,12 terhadap sekeranjang mata uang utama lainnya, mendekati level tertinggi sejak 27 Agustus. Dolar telah menguat hampir tujuh persen sejak pertengahan April ketika ketegangan perdagangan pertama kali muncul.

Dalam basis pemosisian, pasar-pasar menguat dalam kamp dolar yang lebih kuat, dengan posisi net outstanding bertahan di posisi sedikit di bawah tingkat tertinggi sejak Januari 2017, perhitungan oleh Reuters dan Data Komisi Perdagangan Berjangka Komoditi menunjukkan.

Para investor juga gelisah tentang pasar negara-negara berkembang, banyak yang melihat eksodus modal. Negara-negara seperti Argentina dan Turki sudah dalam krisis, dengan peso Argentina jatuh lebih dari empat persen terhadap dolar dan lira Turki jatuh dua persen.

Tekanan di tempat lain juga sedang meningkat, dengan rupiah Indonesia mencapai terendah 20 tahun dan rupee India berada di rekor terendah.

“Sepertinya kita akan melihat satu minggu lagi dolar menguat terhadap EM (mata uang negara-negara berkembang) … Ditambah laporan pekerjaan AS yang akan kuat pada Jumat (7/9) dan kami memperkirakan dolar/EM akan terdorong lebih jauh ke depan,” kata analis ING, mengacu pada data penggajian karena pada akhir pekan ini.

Euro tergelincir 0,11 persen terhadap dolar setelah data menunjukkan pertumbuhan manufaktur zona euro melambat menjadi

mendekati level terendah dua tahun pada Agustus, karena optimisme menurun akibat ketakutan meningkatnya perang dagang global.

Poundsterling mencatat penurunan menonjol hari ini akibat kekhawatiran baru tentang negosiasi Brexit dikombinasikan dengan data manufaktur Inggris yang lemah, mendorong mata uang Inggris turun 0,8 persen.

Michel Barnier, kepala negosiator Brexit Uni Eropa, mengatakan dia “sangat menentang” proposal pemerintah Inggris tentang hubungan perdagangan masa depan setelah meninggalkan Uni Eropa.

Pound jatuh 0,8 persen menjadi 1,2855 dolar dan melemah 0,8 persen terhadap euro menjadi 89,80 pence. (Reu/Ant/SU01)

BACA JUGA

Loading...

Kolom dr. Irsyal, Sp PD

Puasa: Detoksifikasi Dalam Kehidupan Bergelimang Racun

Penelitian juga menunjukkan bahwa pada saat puasa kadar DDT didapatkan meningkat dalam feses, urin dan keringat mereka yang sedang berpuasa. Ini lah salah satu manfaat utama puasa dalam bidang kesehatan, detoksifikasi, purifikasi.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Loading...

Media di Tengah Masyarakat Yang Terjangkit Post Truth

Bagi media, Post Truth itu sesungguhnya sangat menguntungkan. Karena di tengah masyarakat yang terjangkiti Post Truth mereka tidak sedang mencari kebenaran, tapi kesukaan.

Diskursus Jernih DAS Citarum

Melalui seminar ini, BPK ingin berperan memperbaiki sungai sepanjang 300 kilometer yang didapuk oleh Bank Dunia sebagai sungai terkotor di dunia tersebut.

Renungan Hari Tenang: Dari Indonesia Pusaka Hingga Tuhan Survei

Dan memang itulah tujuan tertinggi dari ritual pemilu. Kompetisi, adu gagasan, demonstrasi kepentingan, itu semua semacam gerak senam dan angkat beban dalam gymnasium.

BPN Tiba di MK, Petugas Tutup Jalan Abdul Moeis

JAKARTA, SERUJI.CO.ID - Aparat gabungan menutup Jalan Abdul Moeis,...

BPN Ajukan Gugatan Sengketa Pilpres 2019 di Mahkamah Konstitusi

JAKARTA, SERUJI.CO.ID - Badan Pemenangan Nasional (BPN) pasangan calon...

Polisi Diminta Mengusut Kasus Pembakaran Mapolsek Tambelangan Hingga Tuntas

SURABAYA, SERUJI.CO.ID - Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa...

Jokowi Nyatakan Terbuka Untuk Bertemu Dengan Prabowo

JAKARTA, SERUJI.CO.ID - Presiden Jokowi menyatakan dirinya selalu terbuka...

Polisi dan TNI Tutup Jalan Menuju Kantor Kementerian dan MK

JAKARTA, SERUJI.CO.ID - Polisi dan TNI masih menutup sejumlah...

Delapan Kompi Gabungan TNI dan Polri Disiagakan di MK

JAKARTA, SERUJI.CO.ID - Kepolisian menyiapkan delapan kompi pasukan untuk...

TERPOPULER

Viral: Video Prajurit TNI AD Cegah Polisi Keroyok Peserta Aksi 22 Mei

Diduga video tersebut terkait dengan peristiwa unjuk rasa 22 Mei yang berlangsung di Jakarta, namun tidak diketahui dimana lokasi video tersebut diambil.

BPN Undur ke MK, Pengamat: Dulu Mau Bawa 10 Truk Bukti, Satu Pun Tidak Muncul

"Dulu waktu menggugat hasil Pilpres 2014 juga dilakukan hari terakhir. Gembar-gembornya akan membawa 10 truk kontainer bukti kecurangan, ternyata satu truk pun tidak pernah muncul," kata Ari

Mars Ya Lal Wathon Berkumandang di Istiqhotsah Kubro NU

Indonesia Biladi, Anta ‘Unwanul Fakhoma, Kullu May Ya’tika Yauma, Thomihay Yalqo Himama

Jin Tidak Takut dengan Bacaan Ayat Kursi